oleh

Wisata Danau Tolire Ternate Maluku Utara

-wisata-302 views

Danau Tolire terletak di bawah kaki Gunung Gamalama, gunung berapi tertinggi di Maluku Utara. Tidak seperti Danau Sentani di Papua atau Danau Tiga Warna di Kelimutu, Danau Tolire tak begitu terkenal di nusantara.

Danau Tolire sebenarnya terdiri dari dua buah danau, yaitu Danau Tolire Besar dan Danau Tolire Kecil. Kedua danau ini terpisah jarak sekitar 200 meter. Danau Tolire Besar memiliki bentuk yang menyerupai Loyang raksasa dan berair tawar. Luasnya sekitar 5 hektar dan memiliki kedalaman kurang lebih 50 meter. Berbeda dengan Danau Tolire Besar, Danau Tolire Kecil berair payau dikarenakan letaknya berdekatan dengan pantai.

Di kedua danau ini sebenarnya kaya akan ikan air tawar. Tetapi meski kaya akan ikan, tak ada satu warga pun yang berani mencari ikan di danau ini. rumornya di danau ini terdapat kekuatan gaib yang berbahaya dan di dasar danau konon juga dihuni oleh puluhan buaya putih.

Untuk menuju ke kawasan wisata ini para wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi dan mobil sewaan. Jarak Danau Tolire dari pusat Kota Ternate hanya 10 kilometer dan bisa ditempuh selama kurang lebih 30 menit.

Foto : https://dherdian.wordpress.com/tag/danau-tolire/

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Lainnya