Menu

Mode Gelap
 

wisata · 14 Mei 2021 08:26 WIB ·

Wisata Benteng Marlborough Bengkulu Bengkulu


					Wisata Benteng Marlborough Bengkulu Bengkulu Perbesar

Wisata Benteng Marlborough Bengkulu Bengkulu

Benteng Marlboriugh merupakan salah satu benteng yang keberadaannya berada di propinsi Bengkulu. Benteng ini merupakan benteng peninggalan inggris yang terletak begitu strategis yaitu dianatara bukit kecil di pinggi pantai Tapak Paderi. Pada masanya, pembangunan benteng ini dilakukan secara bertahap dan dikerjakan oleh arsitek yang didatangkan dari India, mengingat India adalah bekas jajahan Inggris.

Kini Benteng ini menjadi bagunan bersejarah yang menjadi salah satu tujuan traveler untuk berwisata. Fort Malborough sendiri merupakan benteng yang dibuat sebagai salah satu kenangan komandan militer Inggris bernama John Churchill yang pernah didirikan tahun 1714.

Disinilah traveler bisa mengunjungi benteng yang mempunyai luas hingga 44.100 meter persegi dengan dimensi panjang 240,5 meter dan lebar 170, 5 meter. Traveler bisa melihat sisa-sisa benteng ini sekarang yang sudah tidak utuh lagi akibat serangan Pangeran Jenggalu asal Bengkulu. Marlborough juga sempat diserang oleh Perancis.

Bagi traveler pecinta bangunan kuno atau sejarah, Benteng Marlborough  memiliki daya tarik tersendiri. arsitekturnya yang unik, desain dari bangunan benteng ini juga masih tampak asli dan tanpa adanya renovasi yang merubah semuanya. Bangunan yang kokoh berada di tepi pantai menjadiakan  perpaduan antara budaya dan alam.

Perlu traveler ketahui, benteng Marlborough merupakan benteng terbesar di Asia peninggalan Inggris yang berada di Indonesia. Dari masa ke masa Benteng ini selain berfungsi sebagai pertahanan kini menjadi tempat wisata dan perdagangan. Kawasan Benteng Marlborough juga bisa dijadikan sebagai tempat untk melakukan penelitian tentang sejarah.

Traveler  bisa melihat susunan arsitektur dari Marlborough yang begitu unik seperti Bastion misalnya, bangunan ini merupakan bangunan yang terletak di setiap gedung benteng yang digunakan untuk menyerang musuh.

Ditepian Benteng Marlborough juga terdapat parit yang mengelilingi benteng tersebut yang diatasnya terdapat Revaline, merupakan bangunan yang dihubungkan dengan benteng melalui jembatan. Jangan heran juga jika di sebalah utara dan timur benteng tersebut traveler juga akan menemui meriam yang dulunya digunakan Inggris ketika berperang.

Didalam Benteng Marlborough traveler juga akan menemui bekas gudang persenjataan dan ruang tahanan yang begitu menyeramkan yang dulunya berfungsi sebagai tempat menampung para tahanan pada masa penjajahan. Selain  itu traveler bisa menemui terowongan dengan lebar 2 meter yang konon bisa tembus hingga memiliki beberapa cabang yang berujung di pantai Paderi, Pantai Zakat dan Istana Gubernur. Namun kini terowongan tersebut tertutup tanah dan yang tersisa saat ini hanya sepanjang 6 meter saja.

Foto : IDN Times

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Wisata Masjid Menara Kudus Kudus Jawa Tengah

13 November 2021 - 01:16 WIB

Wisata Masjid Menara Kudus Kudus Jawa Tengah

Wisata Telaga Ngebel Ponorogo Jawa Timur

12 November 2021 - 00:35 WIB

Wisata Telaga Ngebel Ponorogo Jawa Timur

Wisata Air Panas Guci Tegal Jawa Tengah

10 November 2021 - 08:19 WIB

Wisata Air Panas Guci Tegal Jawa Tengah

Wisata Pantai Melawai Balikpapan Kalimantan Timur

9 November 2021 - 07:22 WIB

Wisata Pantai Melawai Balikpapan Kalimantan Timur

Wisata Air Terjun Batu Mahsur Gunung Mas Kalimantan Tengah

7 November 2021 - 15:24 WIB

Wisata Air Terjun Batu Mahsur Gunung Mas Kalimantan Tengah

Wisata Pulau Enggano Bengkulu Utara Bengkulu

6 November 2021 - 14:29 WIB

Wisata Pulau Enggano Bengkulu Utara Bengkulu
Trending di wisata