oleh

Wisata Air Terjun Coban Rondo Malang Jawa Timur

-wisata-309 views

Air Terjun Coban Rondo merupakan salah satu objek wisata di Kota Malang. Air terjun ini terletak di Desa Pandansari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kawasan wisata Air Terjun Coban Rondo ini sangat mudah ditempuh karena jalan menuju ke lokasi sudah beraspal tetapi jalannya agak berkelok-kelok dan mendaki.

Air Terjun Coban Rondo yang memiliki tinggi mencapai 84 meter ini berada pada ketinggian 1.135 meter di atas permukaan laut. Air di Air Terjun Coban Rondo ini berasal dari mata air Cemoro Dudo yang dapat menyalurkan air sebanyak 150 liter/detik di saat musim hujan tiba, namun di saat kemarau mata air ini hanya dapat menyalurkan air sebanyak 90 liter/detik.

Nama air terjun yang diresmikan sebagai objek wisata pada tahun 1980 itu berasal dari sebuah legenda setempat, yaitu kisah Dewi Anjarwati yang ditinggal mati oleh suaminya, Raden Baron Kusuma. Raden Baron Kusuma terbunuh oleh Joko Lelono yang ingin merebut Dewi Anjarwati. Air terjun inilah yang menjadi tempat persembunyian Dewi Anjarwati disaat dia ditinggal mati suaminya. Dan pada akhirnya Dewi Anjarwati menjadi janda ( rondo ) sehingga air terjun ini terkenal dengan nama Air Terjun Corban Rondo yang berarti air terjun janda.

Air terjun yang terletak di kaki Gunung Panderman ini menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan. Para wisatawan dapat menikmati pemandangan di sekitar kawasan air terjun ini dengan melakukan berbagai kegiatan, seperti berjalan-jalan sambil melihat keindahan air terjun, duduk di bebatuan sambil bermain air dan masih banyak yang lainnya. Di kawasan air terjun ini juga sering dipakai untuk perkemahan baik dari sekolah maupun oleh para pecinta alam.

Objek wisata ini terletak sekitar 30 kilometer di arah barat laut pusat Kota Malang dan dapat ditempuh dengan menggunakan mobil selama kurang lebih 30 menit. Sedangkan jika dari Kota Batu jaraknya sekitar 12 kilometer dan dapat ditempuh selama kurang lebih 15 menit.

Foto : atalewobunga

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Lainnya