Menu

Mode Gelap
 

News · 7 Mar 2021 23:41 WIB ·

20 Rekomendasi Tempat Wisata di Aceh yang Wajib Kalian Kunjungi


					Tempat Wisata di Aceh yang Wajib Kalian Kunjungi Perbesar

Tempat Wisata di Aceh yang Wajib Kalian Kunjungi

Tempat Wisata di Aceh – Apa yang kalian Bayangkan jika mendengar kata Aceh? benar sekali Kota dengan julikan Serambi Mekkah ini berada paling Barat negara Kita Indonesia dan berada paling utara Sumatera.

Aceh merupakan Salah satu Provinsi memiliki banyak sekali potensi alam, budaya, sumber daya manusia, sejarahnya yang sangat panjang serta potensi wisata yang sangat istimewah.

Aceh memiliki sumber daya alam yang melimpah, termasuk minyak bumi dan gas alam. Sejumlah analis memperkirakan cadangan gas alam Aceh adalah yang terbesar di dunia.

Aceh juga terkenal dengan hutannya yang terletak di sepanjang jajaran Bukit Barisan dari Kutacane di Aceh Tenggara sampai Ulu Masen di Aceh Jaya. Sebuah taman nasional bernama Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) didirikan di Aceh Tenggara.

Rekomendasi Tempat Wisata di Aceh

Tidak Melupakan Sejarah Peristiwa dahsyat yang pernah terjadi di Aceh, yaitu Tsunami pada 2004 lalu. Nah, anda bisa melihat museum tsunami yang kini menjadi salah satu tempat wisata di Aceh yang ramai dikunjungi.

Selain Museum tsunami, masih ada banyak sekali tempat wisata di Aceh yang menarik untuk kita explore. Ada banyak pantai yang indah, air terjun yang asri, tempat untuk diving yang tidak kalah dengan Indonesia Timur, dan masih banyak lagi tempat wisata di Aceh yang tidak boleh kita lewatkan saat liburan tiba.

Kali ini akan kita bahasa 20 Rekomendasi destinasi wisata di aceh yang wajib dan harus kalian kunjungi ketika berada di kota serambi mekah ini, yuk langsung saja kita mulai :

1. Wisata Air Terjun Blank Kolam

Berbicara tentang wisata alam, aceh tidak mau kalah dengan wisata baharinya. Meskipun sempat di terpa dengan tsunami, potensi wisata alam Aceh  tetap menjadi salah satu yang di andalkan oleh pemerintah propinsi bumi Nangroe Aceh Darussalam tersebut.

Salah satu surga tersembunyi Tempat Wisata di Aceh yang layak traveller kunjungi adalah Air Tejun Blang Kolam. Terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Kuta Makmur. Kabupaten Aceh Utara, Propinsi Nangro Aceh Darussalam.

Air Terjun Blang kolam merupakan air terjun yang cukup di kenal. Destinasi wisata ini terletak seitar 21 kilometer dari kota Loksumawe dengan lokasi yang cukup ektrim dan terletak dipinggir hutan.

Baca Selengkapnya : Air Tejun Blank Kolam Destinasi Wisata Bahari di Aceh

2. Wisata Air Terjun Teuraceu Beungga Pidie

Bagi sebagian traveller mungkin masih asing dengan Air Terjun Teuraceu Beungga Pidie yang berada di Tangse, Kabupaten Pidie. Tempat Wisata di Aceh Air terjun ini merupakan air terjun yang mempunyai pesona keindahan yang begitu menarik.

Lokasinya yang tersembunyi dari pemukiman penduduk membuat air terjun ini tampak bagai surga tersembunyi di bali pepohonan yang rimbun.

Bagi traveller yang ingin menuju lokasi air terjun ini harus menempuh perjalanan sejauh 7 kilometer dari pemukiman penduduk di wilayah Tangse.

Dari sinilah traveller bisa menempuh jalur setapak yang berada di pinggir jalan Beureunuen-Tangse. Selama perjalanan traveller akan di suguhi pemandangan alam yang begitu mempesona dan asri.

Baca Selengkapnya : Air Terjun Teuraceu Beungga Pidie Destinasi Wisata Bahari di Aceh

3. Wisata Danau Geunang Geudong Aceh Barat

Tempat Wisata di Aceh Barat memang menyimpan beberapa potensi alam yang sangat menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah destinasi wisata Danau Geunang Geudong yang terletak di Desa Putim, Kecamatan Kaway, Aceh Barat. Danau ini terletak kira kira sekitar 20 Kilometer dari pusat kota Meulaboh.

Dalam bahasa Aceh sendir, Geunang Geudong memiliki arti “genangan” sedangkan Geudong adalah “Besar”. Danau ini memang sesuai dengan namanya, memiliki genangan air yang sangat besar dan berbentuk cekungan raksasa.

Didalam danau ini selalu memancarkan mata air yang sangat berlimpah. Uniknya lagi danau ini terletak di pinggir pantai dan mempunyai air payau.

Baca Selengkapnya : Wisata Danau Geunang Geudong Aceh Barat

4. Wisata Danau Laut Tawar Aceh Tengah

Salah satu lokasi yang bisa dikunjungi oleh para traveller adalah Tempat Wisata di Aceh Danau Laut Tawar. Keindahan serambi mekah yang penuh dengan tradisi ribuan tahun silam telah menjadi daya tarik sendiri.

Selain budaya, pariwisata dan keunikannya menjadi pilihan traveller untuk berkunjung ke daerah istimewa yang disebut dengan Nangroe Aceh Darussalam.

Danau yang mempunyai luas 5472 hektar ini merupakan Danau Laut Tawar yang bewarna biru. Bahkan banyak yang meyakini air laut tersebut terjebak di daratan sejak ribuat tahun silam. Lalu suku gayo yang merupakan suku asli aceh memberikan nama danau tersebut Danau Air Tawar.

Baca Selengkapnya : Wisata Danau Laut Tawar Aceh Tengah

5. Wisata Sejarah Masjid Raya Baiturahman Banda Aceh

Aceh yang di kenal sebagai serambi mekah merupakan salah satu propinsi di Indonesia yang sangat di istimewakan. Propinsi yang penduduknya menganut agama islam ini mempunyai Masjid yang sangat bersejarah.

Selain sebagai tempat ibadah umat muslim, masjid yang juga di jadikan sebagai Tempat Wisata di Aceh sekaligus peninggalan sejarah ini menyimpan cerita tersendiri dan sangat di rekomendasikan bagi traveller yang melakukan perjalanan religi.

Masjid Baiturrahman sendiri dibangun pada tahun 1022 oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Ala atau sekitar 1612 masehi. Masjid ini menjadi saksi sejarah hingga jamam penjajahan dan sekarang. Sempat juga masjid yang berdiri kokoh ini juga di bakar dalam jaman Belanda.

Baca Selengkapnya : Masjid Raya Baiturahman Wisata Sejarah Banda Aceh

6. Wisata Museum Negeri Aceh

Berkunjung ke Museum bagi sebagian traveller adalah suatu hal yang menarik, khususnya bagi traveller yang ingin mengenal lebih tentang sejarah. Salah satu museum  yang menjadi Tempat Wisata di Aceh dan wajib traveller kunjungi ketika pergi ke aceh adalah Museum Negeri Aceh.

Museum aceh atau yang lebih di kenal dengan Rumoh Atjeh merupakan bagunan tradisional berbentuk rumah panggung dan mempunyai cirri khas seperti rumah-rumah di wilayah sumatera pada umumnya.

Baca Selengkapnya : Wisata Museum Negeri Banda Aceh

7. Wisata Museum Tsunami Aceh

Traveller tentunya masih teringat kejadian Tsunami Aceh di tahun 2004 yang menyebabkan korban ratusan ribu orang.

Sebagai peringatan sekaligus monumen, di aceh terdapat museum untuk bencana gempa bumi yang juga sebagai pusat pendidikan dan tempat perlindungan darurat jika suatu saat tsunami terjadi lagi.

Museum yang di rancang langsung oleh Ridwal Kamil yang saat ini menjabat sebagai walikota Bandung , mempunyai luas 2500 meter persegi yang terdiri dari empat lantai.

Untuk menuju ke museum tsunami, traveller bisa berkendara di wilayah Sukaramai, Baiturrahman kota Banda Aceh. Museum ini tepatnya terletak di jalan Sultan Iskandar Muda No 3 dan mejadi dalah satu Tempat Wisata di Aceh

Baca Selengkapnya : Wisata Sejarah Museum Tsunami Banda Aceh

8. Wisata Ngarai Sianok Agam

Bukit tinggi, merupakan salah satu wilayah di Sumatera yang memliki dataran tinggi dan kontur wilayah berbukit-bukit. Lahan yang subur dan suasana wilayah yang begitu sejuk, membuat Bukit tinggi menjadi salah satu wilayah yang memiliki wisata dan panorama yang sangat Indah.

Salah satu keindahan di Bukittinggi yang begitu populer adalah panorama alam yang disebut dengan Ngarai Sianok. Ngarai Siano merupakan lembah sempit yang di kelilingi oleh bukit-bukti bertebing dengan ketinggan cukup tinggi dan curam.

Di bawahnya terdapat sungai-sungai kecil yang mengalir dengan air yang sangat sejuk. Konon ngarai ini terbentuk karena patahan lempengan bumi yang menurun sehingga membentuk patahan dengan wujud jurang yang sangat dalam.

Baca Selengkapnya : Wisata Ngarai Sianok Agam

9. Pantai Kasih Sabang Nanggroe Aceh Darussalam

Aceh Barat memang menyimpan beberapa potensi alam yang sangat menarik untuk dikunjungi. Salah satu Tempat Wisata di Aceh adalah destinasi wisata yang terletak di Desa Putim, Kecamatan Kaway, Aceh Barat. Danau ini terletak kira kira sekitar 20 Kilometer dari pusat kota Meulaboh.

Dalam bahasa Aceh sendir, Geunang Geudong memiliki arti “genangan” sedangkan Geudong adalah “Besar”. Danau ini memang sesuai dengan namanya, memiliki genangan air yang sangat besar dan berbentuk cekungan raksasa.

Didalam danau ini selalu memancarkan mata air yang sangat berlimpah. Uniknya lagi danau ini terletak di pinggir pantai dan mempunyai air payau.

Baca Selengkapnya : Pantai Kasih Sabang Nanggroe Aceh Darussalam

10. Wisata Pantai Lampuuk Aceh Besar

Aceh merupakan propinsi yang memiliki potensi kekayaan alam dan budaya yang luar biasa. Jika traveller sangat menyukai wisata bahari, Pantai Lampuuk merupakan salah satu Tempat Wisata di Aceh yang mempesona di kawasan Aceh Besar sebelum tragedy tsunami.

Namun setelah kejadian tersebut, kini pemerintah dan pengelola pantai tersebut kembali mewujudkan pantai Lampuuk sebagai destinasi wisata yang layak dikunjungi oleh para traveller.

Pantai Lampuk saat ini mulai ramau dengan para traveller yang ingin berkunjung ke wilayah Banda Aceh, mulai dari Meulaboh dan daerah pesisir lainnya.

Hamparan pasir putih dan pohon pinus yang rindang kini kembali lagi seperti sebelun terjadi tsunami sejak 2003. Kini Pantai ini merupakan tempati deal untuk melepaskan diri dari kepenatan.

Baca Selengkapnya : Pantai Lampuuk Aceh Besar

11. Wisata Pantai Lhok Geudong Aceh Barat

Berkujung ke Aceh merupakan keunikan tersendiri, karena propinsi ini merupakan salah satu propinsi yang istimewa. Berbagai potensi wisata terdapat di Aceh, terutama Aceh Barat. Aceh Barat sendiri merupakan kabupaten yang terletak kurang lebih 175 km dari Banda Aceh.

Tempat Wisata di Aceh Barat ternyata mempunyai beberapa destinasi wisata yang cukup menarik untuk di kunjungi , terutama wisata bahari. Salah satu dari wisata bahari yang bisa di jumpai traveller saat di Aceh adalah Pantai Lhok Geudong.

Pantai Lhok Geudong ini berlokasi di Aceh Barat. Lhok Geudong menjadi salah satu destinasi andalan di Aceh Barat. Banyak masyarakat lokal menghabiskan waktu di pantai ini.

Selain itu banyak juga traveller luar Aceh Barat juga datang ke Aceh Barat untuk mengunjungi salah satu dari sekian banyak pantai yang ada di lokasi ini.

Baca Selengkapnya : Pantai Lhok Geudong Aceh Barat

12. Wisata Pantai Sumur Tiga Sabang

Berkunjung ke ujung Indonesia paling barat adalah hal yang diinginkan banyak traveller. Salah satunya adalah di Pulau Weh.

Salah satu Tempat Wisata di Aceh yang berupa pantai yang cukup banyak dikunjungi oleh para traveller baik domestic maupun manca Negara dalah Pantai Sumur Tiga. Banyak orang sekitar ini menyebutnya Freddies atau tempat Freddy.

Pantai Sumur Tiga menawarkan keindahan alam bahari dengan lingkungan sekitar yang masih sangat alami. Di musim kemarau, pemandangan langit yang cerah membuat pantai ini semkin indah.

Terlebih pantai ini letaknya di sisi timur Pulau Weh, sehingga traveller yang berada disini bisa menikmati matahari terbit dengan sisi pohon kelapa yang jumlahnya begitu banyak.

Baca Selengkapnya : Pantai Sumur Tiga Sabang

13. Wisata Pantai Ujung Karang Aceh Barat

Masih di Nangroe Aceh Darussalam yang menawarkan keunikan budaya hingga alamnya. Salah satunya adalah pantai dengan keindahan alam yang eksotis serta panorama saat matahari terbenam, yaitu Pantai Ujung Karang.

Lokasi Tempat Wisata di Aceh pantai Ujung Karang terletak tidak  jauh dari kota Meulaboh. Ada kisah tersendiri di pantai ini sebagai saksi bisu keganasan gelombang tsunami yang terjadi pada tahun 2004 . Sekitar pantai ini terdapat makam massal korban Tsunami yang tidak jauh dari tepi pantai Ujung Karang.

Meskipun tsunami pernah menghacurkan pesisir pantai Ujung Karang ini, namun sisa sisa keindahan pantai tersebut tetap menjadi pilihan favorit bagi sebagian besar masyarakat Meulaboh sebagai tempat untuk rekreasi pada saat liburan.

Baca Selengkapnya : Pantai Ujung Karang

14. Wisata Pulau Banyak Aceh Singkil

Indonesia memang terdiri dari berbagai macam gugusan Pulau, seperti di wilayah Aceh, di sekitar wilayah samudra hindia banyak sekali pulau-pulau yang berpotensi menjadi destinasi wisata di Indonesia. Termasuk salah satu pulau yang terletak di ujung sebelah barat Pulau Sumatera, yaitu Pulau Banyak.

Pulau Banyak merupakan salah satu Tempat Wisata di Aceh dan bagian pulau pulau kecil dari Aceh Singkil yang terletak di Kabupaten Aceh Singkil. Ada lebih dari 99 buah pulau yang tergabung di pulau Banyak. Keindahan alam bawah laut serta penyu hijau merupakan cirri khas dari penyu hijau.

Baca Selengkapnya : Pulau Banyak Aceh Singkil

15. Wisata Pulau Rubiah Sabang Aceh

Aceh adalah salah satu daerah istemewa yang dikenal dengan serambi mekahnya, Meskipun bukan kepulauan. Namun aceh mempunyai beberapa pulau yang terletak di ujung barat Indonesia seperti pulau Weh dan Pulau Rubiah.

Kali ini mari para traveler mengenal salah satu Tempat Wisata di Aceh yang memiliki keindahan pulau yang terletak di wilayah kota Sabang yaitu Pulau Rubiah.

Pulau Rubiah sendiri merupakan salah satu destinasi favorit di wilayah Sabang yang mempunyai luas kurang lebih 26 hektar.

Pulau yang terkenal akan keindahan baharinya ini tidak kalah jauh dengan pulau Weh. Pulau Rubiah sendiri juga di juluki sebagai surganya bawah laut bagi mereka traveler penggemar wisata bahari.

Baca Selengkapnya : Pulau Rubiah Sabang

16. Wisata Pulau Simeulue Simeulue Nanggroe Aceh Darussalam

Pulau Simeulue merupakan pulau kecil yang masuk di propinsi Aceh atau Nangroe Aceh Darussalam. Meskipun termasuk pulau yang tergolong sering di guncang oleh gempa bumi dan merupakan salah satu Tempat Wisata di Aceh.

Akan tetapi pulau Simeulue memiliki keindahan yang sangat eksotis dan menarik para traveler baik lokal maupun mancanegara untuk menikmati keindahan panorama pulau Simeulue.

Salah satu yang menjadi daya tarik dari Pulau Simeulue adalah pantai di pulau ini merupakan surganya para peselancar. Tepatnya di Desa Nancala terdapat pantai dengan hamparan pasir putih, dengan nyiur melambainya yang terkena angin pantai.

Selain itu gulungan ombak yang sempurna mampu menjadi magnet tersendiri bagi para turis asing yang ingin berselancar. Beberapa lokasi selancar di Pulau Simeulue adalah seperti pantai Nancala, Matanurung Busung, Alus-alus, Salur dan La’ayon.

Baca Selengkapnya : Pulau Simeulue Simeulue 

17. Wisata Pulau Weh Aceh Sabang Nanggroe Aceh Darussalam

Sabang merupakan kota paling ujung barat di Negara Indonesia. Kota ini terdapat di sebuah pulau paling ujung Indonesia yaitu pulau Weh. Bagi traveler Sabang sudah tidak asing lagi pastinya, karena selain salah satu Tempat Wisata di Aceh, Sabang sudah sering muncul di pelajaran waktu SD semasa traveler masih sekolah.

Pulau Weh merupakan bagian dari pulau sumatera yang terletak di propinsi Aceh, pulau ini mempunyai berbagai macam spot wisata yang dikelilola dengan sangat baik oleh pemerintah kabupaten setempat.

Sejarahnya pulau weh merupakan bagian dari pulau sumatera, namun sejak saman pleistosen pulau ini terpisah dengan pulau Sumatera.

Baca Selengkapnya : Pulau Weh Aceh

18. Wisata Sungai Alas Aceh Tenggara

Iklim Tropis di Indonesia membuat para traveler selalu ingin berpetualang di wilayah-wilayah Indonesia. Bagi para traveler pecinta petualangan air, Sungai Alas merupakan Tempat Wisata di Aceh yang terletak di Taman Nasional Gunung Leuser merupakan sungai yang paling diburu oleh para pecinta olahraga arung jeram.

Sungai Alas merupakan sungai terpanjang di pantai barat Sumatera. Sungai Alas Aceh tersebut menawarkan perjalanan arung jeram, pemandangan indah, keindahan hutan yang masih perawan dan kegembiraan melihat gajah dan orang hutan sepanjang pinggir sungai.

Para traveler yang sedang berkunjung di Nangroe Aceh Darussalam bisa mengunjungi di wisata Sungai Alas Aceh. Arung Jeram yang ditawarkan di Sungai ini mencapai kelas 2 ke 3 dengan suasana yang masih sangat alami yang melewati hutan lebat serta perkebunan.

Baca Selengkapnya : Sungai Alas Aceh Tenggara

19. Wisata Taman Putri Pahang Banda Aceh

Aceh merupakan bagian Indonesia di ujung barat yang mempunyai sejarah islam tersendiri. Aceh yang di kenal dengan Nangroe Aceh Darussalam, merupakan bekas kerajaan.

Salah satu peninggalan yang sampai saat ini di kenal sebagai destinasi wisata adalah Taman Putri Pahang yang menjadi salah satu Tempat Wisata di Aceh. Taman ini merupakan taman yang pernah didirikan oleh Sultan Iskandar Muda pada abad ke 16 sebagai bentuk kecintaan kepada permaisurinya Puti Pahang yang berasal dari Malaysia.

Untuk menuju Taman Putrie Phang atau Putri Pahang lokasinya sangat mudah. Taman ini terletak  bersebelahan dengan Kerkhof, yang merupakan makam prajurit Belanda yang tewas di Aceh.

Taman Putroe Phang saat ini sudah tertata rapi oleh pemerintah Aceh. Bahkan selain sebagai tempat wisata, destinasi ini juga sebagai pusat peradaban sejarah di Aceh.

Baca Selengkapnya : Taman Putri Pahang Banda Aceh 

20. Wisata Taman Sari Gunongan Banda Aceh

Wilayah aceh merupakan wilayah yang penuh dengan peninggalan sejarah. Salah satu peninggalah sejarah yang cukup terkenal adalah Taman Sari Gunongan dan Ghairah.

Tempat Wisata di Aceh Taman Sari ini terletak di pusat kota Banda Aceh, tepatnya di depan kantor balaikota Banda Aceh, tepatnya terletak di sebelah kiri masjid Baiturrahman.

Taman Sari Gunongan ini merupakan peninggalah dari kerajaan Aceh, Bagi traveller pecinta sejarah tentunya akan suka akan bangunan yang pernah di bangun oleh Sultan Iskandar Mudah yang pernah memerintah di tahun 1607-1636.

Menurut sejarahnya, taman sari ini di buat untuk memenuhi keinginan sang permaisuri yang berasal dari kerajaan Pahang yang meminta untuk di buatkan sebuah taman yang indah yang dugunakan permaisuri tersebut untuk menghibur diri.

Baca Selengkapnya : Taman Sari Gunongan Banda Aceh

Demikianlah sedikit informasi tentang beberapa tempat wisata di aceh, sebenarnya masih sangat banyak yang harus di explore, masih banyak keindahan surga wisata di ujung indonesia. semoga informasi ini berguna untuk anda yang akan berkunjung di aceh.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ukuran Kertas A4 Dalam MM, CM dan Inchi Serta Kegunaannya

20 November 2021 - 21:11 WIB

Ukuran Kertas A4 Dalam MM

Kode GTA San Andreas Lari Cepat

1 November 2021 - 13:42 WIB

Kode GTA San Andreas Lari Cepat

Game Tembakan Offline Terbaik di Android

15 Oktober 2021 - 21:37 WIB

Game Tembakan Offline Terbaik di Android

Tips Memilih Facial Wash Agar Tidak Jerawatan dan Glowing

1 Agustus 2021 - 11:52 WIB

Tips Memilih Facial Wash Agar Tidak Jerawatan dan Glowing

Jangan Bingung, Inilah 5 Tips Memilih Asuransi Kesehatan

2 Juli 2021 - 09:20 WIB

Tips Memilih Asuransi Kesehatan

Pentingnya Internet Dalam Kehidupan Bermasyarakat, opini Rakyatnesia

6 Mei 2021 - 08:01 WIB

Pentingnya Internet Dalam Kehidupan Bermasyarakat, opini Rakyatnesia
Trending di News