oleh

Wisata Desa Adat Panglipuran Bangli Bali

-wisata-303 views

Kawasan Bali memang terkenal akan keindahan alamnya. Selain penduduknya yang ramah dan sangat menjunjung tinggi kebudayaan dan agamaHindu, di Bali juga mempunyai salah satu desa yang memiliki keunikan dan keindahan yang akan membuat traveler takjub akan keberadaannya. Desa Penglipuran namanya. Desa ini merupakan desa adat yang juga sering dikunjungi oleh traveler baik lokal maupu manca Negara.

Desa Penglipuran ini Tujuan utamanya adalah untuk lebih mengerti kebudayaan Bali secara utuh, hal itu karena desa adat ini sangat kental sekali dengan budaya-budaya Bali. Dengan berkunjung kesini traveler bisa lebih mengetahui tentang Bali yang sebenarnya, budaya lokalnya yang sangat ramah dan penuh kearifan lokal.

Di Desa Penglipuran traveler bisa melakukan berbagai macam kegiatan seperti berfoto dengan background rumah adat yang unik. Traveler juga bisa mendengarkan cerita atau mewawancarai penduduk setempat dan menggali lebih dalam mengenai desa wisata yang masyarakatnya sangat menjunjung tinggi amanat dari para leluhurnya. Gaya arsitektur seperti ini sengaja dibuat  dengan tujuannya untuk lebih mendekatkan sesama warga sehingga kebersamaan mereka tetap terjaga.  Selain itu konsep rumah seperti ini selaras dengan suasanan alam.

Arsitek atau bangunan dari Desa Penglipuran sangat unik, rata-rata bangunan di desa ini sangat tradisional  dan memiliki bentuk sama, mulai dari atap serta tata letak ruangan. Penglipuran mempunyai arti tempat suci. Sehingga desa ini memang benar-benar dikramatkan dan sangat ramai ketika ada hari raya Galungan dan Kuningan

Ketika berkunjung disini  traveler akan disuguhi dengan suasana yang sejuk, bersih dan juga rapi. Meskipun bangunan dibuat dengan tradisional dan alami , akan tetapi penduduk setempat sangat menjaga kebersihan desa mereka.

Di sebalah utara desa Penglipuran terdapat pura dengan pelataran dan bangunan yang lebih tinggi dari rumah-rumah penduduknya. Yang biasanya digunakan untuk sembahyang dan untuk upacara adat. Desa yang hanya dihuni kurang lebih 226 warga ini memiliki luas 112 hektar yang mana 40% digunakan sebagai lahan untuk hutan bambu.

Perlu traveler ketahui, desa ini juga telah mendapat penghargaan kalpataru dari pemerintah. Yaitu penghargaan yang diberikan kepada desa tersebut dalam melestarikan lingkungan hidup. Oleh karena itu tidak salah memang jika desa Penglipuran adalah salah satu desa adat yang ada di Bali yang berlokasi di Kelurahan Kubu, Bangli ini sangat terkenal.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Lainnya