oleh

5 Tanaman Buah dalam Pot untuk Panen di Rumah Anda

5 Tanaman Buah dalam Pot untuk Panen di Rumah Anda – Saat ini, berkebun baik itu sayuran, bunga, maupun buah tak hanya bisa dilakukan dalam pada sebuah lahan yang luas. Namun, dengan menggunakan media tanam pot, Anda sudah bisa menyalurkan hobi berkebun Anda, meski tidak memiliki lahan yang cukup.

Jika Anda ingin memiliki pohon buah-buahan sendiri dan merasakan hasil panen dari tanaman tersebut, Anda bisa melakukan penanaman beberapa jenis buah dalam pot. Tak hanya tanaman berukuran kecil, tanaman dengan ukuran besar juga bisa dikembangbiakkan dengan media tanam tersebut.

Berikut jenis tanaman buah yang bisa Anda tanam dalam pot di halaman rumah Anda yang bersumber dari Sudutkebun.com.

Tomat

Tak dapat dipungkiri, penggunaan tomat dalam kebutuhan sehari-hari cukup tinggi. Selain sebagai penambah vitamin, tanaman ini juga diperlukan dalam beberapa jenis masakan untuk menambah cita rasa masakan tersebut. Oleh sebab itu, alangkah senangnya jika Anda bisa mengonsumsi tomat dari hasil panen tanaman Anda sendiri. Sehingga Anda tidak perlu lagi membelinya di pasar.

Untuk menanam tomat dalam media pot ini tidak terlalu sulit. Pertama sekali Anda harus menentukan lokasi tanaman pot di halaman rumah Anda yang terpapar sinar matahari langsung selama tidak kurang dari enam jam. Pilih pot dengan diameter 40 cm dan bibit tanaman yang berkualitas baik. Karena tanaman buah dalam pot ini cukup rentan terhadap hama, maka siapkanlah media tanam dengan baik.

Siram tanaman secara rutin dan basmi hama yang mengganggu, agar pertumbuhan tanaman ini bisa berkembang dengan baik. Hasilnya bisa Anda gunakan untuk kebutuhan masak sehari-hari.

Jeruk

Tak hanya tomat, Anda juga bisa merasakan buah jeruk hasil tanaman Anda sendiri. Untuk dapat menanam jeruk dalam pot, pertama sekali Anda harus memilih pot dari plastik, tanah liat, atau porselen. Kemudian, masukkan tanah yang telah dicampur pupuk ke dalam pot.

Baca Juga  3 Peluang Usaha Modal Kecil Dengan Untung Besar

Selanjutnya, semai bibit jeruk dan tempatkan pot pada halaman rumah yang terkena sinar matahari. Siram tanaman jeruk secara rutin dalam jumlah yang secukupnya saja.

Alpukat

Tanaman buah dengan ukuran pohon besar ini juga bisa Anda kembangbiakkan dalam media pot. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir jika tak memiliki lahan yang luas untuk menanamnya. Kini, Anda bisa menikmati buah tropis yang lezat ini hanya dengan menanamnya di dalam pot.

Pertama sekali, rendamlah biji alpukat hingga menjadi kecambah. Kemudian pindahkan kecambah ke dalam media tanam. Siram tanaman secara rutin hingga tumbuh dengan baik. Alpukat baru bisa dipanen setelah berusia 3 hingga 4 tahun atau lebih.

Belimbing

Tanaman tropis yang satu ini bisa tumbuh bercabang-cabang bahkan mencapai ketinggian 5 meter. Untuk menjadikan belimbing sebagai tanaman buah dalam pot dengan hasil panen memuaskan, pilihlah pot berdiameter 30 hingga 50 cm.

Meski perawatan tanaman belimbing cukup mudah, tetapi Anda harus menggunakan media tanam dari tanah yang gembur dan cenderung ringan. Sebab, tanah seperti itu memiliki daya serap air yang cukup untuk pertumbuhan pohon belimbing.

Semangka

Anda mungkin tak menyangka jika tanaman merambat dengan buah berukuran besar ini bisa ditanam pada media pot. Anda bisa membuat tanaman semangka tumbuh vertikal di dalam pot. Pilihlah pot dengan diameter 60 cm. Kemudian semai bibit semangka dan letakkan pot pada area yang mendapat sinar matahari.

Tempatkan tanaman pot ini di dekat pagar rumah atau teralis. Sokongan dari pagar tersebut akan membantu perambatan pohon semangka tumbuh secara vertikal.

Demikianlah jenis-jenis tanaman buah dalam pot yang bisa Anda kembangkan tanpa perlu lahan atau areal yang luas. Dengan begitu, Anda bisa menikmati hasil panen buah sendiri tanpa harus membelinya di pasar. Semoga bermanfaat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 komentar

News Feed