oleh

Rekomendasi Ukiran Furniture Jepara yang Menawan

-info-217 views

Rekomendasi Ukiran Furniture Jepara yang Menawan – Furniture dari Jepara sangat di kenal akan kualitasnya, baik itu dari segi bahan dasar maupu ukiran kayunya. Jika rumah kamu memiliki gaya klasik maka furniture atau perabot dari Jepara sangat cocok di gunakan. Karena memiliki ukiran yang menawan dan bisa membuat dekorasi rumah kamu jadi lebih indah.

Para pengrajin kayu dari Jepara memiliki banyak sekali desain dan model ukiran yang bisa di pilih. Selain itu para pengrajin juga selalu melakukan inovasi baru untuk membuat ukiran baru agar tidak ketinggalan zaman. Bagi kamu yang berniat ingin membeli furniture baru untuk dekorasi rumah. Maka di artikel kali ini kita akan membahas rekomendasi ukiran furniture Jepara yang bagus.

Rekomendasi Ukiran Furniture Jepara yang Menawan

Meskipun para pengrajin memiliki banyak model ukiran, namun tetap saja ada model yang menjadi favorit dan banyak di pilih orang karena dsainnya yang menawan. Nah, di bawah ini sudah ada beberapa ukiran furniture Jepara yang tidak hanya berkualitas tapi juga menawan.

1.Motif Ukir Naga

Motif ukiran Jepara yang pertama adalah ukiran naga. Naga sendiri di kenal sebagai hewan mitologi dan di percaya sebagai simbol penguasa dan di kenal oleh seluruh orang di dunia. Motif ukiran ini sendiri bisa di temukan pada pintu bledek di masjid Demak. Selain itu ukiran ini juga sering di aplikasikan pada gabyok, relief serta lukisan dari suku dayak. Motif naga pada gabyok ini juga sangat di gemari oleh para pecinya seni ukir.

2.Motif Ukir Makara

Ukiran dari Jepara di kenal memiliki banyak sekali motif. Salah satu motif ukiran Jepara yang umum di jumpai adalah motif ukiran makara. Ukiran yang satu ini merupakan perpaduan antara dua budaya yakni Islan dam Hindu Jawa. Makara sendiri merupakan makhluk mitologi dari Hindu yang sering muncul pada dongeng sehingga bisa di temukan pada relief candi yang ada di Indonesia. Bentuknya sendiri merupakan kombinasi antara hewan naga dan gajah atau hewan lainnya.

Baca Juga  Variasi Warna Rambut Untuk Kulit Gelap

3,Motif Ukir Gunungan

Motif seperti gunungan, dauh hingga berbagai tanaman yang umum di jumpai pada daerah pegunungan atau dataran tinggi adalah motif ukiran Jepara yang banyak di pilih orang. Contohnya saja seperti motif dauh lancip panjang yang meruncing ke atas sangat mirip dengan daun pandan dan ada juga motif pohon kamboja yang sering tumbuh di daerah perkebunan. Motif ukiran pegunungan ini bisa kamu temukan pada masjid Mantingan.

4.Motif Ukir Burung

Motif lainnya yang juga sering di jumpai pada ukiran furniture Jepara adalah motif burung. Motif ini sendiri di temukan pada daun meja tempai jahitan Ibu Kartini. Motif burung ini juga pernah di temukan pada salah stu karya seni bingkai ukiran yang di kirim oleh Ibu Kartini pada Pameran Nasional Karya Wanita (Nationale Tentoonstelling voor Vrownarbeid) pada tahun 1898. Langkah ini juga yang memulai di kenalnya ukiran dari Jepara ke seluruh dunia.

Nah, itu tadi adalah beberapa rekomendasi ukiran furniture Jepara yang menawan. Kita sebagai orang Indonesia harusnya patut berbangga karena karya seni ukiran kita sudah di akui yang terbaik di dunia. Apalagi beberapa tahun belakangan ini industri furniture semakin berkembang pesat saja dan membuat para pengrajin semakin bersemangat untuk membuat motif ukiran yang baru lagi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed