oleh

Wisata Danau Kaolin Belitung Kepulauan Bangka Belitung

-wisata-305 views

Kabupaten Bangka, selain dikenal dengan Bangka Belitung juga dikenal dengan danaunya yang begitu indah berwarna biru dan hijau tosca yang sangat memuakau kepada siapapun traveller yang berkunjung ke danau tersebut. Danau Kaolin atau lebih dikenal sebagai Camoi Aek Biru terletak di Desa Air Bara, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan. Danau ini terletak kurang lebih 50 Kilometer dari Pangkal Pinang.

Setelah sampai di Danau Kaolin, tentunya traveller akan merasa takjum. Birunya yang berkilauan membuat air danau ini seperti air laut. Danau Kaolin sendiri ada dua tempat, yang satu berwarna biru dan seberangnya lagi berwarna hijau tosca. Jika traveller pernah ke Kelimutu dengan danaunya yang mempunyai warna berbeda tentunya tidak usah jauh-jauh kesana. Karena Danau Kaolin seperti replica atau versi mininya Kelimutu.

Jika dilihat dari terjadinya danau ini, Wilayah di Danau Kaolin sebenarnya memang tidak ada. Dulunya adalah bekas galian tambang yang semakin lama membesar dan akhirnya tidak digunakan lagi. Air hujanlah yang membasahi cekungan danau tersebut dan akhirnya menjadi sebuah danau yang saat ini digunakan sebagai tempat wisata karena keindahan airnya.

Keindahan danau kaolin memang begitu mempesona, sepanjang mata memandang terdapat timbunan-timbunan galian seperti bukit di sekitar danau. Sekilas seperti kawah. Jika air tidak sedang pasang atau musim kemarau. Ditengah danau tampak sebuah daratan yang seakan akan menghubungkan antara dua ujung danau tersebut.

Keadaan air danau kaolin juga termasuk aman, karena ini bukan berupa kawah. Banyak masyarakat sekitar terutama anak-anak menggunakan air danau Kaolin untuk bermain dan mandi. Danau Kaolin memang tidak menyajikan air danau saja, akan tetapi pemandangan yang begitu indah dan sangat cocok untuk obyek fotografi professional.

Tempatnya yang indah dan sepi membuat pasangan muda juga sering melakukan prewed dilokasi ini. Sangat di rekomendasikan para traveller mengunjungi danau kaolin ketika pagi hari atau senja. Selain tidak panas, suasana langit pun tampak indah. Namun jangan heran jika mengunjungi kaolin di siang hari. Cuaca panas akan menyengat, karena disekitar lokasi danau tidak ada pepohonan.

Foto Oleh : Katalog Wisata

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Lainnya