oleh

Jangan Bingung, Inilah 5 Tips Memilih Asuransi Kesehatan

Tips Memilih Asuransi Kesehatan – Di masa pandemi Corona ini kesehatan menjadi hal yang sangat penting. Tak heran jika saat ini banyak orang yang mulai sadar betapa pentingnya memiliki asuransi kesehatan untuk diri sendiri dan keluarga. Sayangnya masih banyak orang yang kebingungan dalam memilih layanan asuransi kesihatan. Memang dalam memilih asuransi kesehatan ada banyak hal yang harus dipertimbangkan.

Selain soal biaya, kita pun perlu mempertimbangkan layanan kesehatan apa yang akan dijamin. Meski saat ini sudah ada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, namun untuk lebih aman lagi kita pun perlu menggunakan layanan asuransi pendamping BPJS Kesehatan. Hal ini dimaksudkan karena tidak semua jenis penyakit bisa ditangani oleh BPJS kesehatan, maka kita masih memiliki asuransi kesehatan untuk mengcovernya.

Memilih sebuah asuransi kesehatan haruslah sesuai kebutuhan dan budget yang dimiliki. Jika saat ini kamu sedang kebingungan dalam memilih layanan asuransi kesehatan. Maka pada artikel kali ini kami akan coba membantu dengan memberikan tips memilih asuransi kesehatan yang terpercaya.

Tips Memilih Asuransi Kesehatan

Di Indonesia sendiri kita bisa menemukan banyak sekali layanan asuransi kesehatan. Tentu saja untuk orang awam yang baru saja berniat untuk membeli asuransi kesehatan pastilah dibuat bingung. Namun, agar tak salah pilih kamu bisa mengikuti panduan bagaimana cara memilih asuransi kesehatan berikut ini.

Memahami Kebutuhan dan Aturan Rawat Inap

Hal pertama sekaligus yang paling penting adalah memahami kebutuhan. Kamu harus bisa memahami kebutuhan kesehatan diri sendiri dan keluarga sebelum membeli asuransi. Misalnya saja apakah kamu perlu memiliki asuransi untuk penyakit kritis dan lain sebagainya. Selain itu hal lain yang perlu dipahami adalah jika setiap layanan asuransi kesehatan memiliki aturan atau syarat yang berbeda-beda untuk rawat inap.

Selain itu kamu juga perlu memahami apa saja manfaat yang akan kamu dapatkan jika membeli asuransi tersebut. Misalnya saja seberapa lama waktu rawat inap yang dapat di klaim dan apakah setelah satu hari di rawat inap bisa langsung di klaim. Semua itu perlu kamu pahami secara seksama agar tidak salah pilih.

Memilih Asuransi untuk Keluarga

Jika kamu telah memiliki keluarga dan anak, ada baiknya kamu juga membeli asuransi untuk semua anggota keluarga, Dengan membeli asuransi dalam satu polis yang sama maka akan menghemat biaya premi bulanan kamu. Selain itu cara ini juga lebih praktis ketimbang kamu membeli asuransi di tempat yang berbeda untuk masing-masing anggota keluarga.

Selalu Teliti dan Pelajari Sebelum Membeli

Sebelum kamu memutuskan untuk membeli asuransi, hal lain yang tak boleh kamu lewatkan adalah teliti dalam memahami manfaat kesehatan serta mempelajari polis asuransi kesehatan yang hendak kamu beli. Karena bisa saja asuransi kesehatan yang kamu pilih menawarkan kemudahan namun manfaat kesehatan yang kamu dapatkan ternyata sangat sedikit.

Selain itu kamu pun harus memahami jika tidak semua rumah sakit menerima jenis asuransi kesehatan yang kamu pilih. Untuk itulah semakin banyak rumah sakit yang menerima asuransi kesehatan yang kamu pilih maka akan semakin bagus dan menguntungkan untuk kamu tentunya.

Memilih Asuransi Klaim Ganda

Jika kamu berniat untuk menggunakan dua asuransi kesehatan secara bersamaan, maka ada baiknya kamu memilih asuransi yang menerima klaim ganda. Di mana nantinya kamu tetap bisa melakukan klaim meskipun hanya menggunakan kwitansi yang telah dilegalisir. Sementara itu kwitansi yang asli dapat kamu berikan ke asuransi lain yang kamu beli.

Membeli Asuransi Ketika Masih Sehat

Sedia payung sebelum hujan adalah sebuah pepatah yang wajib kamu terapkan ketika hendak membeli asuransi kesehatan. Seperti yang kita tahu jika tujuan dari membeli asuransi adalah agar bisa mendapatkan jaminan kesehatan dari risiko penyakit. Karena kita tidak tahu kapan kita bisa terkena penyakit untuk itulah asuransi kesehatan sangat dibutuhkan.

Jika kamu baru mengajukan asuransi ketika kamu sudah terkena penyakit atau ada riwayat pernah melakukan rawat inap maka setiap layanan asuransi memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Bahkan ada pula yang menolak pengajuan kamu. Untuk itulah mengajukan asuransi kesehatan sebaiknya dilakukan ketika kamu masih dalam kondisi sehat.

Demikianlah pembahasan tentang bagaimana tips memilih asuransi kesehatan untuk kamu dan keluarga. Dengan memiliki asuransi kesehatan, kesehatan dan jiwa kamu bisa lebih terjamin. Untuk itulah memilih layanan asuransi yang tepat adalah sebuah keharusan agar manfaat yang kita dapatkan bisa kita rasakan dengan maksimal.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *