oleh

Wisata Bukit Arosbaya Bangkalan Jawa Timur

-wisata-303 views

Selain dikenal dengan bukit Jiddih yang merupakan bekas penambangan dengan eksotisme pemandangannya. Madura juga mempunyai bukit kapur yang saat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang tak kalah indah, yaitu Bukit Arosbaya. Bukit Arosbaya juga mulai menjadi trend di sosial media setelah beberapa traveler yang hobby jalan-jalan mengunggahnya di sosial media.

Tidak jauh beda dengan Bukit Jaddih, Arosbaya merupakan bekas penambangan batu kapur yang sudah lama ada, beberapa hasil tambang batu kapur tersebut dijadikan sebagai bahan bangunan. Karena begitu lamanya untuk tempat pertambangan, sisa pahatan warga yang menjadikan Arosbaya menjadi sebuah relief yang begitu cantik nan indah.

Arosbaya yang merupakan bukit tambang batu kapur ini tampak eksotis ketika di pagi atau sore, sinar matahari yang memantul di setiap relief dan bukitnya tampak berwarna emas kecoklatan. Bukit ini juga banyak ditumbuhi dan di kelilingi oleh tumbuhan paku. Sehingga Bukit Arosbaya lebih terasa sejuk dibanding dengan penambangan batu kapur yang terdapat di Bukit Jaddih.

Bukit yang terletak di Desa Berbeluk, Kecamatan Arosbaya berdekatan dengan makam raja-raja Madura kala itu, tepatnya di daerah Pesarean Aermata yang mempunyai arti Air Mata Ibu. Sehingga lokasi ini cukup dikeramatkan. Untuk menuju ke sini, Traveler bisa melakukan perjalanan menuju gerbang sebelah kanan dari Pesarean Aermata tersebut serta melalui rumah penduduk. Warga sekitar menyebut daerah tambang Arosbaya tersebut dengan istilah Bedel.

Ketika sampai di Arosbaya traveler akan disuguhi berbagai macam tekstur tiga dimensi, waktu yang tepat untuk mengunjungi Arosbaya ketika matahari bersinar terang. Dinding relief akan tampak sangat bagus. Disini traveler akan merasakan seolaholah bedara di tengah relief-relief seperti di mesir kuno.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Lainnya