oleh

Wisata Taman Putri Pahang Banda Aceh Nanggroe Aceh Darussalam

-wisata-308 views

Taman Putri Pahang | Aceh merupakan bagian Indonesia di ujung barat yang mempunyai sejarah islam tersendiri. Aceh yang di kenal dengan Nangroe Aceh Darussalam, merupakan bekas kerajaan.

Salah satu peninggalan yang sampai saat ini di kenal sebagai destinasi wisata adalah Taman Putri Pahang. Taman ini merupakan taman yang pernah didirikan oleh Sultan Iskandar Muda pada abad ke 16 sebagai bentuk kecintaan kepada permaisurinya Puti Pahang yang berasal dari Malaysia.

Taman Putri Pahang Banda Aceh

Untuk menuju Taman Putrie Phang atau Putri Pahang lokasinya sangat mudah. Taman ini terletak  bersebelahan dengan Kerkhof, yang merupakan makam prajurit Belanda yang tewas di Aceh.

Taman Putroe Phang saat ini sudah tertata rapi oleh pemerintah Aceh. Bahkan selain sebagai tempat wisata, destinasi ini juga sebagai pusat peradaban sejarah di Aceh.

Menurut sejarahnya Putri Pahang adalah seorang wanita yang cerdas, dulunya Putri dari Kerajaan Pahang Malaysia ini adalah penasehat suaminya dan mampu membuat hukum perlindungan anak dan perempuan.

Hukum tersebut saat ini kemudian di realisasikan oleh putri beliau Ratu Safiatuddin sehingga hingga saat ini berlaku di Aceh Besar dan Aceh Pidie, hukum waris tidak saja berdasarkan pada hukum Islam, tapi juga dipengaruhi oleh hukum adat.

Hukum tersebut berlaku hingga saat ini, oleh karena itu Aceh merupakan daerah istimewa yang disebut dengan Nangroe Aceh Darussalam.

Jika traveller mengunjungi menuju istana, disana juga terdapat terdapat sebuah taman yang luas, yang disebut taman ghairah, Ditaman ini pun terdapat sebuah gerbang berbentuk kubah yang diisebut Pinto Khop, Pinto Khop yang merupakan gerbang kecil berbentuk kubah.

Pintu tersebut menghubungkan antara taman dengan istana raja. Pinto Khop ini dulunya merupakan tempat beristirahat Putri Pahang, setelah lelah berenang.

Letaknya tidak jauh dari kolam para permaisuri raja yang disebut dengan Gonongan, di sanalah dayang-dayang membasuh rambut sang permaisuri. Di sana juga terdapat kolam untuk sang permaisuri bermandi bunga.

Bagaimana Apakah Tertarik? sempatkan mengunjungi Taman Putri Pahang Banda Aceh , dan jangan ragu untuk berkunjung di Taman Putri Pahang Banda Aceh , Karena destinasi ini merupakan salah satu bagian tempat wisata di aceh yang sangat indah.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Lainnya