oleh

Wisata Danau Paniani Paniai Papua Timur

-wisata-302 views

Danau Paniai merupakan salah satu danau terbaik didunia. Hal ini diakui oleh utusan dari 157 negara ketika berlangsungnya Konferensi Danau Se-Dunia yang dihelat di India pada tanggal 30 November 2007. Danau Paniai memiliki luas 14.500 Ha, dan berada pada ketinggian 7.500 meter diatas permukaan laut (mdpl ).

Lokasi danau Paniai berada di kabupaten Paniai yang berada pada posisi pegunungan tengah di pedalaman Provinsi Papua, selain itu kabupaten Paniai mempunyai potensi alam berupa hasil hutan, tmbang emas dan wisata alam. Lokasi wisata alam ini menyebar di beberapa kecamatan yaitu, danau Paniai dan danau Tage di kecamatan Paniai Timur dan Danau Tigi berada di kecamatan Tigi. Dengan adanya ketiga danau eksotis itu menjadi kebanggaan bagi seluruh masyarakat Enarotali dan Waghete kabupaten Paniai.

Pada awalnya, Danau Paniai beserta Danau Tigi dan Danau Tage bernama Wissel Meeren. Sebab orang yang pertama kali menemukan ketiga danau ini adalah Wissel Meeren pada tahun 1938. Pada waktu itu Wissel terbang melintasi pegunungan Pulau Irian dan melihat ketiga danau tersebut. Karena terpesona akan keindahannya, beliau memutuskan untuk mendarat dan menikmati eksotisnya pemandangan di ketiga danau tersebut.

Danau Paniai memiliki panorama alam yang indah, alami, dan terawat dengan baik. Banyak terdapat bebatuan dan pasir di tepian danau dan juga banyak tebing-tebing tinggi yang mengelilingi danau-danau tersebut. Udaranya yang sejuk, alamnya yang masih terawat menjadikan danau ini menjadi salah satu tujuan favorit untuk dikunjungi. 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Lainnya