oleh

Wisata Dataran Tinggi Dieng Wonosobo Jawa Tengah

-wisata-304 views

Dieng adalah sebuah dataran tinggi di Jawa Tengah. Terletak di dua kabupaten yaitu kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara. Dieng merupakan kawasan vulkanik aktif dan dapat dikatakan gunung api raksasa yang mempunyai beberapa kawah. Ketinggian rata-rata adalah sekitar 2000 m diatas permukaan laut (dpl). Menurut penelitian, nama ‘Dieng’ berasal dari dua kata sangsekerta, yakni ‘Di’ yang artinya tempat atau gunung dan ‘ Hyang’ yang artinya dewa. Dengan demikian, Dieng bisa diartikan tempat atau gunung dimana  para dewa berkumpul.

Dataran tinggi Dieng mempunyai banyak candi kecil kuno yang indah. Kebanyakan candi di daerah ini merupakan candi yang bercorak Hindu dengan arsitektur yang unik. Candi-candi ini mempunyai nama yang di ambil dari tokoh-tokoh cerita epik Mahabarata seperti Gatotkaca, Arjuna, Bima dan Srikandi. Diyakini bahwa di candi-candi ini dahulu merupakan tempat tinggal para pendeta yang menyebarkan agama Hindu.

Selain candi yang bernilai sejarah, Dieng juga menawarkan pesona alam yang tidak kalah memukau. Didaerah ini juga banyak terdapat danau-danau vulkanik yang berisi air bercampur belerang, yang menciptakan warna khas pada airnya. Salah satu danau yang sering dikunjungi oleh para wisatawan adalah Telaga Warna. Panorama alamnya yang eksotis serta suasananya yang hening akan membuat siapa saja merasa nyaman disana.

Foto : News.detik

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Lainnya