Menu

Mode Gelap
 

wisata · 12 Agu 2021 12:21 WIB ·

Wisata Taman Sari Gunongan Banda Aceh Nanggroe Aceh Darussalam


					Wisata Taman Sari Gunongan Banda Aceh Nanggroe Aceh Darussalam Perbesar

Wisata Taman Sari Gunongan Banda Aceh Nanggroe Aceh Darussalam

Taman Sari Gunongan | Wilayah aceh merupakan wilayah yang penuh dengan peninggalan sejarah. Salah satu peninggalah sejarah yang cukup terkenal adalah Taman Sari Gunongan dan Ghairah.

Taman Sari ini terletak di pusat kota Banda Aceh, tepatnya di depan kantor balaikota Banda Aceh, tepatnya terletak di sebelah kiri masjid Baiturrahman.

Taman Sari Gunongan Banda Aceh

Taman Sari Gunongan ini merupakan peninggalah dari kerajaan Aceh, Bagi traveller pecinta sejarah tentunya akan suka akan bangunan yang pernah di bangun oleh Sultan Iskandar Mudah yang pernah memerintah di tahun 1607-1636.

Menurut sejarahnya, taman sari ini di buat untuk memenuhi keinginan sang permaisuri yang berasal dari kerajaan Pahang yang meminta untuk di buatkan sebuah taman yang indah yang dugunakan permaisuri tersebut untuk menghibur diri.

Gunongan dan kompleks Taman Ghairah dirancang oleh para ahli yang paham dengan seni bangunan. Ahli bangunan berasal dari dua negeri yang memiliki hubungan erat dengan Aceh kala itu, yakni Turki dan Tiongkok.

Bahkan, ada kemungkinan pula Gunongan dan Taman Ghairah mendapatkan sentuhan ahli bangunan dari India. Taman ini cukup luas, Cakupannya termasuk kompleks pemandian Putroe Phang.

Konon, setelah Gunongan dan Taman Ghairah selesai dibangun, betapa bahagianya sang permaisuri. Hari-harinya banyak dihabiskan dengan bermain bersama dayang-dayang di sekitar Gunongan, sambil memanjatinya sehingga Putri Pahang tersebut tak lagi sedih dan gundah merindukan kampung halamannya.

Dari sini tentunya traveller penasaran kan, seperti apa Taman Sari Gunongan tersebut. Taman Sari Gunongan sendiri terdiri dari beberapa bagian yang cukum luas yang di sebut dengan Ghairah.

Gunongan memiliki tinggi hampir 10 meter dan di bangun tiga lantai berbentuk seperti bungan. Saat berada disana traveller akan melihat yang namanya Penterana Batu.

Penterana Batu merupakan kursi yang berbentuk kelopak bunga yang sedang mekar dengan cekung di bagian tengah, konon Penterana Batu ini di gunakan permaisuri untuk sekedar duduk-duduk menikmati keindahan Taman Sari Gunongan.

Bagian lainnya disebut dengan Kandang Baginda. Kandang Baginda merupakan sebuah lokasi pemakaman keluarga Sultah Kerajaan Aceh disinilah traveller bisa menemui makan-makan dari keluarga kerajaan Sultan Aceh.

Di taman terebut juga terdapat padang pasir yang di hiasi dengan kerikil, kerikil tersebut berasal dari  Kersik Batu Pelinggam. Selain itu terdapat juga Phinto Khop yang merupakan pintu penghubung antara Taman Sari Gunongan dengan Istana.

Bagaimana Apakah Tertarik? sempatkan mengunjungi Taman Sari Gunongan Banda Aceh, dan jangan ragu untuk berkunjung di Taman Sari Gunongan Banda Aceh, Karena destinasi ini merupakan salah satu bagian tempat wisata di aceh yang sangat indah.

Foto Oleh : Viva.co.id

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Wisata Masjid Menara Kudus Kudus Jawa Tengah

13 November 2021 - 01:16 WIB

Wisata Masjid Menara Kudus Kudus Jawa Tengah

Wisata Telaga Ngebel Ponorogo Jawa Timur

12 November 2021 - 00:35 WIB

Wisata Telaga Ngebel Ponorogo Jawa Timur

Wisata Air Panas Guci Tegal Jawa Tengah

10 November 2021 - 08:19 WIB

Wisata Air Panas Guci Tegal Jawa Tengah

Wisata Pantai Melawai Balikpapan Kalimantan Timur

9 November 2021 - 07:22 WIB

Wisata Pantai Melawai Balikpapan Kalimantan Timur

Wisata Air Terjun Batu Mahsur Gunung Mas Kalimantan Tengah

7 November 2021 - 15:24 WIB

Wisata Air Terjun Batu Mahsur Gunung Mas Kalimantan Tengah

Wisata Pulau Enggano Bengkulu Utara Bengkulu

6 November 2021 - 14:29 WIB

Wisata Pulau Enggano Bengkulu Utara Bengkulu
Trending di wisata