oleh

Masjid Raya Baiturahman Wisata Sejarah Banda Aceh

-wisata-320 views

Masjid Raya Baiturahman Banda Aceh – Aceh, yang di kenal sebagai serambi mekah merupakan salah satu propinsi di Indonesia yang sangat di istimewakan. Propinsi yang penduduknya menganut agama islam ini mempunyai Masjid yang sangat bersejarah.

Selain sebagai tempat ibadah umat muslim, masjid yang juga di jadikan sebagai tempat wisata sekaligus peninggalan sejarah ini menyimpan cerita tersendiri dan sangat di rekomendasikan bagi traveller yang melakukan perjalanan religi.

Masjid Baiturrahman sendiri dibangun pada tahun 1022 oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Ala atau sekitar 1612 masehi. Masjid ini menjadi saksi sejarah hingga jamam penjajahan dan sekarang. Sempat juga masjid yang berdiri kokoh ini juga di bakar dalam jaman Belanda.

Masjid Raya Baiturahman Banda Aceh

Masjid yang menjadi ikon Aceh ini sangat memiliki kesan seni yang cukup tinggi, selain menjadi tempat ibadah, Masjid Raya Baiturahman  juga menarik para traveller untuk datang.

Nilai sejarah yang dimiliki hingga keindahan arsitekturnya menjadikan masjid ini menjadi salah satu masjid terindah di Indonesia.

Baiturahman selain sebagai khas masjid di Aceh juga mempunyai pelataran dan gaya arsitektur seperti Masjid di Turki seperti masjid-masjid peninggalan  Kesultanan Turkey Utsmani.

Masjid Raya Baiturahman selain sebagai tempat wisata juga menjadi salah satu pusat pembelajaran agama islam di Indonesia, khususnya Sumatera bahkan hingga beberapa traveller yang ingin belajar islam dari penjuru dunia.

Bagi traveller yang berkunjung ke Masjid Raya Baiturahman, pasti akan terkagum dengan kokohnya bangunan utama Masjid Raya Baiturahman.

Pada waktu peristiwa Tsunami Aceh, masjid ini tetap berdiri kokoh, padahal bangunan di sekitar masjid terhanyut dan hancur semua.

Sejak peristiwa Tsunami, masjid ini mengalami perubahan besar dan di perbaiki. Pada bagian  basemen masjid juga akan dilengkapi dengan tempat wudhu, serta toilet pria dan wanita yang semua bahannya terbuat dari batu marmer Italia atau Spanyol.

Sementara di halamanya di Tanami 33 pohon kurma dan satu pohon geulumpang.  Bagian tengahnya terdiri dari kawasan hijau dengan yang terdapat rumput hijau dan berbagai jenis bunga warna warni yang indah.

Selain itu, di bagian plasanya juga terdapat puluhan payung masjid yang bisa berkembang seperti halnya payung-payung di masjid Madina.

Bagaimana Apakah Tertarik? apakah menarik untuk mengunjungi Masjid Raya Baiturahman Banda Aceh, jangan ragu untuk berkunjung di Masjid yang sangat Bersejarah di kota aceh, Masjid Raya Baiturahman Banda Aceh merupakan salah satu bagian tempat wisata di aceh yang sangat indah.

Foto : Tribun Aceh

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Lainnya