oleh

Wisata Benteng Vastenburh Surakarta Jawa Tengah

-wisata-303 views

Jika berkunjung ke kota Solo, khususnya di kawasan Gladak traveller akan melihat sebuah benteng dengan bangunan arsitektur belanda yang sudah lama di bangun sejak tahun 1745. Benteng ini berfungsi sama seperti yang berada di Jogja kawasan Malioboro, yaitu untuk mengawasi penguasa Surakarta yang berada di tengan keraton Surakarta.

Berbeda dengan Vedenburg yang berada di Jogja yang cukup terawat. Vastenburg yang berada di Solo merupakan bengkel yang tampak terbengkalai dan tidak terawat. Bahkan Vastenberg sendiri sempat di perdebatkan masalah lahan kepemilikannya. Meskipun seperti itu Vastenburg tetap menjadi kebanggaan warga kota Solo, dan Pemerintah tetap memperhatikan untuk perawatannya.

Untuk menuju Benteng Vastenberg, cukup mudah. Benteng Vastenberg terletak di jantung pusat kota solo, tepatnya di Jl Jendras Sudirman atau tepat di depan Bank Indonesia. Meskipun benteng ini awalnya tampak rapuh dan lusuh, ketika berkunjung ke Benteng ini traveller akan melihat beberapa bagian benteng yang sudah mulai di renovasi.

Traveller akan melihat di sekeliling tembok benteng terdapat parit yang berfungsi sebagai perlindungan serta jembatan pintu di depan dan belakang Vastenberg. Beberapa aktifitas bisa traveller lakukan ketika berada di halam Benteng Vastenberg, bersantai sambil menikmati suasana kota Solo.

Traveller juga bisa melihat 4 buah sumur yang airnya sampai saat ini masih utuh, beberapa pohon beringin juga tumbuh di depan maupun belakang benteng. Secara tidak langsung dulunya benteng ini termasuk pemilihan lokasinya sangat tepat karena secara hidrologi airnya bagus.

Traveller juga bisa melihat tembok benteng yang begitu tinggi, kurang lebih 4 hingga 6 meter yang menjadi dinding utama benteng ini. Kegagahan Benteng Vastenberg membuat benteng ini sebagai kebanggaan warga kota Solo. Bahkan halaman baik luar maupun dalam benteng ini sering dijadikan sebagai tempat event-event kota Solo seperti konser music hingga acara-acara kebudayaan lainnya seperti Solo Batik Carnival dan sebagainya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Lainnya