Menu

Mode Gelap
 

wisata · 26 Jul 2021 10:55 WIB ·

Wisata Candi Cetho Surakarta Jawa Tengah


					Wisata Candi Cetho Surakarta Jawa Tengah Perbesar

Wisata Candi Cetho Surakarta Jawa Tengah

Traveler, jika sedang berkunjung ke Kabupaten Karanganyar, mampirlah ke sebuah Candi peninggalan dari agama hindu yang pernah ditemukan oleh dinas purbakala Hindia Belanda waktu itu. Candi cetho sendiri merupakan salah satu potensi destinasi Wisata yang cukup di unggulkan oleh pemerintah Kabupaten Karanganyar.

Jika traveler berkunjung ke Kebun Teh Kemuning, tidak ada salahnya jika mampir ke Candi Cetho, terletak di ketinggian 1400 mdpl lereng gunung Lawu, Candi Cetho tepatnya terletak di dusun Ce tho, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganya. Sewaktu traveler berkunjung kesini, akan terasa aura kejawen, spiritual hindu yang begitu penuh misteri.

Bau sesajen yang berada disetiap sudut candi bisa di rasakan begitu menyengat ketika traveler berkunjung di Candi Cetho. Bahkan jika di pagi, siang atau sore terkadang kabut menyelimuti kawasan Candi Cetho ini. Untuk menuju ke Candi Cetho memang diperlukan nyali dan fisik yang kuat, terutama kendaraan bermotor baik motor maupun mobil. Meskipun jalan sudah di aspal, namun tidak terlalu lebar dan terdapat tebing curam serta jalan berkelok-kelok. Jika dilalui dengan kendaraan roda empat, jadi traveler harus hati-hati ketika melakukan perjalanan kesini.

Namun setelah sampai di kawasan Candi, semua akan terbayar ketika bisa menikmati komplek candi yang begitu luas dan berada di atas perbukitan di lereng gunung lawu. Udara pegunungan dan indahnya pemandangan alam, seolah-olah membius para traveler akan perjalanan yang sebelumnya dilakukan.

Saat tiba di komplek Candi Cetho, traveler akan di sambut dengan gapura khas Bali yang tinggi, dan tempat ini identik dengan tempat pemujaan yang menganut kepercayaan Hindu Jawa (Kejawen). Terkadang komplek Candi Cetho juga digunakan oleh penduduk setempat yang memeluk agama hindu untuk berdoa.

Jika traveler sedang beruntung, pada saat cuaca cerah, traveler bisa melihat pemandangan berupa gunung yang ada disekitarnya. Mulai dari Gunung Lawu, Merapi, Merbabu, deretan gunung kidul, bahkan gunung kembar seperti Sindoro dan Sumping juga kelihatan dari jauh. Bahkan beberapa traveler juga bisa melihat matahari tenggelam dari Candi Cetho yang begitu indahnya.

Foto : dedysp125.wordpress

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Wisata Masjid Menara Kudus Kudus Jawa Tengah

13 November 2021 - 01:16 WIB

Wisata Masjid Menara Kudus Kudus Jawa Tengah

Wisata Telaga Ngebel Ponorogo Jawa Timur

12 November 2021 - 00:35 WIB

Wisata Telaga Ngebel Ponorogo Jawa Timur

Wisata Air Panas Guci Tegal Jawa Tengah

10 November 2021 - 08:19 WIB

Wisata Air Panas Guci Tegal Jawa Tengah

Wisata Pantai Melawai Balikpapan Kalimantan Timur

9 November 2021 - 07:22 WIB

Wisata Pantai Melawai Balikpapan Kalimantan Timur

Wisata Air Terjun Batu Mahsur Gunung Mas Kalimantan Tengah

7 November 2021 - 15:24 WIB

Wisata Air Terjun Batu Mahsur Gunung Mas Kalimantan Tengah

Wisata Pulau Enggano Bengkulu Utara Bengkulu

6 November 2021 - 14:29 WIB

Wisata Pulau Enggano Bengkulu Utara Bengkulu
Trending di wisata