oleh

Wisata Danau Sentani Jayapura Papua Timur

-wisata-301 views

Danau Sentani adalah salah satu danau terbesar di Papua. Danau Sentani berada di bawah lereng pegunungan Cagar Alam Cycloops yang memiliki luas sekitar 245.000 hektar. Luas danau ini sekitar 9.360 hektar dan berada di ketinggian 75 meter diatas permukaan laut. Kawasan wisata ini kaya akan keanekaragaman biota laut dan hewan-hewan endemik khas Papua.

Di danau ini terdapat kurang lebih 30 spesies ikan air tawar dan beberapa diantaranya merupakan endemik danau Sentani yaitu ikan Pelangi Sentani ( Chilatherina Sentaniensis ), ikan gabus danau Sentani ( Oxyeleotris Heterodon ), ikan Pelangi Merah ( Glossolepis Incisus ), dan yang paling mengagumkan adalah ikan Hiu gergaji ( Pritis Microdon ).

Danau Sentani terletak di Kecamatan Sentani, 20 kilometer di sebelah barat kota Jayapura, dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Di danau ini kaya akan biota lautnya, oleh karena itu, danau Sentani dijadikan objek wisata  untuk menyelam, memancing, berenang dan juga ski air. di tepi danau ini juga banyak tempat untuk menyewakan perahu-perahu kecil yang digunakan untuk mengelilingi pulau-pulau kecil yang ada di danau ini. Salah satu pulau yang terkenal adalah pulau Ayapo. Di pulau ini banyak terdapat pengrajin-pengrajin yang melukis baju-baju dari kulit kayu dengan motif yang khas.

 

Foto : https://arionsudibyo03.blogspot.com/2018/11/danau-sentani.html

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Lainnya