Menu

Mode Gelap
 

wisata · 22 Apr 2021 21:59 WIB ·

Wisata Sejarah Museum Tsunami Banda Aceh


					Museum Tsunami Banda aceh Perbesar

Museum Tsunami Banda aceh

Museum Tsunami Banda Aceh | Traveller tentunya masih teringat kejadian Tsunami Aceh di tahun 2004 yang menyebabkan korban ratusan ribu orang.

Sebagai peringatan sekaligus monumen, di aceh terdapat museum untuk bencana gempa bumi yang juga sebagai pusat pendidikan dan tempat perlindungan darurat jika suatu saat tsunami terjadi lagi.

Museum yang di rancang langsung oleh Ridwal Kamil yang saat ini menjabat sebagai walikota Bandung , mempunyai luas 2500 meter persegi yang terdiri dari empat lantai.

Untuk menuju ke museum tsunami, traveller bisa berkendara di wilayah Sukaramai, Baiturrahman kota Banda Aceh. Museum ini tepatnya terletak di jalan Sultan Iskandar Muda No 3

Museum Tsunami Banda aceh

Pertama kali ke dalam museum tsunami, traveller akan memasuki lorong gelap gelombang tsunami dengan ketinggian 40 meter yang disampingnya terdapat efek air jatuh.

Disini traveller harus memakai topi lebar atau pelindung seperti jaket supaya tidak terkenal air secara langsung di kepala. Museum ini dibuat sepertni ini supaya pengunjung bisa merasakan seperti apa tsunami waktu itu.

Lorong sengaja dibuat gelap, setelah itu traveller akan meliha beberapa standing screen yang berisi foto-foto pasca tsunami mulai dari kehancuran, kematian dan penuh dengan gambar korban dan foto saat mereka mendapat bantuan.

Pada dinding museum juga terdapat gambar penari Saman yang merupakan tarian khusus tentang kekuatan, disiplin dan religius Aceh.

Pada bagian atap traveller juga akan melihat atapnya yang membentuk gelombang laut dan bertuliskan Allah diatasnya.

Sedangkan pada lantai dasarnya dirancang mirip rumah panggung tradisional aceh yang selamat dari terjangan gelombang tsunami. Selain itu traveller juga bisa melihat nama-nama korban yang namanya tercantum di dinding museum.

Setelah keluar dari lorong, traveller akan melihat jembatan di tengah-tengah bangunan dasar museum yang disebut dengan Jembatan Harapan. Traveller akan melihat bendera 52 negara yang pernah mengulurkan bantuan untuk warga aceh.

Selain itu traveller juga akan diajak menuju film Tsunami yang di putar kurang lebih selama 15 menDi sini anda akan di sambut dengan pemutaran film tsunami selama 15 menit dari gempa terjadi, saat tsunami terjadi hingga saat pertolongan datang.

Di dalam museum ini traveller jg bisa melihay beberapa Artefak mengenai miniaut tsunami seperti orang-orang yang sedang menangkap ikan di laut dan berlarian menyelamatkan diri saat gelombang melebihi datang.

Gambaran artefak tersebut sungguh akan mengingatkan traveller akan sunami tahun 2004. Banyak di lukiskan tentang bangunan rumah bersama penduduk nya yang porak-poranda oleh gempa sebelum datang air bah datang.

Masih Ragu untuk Berkunjung ke Aceh? Museum Tsunami Banda aceh merupakan salah satu destinasi wisata sejarah terbaik di aceh, jangan ragu untuk berkunjung di Wisata Museum Tsunami Banda aceh merupakan salah satu bagian tempat wisata di aceh yang sangat indah.

 

foto : regional Kompas

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Wisata Masjid Menara Kudus Kudus Jawa Tengah

13 November 2021 - 01:16 WIB

Wisata Masjid Menara Kudus Kudus Jawa Tengah

Wisata Telaga Ngebel Ponorogo Jawa Timur

12 November 2021 - 00:35 WIB

Wisata Telaga Ngebel Ponorogo Jawa Timur

Wisata Air Panas Guci Tegal Jawa Tengah

10 November 2021 - 08:19 WIB

Wisata Air Panas Guci Tegal Jawa Tengah

Wisata Pantai Melawai Balikpapan Kalimantan Timur

9 November 2021 - 07:22 WIB

Wisata Pantai Melawai Balikpapan Kalimantan Timur

Wisata Air Terjun Batu Mahsur Gunung Mas Kalimantan Tengah

7 November 2021 - 15:24 WIB

Wisata Air Terjun Batu Mahsur Gunung Mas Kalimantan Tengah

Wisata Pulau Enggano Bengkulu Utara Bengkulu

6 November 2021 - 14:29 WIB

Wisata Pulau Enggano Bengkulu Utara Bengkulu
Trending di wisata