oleh

Wisata Museum Negeri Banda Aceh

-wisata-308 views

Museum Negeri Banda Aceh | Berkunjung ke Museum bagi sebagian traveller adalah suatu hal yang menarik, khususnya bagi traveller yang ingin mengenal lebih tentang sejarah.

Salah satu museum yang wajib traveller kunjungi ketika pergi ke aceh adalah Museum Negeri Aceh.  Museum aceh atau yang lebih di kenal dengan Rumoh Atjeh merupakan bagunan tradisional berbentuk rumah panggung dan mempunyai cirri khas seperti rumah-rumah di wilayah sumatera pada umumnya.

Museum Negeri Banda Aceh

Museum yang saat ini diberi nama Museum Negeri Aceh ini didirikan pada tahun 1915 oleh Gubernur Sipil dan Militer Aceh Jendral H.N.S Swart dan dikepalai oleh FW Stameshaus sekaligus kurator museum ini hingga tahun 1931.

Ketika traveller ke museum ini. Museum ini merupakan sebuah rumah tradisional aceh yang keberadaannya masih tetap di perhankan.

Bangunan berbentuk kayu ini juga bisa dibongkar pasang secara fleksibel. Traveller yang menyukai wisata sejarah pasti akan mengunjungi Museum Negeri Aceh yang cukup mudah dijangkau ketika berkunjung ke Aceh. Museum ini terletak di Jalan Alauddin Mahmud Syah Banca Aceh.

Beberapa benda-benda peninggalan sejarah bisa diapatkan dan dilihat di Museum Negeri Aceh. Traveller bisa melihat berbagai macam jenis perkakas, peralatan pertanian, rumah tangga, senjata tradisional serta pakaian tradisional khas Aceh.

Beberapa manuskrip kuno, dokumentasi foto sejarah serta bebrapa maket mengenai perkembangan Masjid Agung Baiturrahman bisa di jumpai.

Selain itu Museum Negeri Aceh yang sebelumnya pernah digunakan sebagai pameran kolonial tersebut juga menyimpan beberapa koleksi pribadi Stammeshaus dan beberapa benda pusakan kesultanan Aceh. Selain benda-benda asli peninggalan dari Kesultanan Aceh.

Traveller juga bisa meluhat secara langsung Lonceng Cakra Donya yang merupakan hadiah dari Kekaisaran Dinasti Ming pada Sultan Pasai di abad ke 15 yaitu dari Laksamana Muhammad Cheng Ho.

Masih Ragu untuk Berkunjung ke Aceh? Wisata Museum Negeri Banda Aceh merupakan salah satu destinasi wisata sejarah terbaik di aceh, jangan ragu untuk berkunjung di Wisata Museum Negeri Banda Aceh merupakan salah satu bagian tempat wisata di aceh yang sangat indah.

Foto : https://www.tournesia.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Lainnya