oleh

Inilah 6 Tips Beli Mobil Bekas Berkualitas

-info-13 views

Tips Beli Mobil Bekas Berkualitas – Tidak semua orang yang ingin menjual mobilnya karena sudah tidak layak untuk di gunakan. Masih banyak juga orang yang menjual mobil bekas yang kondisinya tidak kalah bagus dengan mobil yang masih baru. Tentu saja untuk bisa mendapatkan mobil bekas berkualitas di butuhkan ketelitian dan kejelian.

Tidak hanya jeli dalam melihat kondisi mobil saja, melainkan ada hal lainnya yang juga perlu anda perhatikan ketika ingin membeli mobil bekas. Nah, di artikel kali ini kita akan membahas sedikit tips beli mobil bekas berkualitas yang wajib untuk kamu ketahui.

Beli Mobil Bekas

Tips Beli Mobil Bekas Berkualitas

Bagi anda yang sangat menginginkan memiliki mobil pribadi namun belum memiliki dana yang cukup untuk membeli sebuah mobil baru, maka membeli mobil bekas jadi alternatif terbaik. Karena tidak jarang juga seseorang menjual mobilnya bukan karena tidak layak pakai tapi karena memang sudah memiliki mobil baru lagi sehingga menjual mobil lamanya. Berikut ini sedikit tips beli mobil bekas berkualitas.

Catatan Service Lengkap

Salah satu hal yang perlu anda tanyakan ketika ingi membeli mobil bekas adalah mengenai catatan service mobil tersebut. Anda harus tahu apakah service di lakukan secara rutin, apakah catatannya lengkap dan di mana service di lakukan. Service record sangatlah penting, karena mobil yang di rawat secara rutin tentu akan memiliki performa yang jauh lebih baik.

Service yang di lakukan secara rutin dan berkala juga bisa mencerminkan pemilik mobil sebelumnya yang raji merawat dan merawat dengan baik. Jika memungkinkan anda harus memilih mobil yang di service di bengkel resmi. Sehingga anda dapat memastikan keaslian dari onderdil mobil tersebut.

Waspada Mobil dengan Harga Miring

Ada pepatah mengatakan “Ada rupa ada harga” ini berlaku ketika anda ingin membeli mobil bekas. Bukan berarti anda tidak dapat menemukan mobil bekas dengan kualitas yang masih bagus dengan harga yang murah. tetapi anda juga harus jeli dalam melihat kondisi mobil jika harga yang di tawarkan jauh di bawah harga standar.

Hal ini di karenakan ada saja mobil yang bekas kecelakaan atau terendam banjir yang di jual kembali dengan harga yang sangat miring. Selain itu, tidak jarang juga ada orang yang menawarkan harga murah untuk memancing orang supaya mau datang ke showroom mereka dan di tawarkan dengan mobil yang lain.

Baca Juga  4 Tips Memilih Klinik Kecantikan Terbaik dan Terpercaya

Periksa Aksesoris dan Interior

Saat ingin beli mobil bekas maka hal pertama yang perlu di periksa adalah bagian interior mobil. Ada banyak komponen interior yang perlu anda cek fungsinya mulai dari AC, switch lampu dan sistem audio. Anda harus memastikan jika semua aksesoris dapat berfungsi dengan baik terutama di bagian pengaman seperti sabuk pengaman.

Setelah memeriksa semua aksesoris mobil, berikutnya coba duduk di bagian kemudi dan bagian belakang apakah masih terasa nyaman, periksa juga kondisi plafon, dashboard dan karpet mobil. Selain itu perhatikan bau interior mobil apakah apek, jika iya ini bisa jadi indikasi mobil pernah terendah di banjir.

Periksa Bodi Mobil

Berikutnya kamu juga perlu memeriksa kondisi bodi da eksterior mobil secara menyeluruh. Kamu harus pastikan kondisi pintu, kap dan kaca mobil apakah masih orisinil atau tidak.Selain itu perhatikan pula cat mobil, terkadang ada cat yang belang akibat perbaikan mobil yang kurang rapi.

Selain itu, hal paling penting ketika memeriksa kondisi bodi mobil adalah struktur rangka utama dari mobil tersebut. Pastikan kerangka mobil dalam keadaan bagus dan tidak ada bekas kecelakaan atau perbaikan.

Periksa Kondisi Mesin Mobil

Setelah selesai memeriksa bagian eksterior, berikutnya buka kap mobil untuk memeriksa bagian mesin mobil. Ini adalah bagian yang paling penting dalam proses pemeriksaan. Pastikan mobil mudah untuk di hidupkan, pastikan suara mesin tidak kasar dan perhatikan apakah terdapat kebocoran pada mesin. Ada baiknya anda meminta izin untuk megendarai mobil langsung di jalan raya untuk mengetahui kondisi mesin mobil.

Periksa Kelengkapan Dokumen

Setelah anda memeriksa semua kondisi mobil, sebelum memutuskan untuk membelinya periksa kelengkapan dokumen kendaraan seperti BPKB, STNK dan Faktur. Cocokkan juga nomor rangka dan nomor mesin mobil, pastikan fisik mobil sesuai dengan apa yang ada di dokumen kendaraan. Anda juga perlu memastikan BPKB dan STNK sesuai dengan nama asli dari penjual mobil bekas tersebut.

Demikian pembahasan mengenai bagaimana tips beli mobil beka berkualitas. Ternyata ada banyak hal yang perlu di pertimbangkan ketika ingin membeli sebuah mobil bekas. Jangan asal asalan jika anda tidak ingin rugi nantinya. Ikuti semua langkah di atas untuk mendapatkan mobil bekas namun dengan kualitas yang bagus.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed