Menu

Mode Gelap
 

wisata · 26 Jan 2021 15:05 WIB ·

Wisata Danau Kumbang Kerinci Jambi


					Wisata Danau Kumbang Kerinci Jambi Perbesar

Wisata Danau Kumbang Kerinci Jambi

Jambi memang terkenal akan Gunung Kerincinya. Namun dibalik Kerinci terdapat Gunung Masurai yang terletak di kabupaten Merangin dimana di gunung tersebut  terdapat sebuah danau yang sangat cantik bernama Danau Kumbang yang terletak di Gunung Masurai dengan ketinggian sekitar 2500 mdpl. Perlu traveller ketahui bahwa Danau Kumbang adalah danau tertinggi kedua di Indonesia setelah Danau Habema di Papua.

Danau Kumbang sendiri secara administratif berada di kawasan Gunung Masurai yang terletak di tiga kecamatan, yaitu Lembah Masurai, Sungai Tenang dan Jangkat. Bagi traveller yang ingin melihat pesona danau Kumbang bisa mendaki gunung Masurai di titik pendakian Desa Sungai Lalang.

Berpetualangan menuju Desa Sungai Lalang, traveller harus menempuh perjalanan kurang lebih 3 jam dari Jambi. Setelah tiba di pintu pendakian  Danau Kumbang, perjalanan melewati ladang, perkebunan kopi dengan jalan setapak dan penuh semak akan traveller lewati sembari mendengar suara alam yang merdu.

Perjalanan menuju Danau Kumbang adalah perjalanan pendakian gunung sesungguhnya. Disini traveller di tantang untuk berpetualang melalui jarlur ekstrim dan menanjak di tengah hutan. Waktu tempuh perjalanan hingga danau kumbang kurang lebih 5 jam.

Meskipun melewati jalan ekstrim dan mendaki, setelah berada di puncak gunung, beberapa fasilitas di Danau Kumbang memang sangat minim. Namun di sini terdapat banyak sumber mata air yang bisa digunakan selama camping disana. di Desa Sungai Lalang sendiri juga terdapat fasilitas yang cukup lengkap seperti penitipan kendaraan, jasa guide, mushola dan lain sebagainya. Beberapa jajanan kuliner serta makanan juga disediakan. Fasilitas homestay di Desa Sungai Lalang waktu penanjakan juga ada.

Di Gunung Masurai dan Danau Kumbang traveller bisa menikmati sajian panorama yang alami dan terjaga. Belum banyaknya pengunjung dan pendaki di gunung ini membuat puncak gunung dan danau masih terlihat alami dan sejuk. Deretan perbukitan bisa terlihat jelas dari puncak Gunung dan Danau. Traveller juga bisa menikmati segarnya air danau yang sejuk untuk mandi selama camping di tepi danau. Disinilah spot foto terbaik bagi para traveller pendaki untuk mengabadikan momen terbaik di Danau Kumbang.

Foto Oleh : Phinemo

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Wisata Masjid Menara Kudus Kudus Jawa Tengah

13 November 2021 - 01:16 WIB

Wisata Masjid Menara Kudus Kudus Jawa Tengah

Wisata Telaga Ngebel Ponorogo Jawa Timur

12 November 2021 - 00:35 WIB

Wisata Telaga Ngebel Ponorogo Jawa Timur

Wisata Air Panas Guci Tegal Jawa Tengah

10 November 2021 - 08:19 WIB

Wisata Air Panas Guci Tegal Jawa Tengah

Wisata Pantai Melawai Balikpapan Kalimantan Timur

9 November 2021 - 07:22 WIB

Wisata Pantai Melawai Balikpapan Kalimantan Timur

Wisata Air Terjun Batu Mahsur Gunung Mas Kalimantan Tengah

7 November 2021 - 15:24 WIB

Wisata Air Terjun Batu Mahsur Gunung Mas Kalimantan Tengah

Wisata Pulau Enggano Bengkulu Utara Bengkulu

6 November 2021 - 14:29 WIB

Wisata Pulau Enggano Bengkulu Utara Bengkulu
Trending di wisata