oleh

Wisata Desa Aeng-Aeng Tong-Tong Sumenep Jawa Timur

-wisata-301 views

Indonesia memang kaya akan kebudayaannya. Salah satu kawasan yang bisa traveller di kunjungi untuk mengenal kebudayaan yang ada di Indonesia lebih dalam yaitu wilayah Pantai Sembilan dan pantai Kahuripan yang terletak di Gili Genting. Di sekitar wilayah ini terdapat suatu desa dengan nama Desa Aeng Tong Tong lebih tepatnya di Madura.

Terdapat pemandangan unik dimana hampir semua pekerjaan para lelaki di Desa ini adalah pembuat Keris. Sejak sekitar tahun 900 hingga 1500 masehi yang lalu, Madura memang menyimpan kekayaan budaya yang sangat menawarn dan menjadi cirikhas tersendiri bagi masyarakat Jawa khususnya Jawa Timur. Pulau Madura merupakan pulau dengan kekuasaan Hindu yang kental waktu itu dibawah kerajaan.

Bahkan Keberadaan Desa keris di Sumenep ini konon sebagai tempat belajar para raja-raja. Semua keturunan dari raja akan diajari banyak hal oleh Pangeran Bukabu (nenek moyang dari Desa Aeng Tong-Tong) seperti Keagamaan, Kerajaan hingga membuat Keris.

Untuk menuju ke Desa ini cukup mudah, traveller bisa melakukan perjalanan dari Surabaya menuju Madura. Setelah itu dilanjutkan ke kota Sumenep. Dari Sumenep inilah traveller bisa langsung menuju Desa Aeng Tong Tong kurang lebih setengah jam.

Bagi traveller tentunya wisata sejarah dan budaya sangat perlu di ketahui untuk menambah wawasan Nusantara. Desa Aeng Tong Tong ini lah yang satu satunya bisa bertahan sejak jaman kerajaan Sumenep. Desa Aeng Tong Tong inilah yang dipercaya sebagai daerah asal para mpu keris pada zaman kejayaan Kerajaan Sumenep.

Kata Aeng sendiri mempunyai arti tersendiri, yaitu Menjinjing Air. Masyarakat menggambarkan bahwa sulitnya mencari sumber air di desa ini yang terlihat kering kerontang.

Jangan heran jika berkunjung ke desa Aeng Tong Tong traveller akan mendengar bunyi keras denting logam yang di tempa disetiap sudut rumah-rumah desa tersebut. Traveller juga bisa memesan secara langsung keris di desa ini. Beberapa keris bisa mempunyai kekuatan atau menambah Kharisma, perlindungan, kepercayaan diri. Biasanya ada ritual ritual tertentu untuk mendapatkan keris tersebut.

Foto : Pesona Travel

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Lainnya