penyebab mata bintitan

Penyebab, Obat dan Cara Mengobati Bintitan dengan Efektif

Obat Bintitan – Mata bintitan tidak terjadi karena anda sering mengintip, hal itu hanyalah mitos belaka. Sementara mata bintitan atau hordeolum seringkali terjadi karena tertutupnya permukaan kulit di sekitar mata yang biasa melembabkan dan melemaskan mata, atau karena bakteri staphylococcal.

Kedua penyebab mata bintitan ini sangat berbeda, obat bintitan dan cara mengobatinya juga sangat berbeda. Apabila yang pertama, benjolan karena penyumbatan bisa sembuh secara natural, yang kedua, dengan bakteri akan membuat nanah di dalam benjolan.

Kedua benjolan tersebut berbentuk kecil yang seringkali mengganggu aktifitas karena terhambatnya pengelihatan. Baik karena terhambatnya permukaan kulit, ataupun karena bakteri, keduanya bisa terjadi pada semua orang, di semua umur.

Di zaman sekarang yang serba mudah, obat bintitan bisa dicari apotik, baik online ataupun tidak, atau dibuat secara natural beserta perawatan sederhana.

Penyebab Bintitan Secara Umum

Saluran Kelencar Tersumbat

Penyebab bintitan pertama tertutupnya permukaan kulit yang spesifiknya di saluran kelenjar kelopak mata seharusnya mengeluarkan cairan berminyak yang bisa masuk ke air mata untuk mencegah dehidrasi mata.

Kelenjar minyak yang tidak tersalurkan dengan baik akan merangsang sistem pertahanan tubuh natural untuk mengatasinya dengan membuat benjolan di mata.

Hal ini disebut Chalazia, Chalazia berkembang dan bisa sembuh selama seminggu atau sebulan. Dan berbentuk bulat, mulus, dan keras akibat reaksi sistem pertahanan tubuh dan kelenjar minyak kelopak mata.

bakteri

Bakteri

Yang kedua adalah karena bakteri, bakteri staphylococcal sebenarnya adalah bakteri yang tidak berbahaya. Hidup bersama bakteri lainya di permukaan kulit manusia, dan memakan sisa-sisa sel dan kulit mati.

Seringkali menyebabkan jerawat lembut karena aktifitas membersihkan kulit mati tersebut. Maka dari itu, apabila aktifitas tersebut terjadi di sekitar mata, maka akan menyebabkan resiko mata bintitan.

Iritasi akibat bakteri ini bisa terjadi di luar atau di balik kelopak mata, keduanya berbentuk menjadi pembengkakan berbentuk benjolan kecil berwarna merah yang menyakitkan.

Apabila tidak ditangani dengan cepat maka benjolan tersebut bisa membesar dan berisi nanah didalamnya, sehingga harus dibuka dan dikeringkan dengan operasi kecil.

Bakteri yang dibawa oleh 20-30% populasi di dunia ini, akan lebih mudah berpindah ke mata apabila dibantu oleh pergerakan manusia sendiri, seperti mengucek mata, atau berada di tempat yang udaranya tidak bersih.

Solusi pencegahan paling awal untuk kedua penyebab bintitan diatas adalah menjaga kebersihan badan, secara minimal sering-sering mencuci tangan, ditambah dengan mengelap muka dengan air bersih. Sejak tahun 1847, mencuci tangan terbukti mencegah berbagai macam penyakit, termasuk mata bintitan.

alergi mata bintitan

Alergi

Mungkin anda sering mendengar bahwa mata bintitan juga sering terjadi akibat konsumsi telur yang berlebih, ataupun susu. Hal ini tidaklah valid untuk semua orang, karena yang menyebabkan mata bintitan akibat kedua konsumsi tersebut lebih cenderung pada alergi personal.

Baca Juga:  Cara Ngusir Semut Yang Efektif dan Mudah Dilakukan

Tetapi terdapat kemungkinan penumpukan lemak dari telur yang bisa menyebabkan peradangan steril, walaupun untuk selama ini, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa telur ataupun susu bisa menjadi penyebab mata bintitan.

Untuk orang Indonesia yang tidak familiar mengkonsumsi susu pagi-pagi ataupun telur setiap hari, bisa terdapat kecendrungan untuk alergi, karena kedua zat tersebut merupakan protein hewani yang keras.

Jangan khawatir karena mata bintitan tidak menular. Tetapi bakteri ini juga bisa terbang bersama angin, apabila tidak menjaga kebersihan, bisa terjadi kemungkinan untuk bakteri ini membuat radang juga.

Untuk kedua sebab diatas terdapat cara mengobati mata bintitan yang berbeda-beda disertai dengan obat bintitan yang berbeda cara pula. Obat tersebut bisa dilihat dibawah ini.

Cara Mengobati Mata Bintitan Alami

1. Pembersihan berkala

bersih berkalaBersihkan tangan anda sebelum makan dan sebelum memegang muka merupakan salah satu cara mengobati mata bintitan yang termudah. Pastikan bahwa tangan anda bersih karena bakteri paling banyak terdapat di tangan.

Muka anda merupakan kulit yang sensitif, dan kulit sekitar mata juga daerah yang lebih sensitive dari yang lainnya. Maka dari itu menjaga agar muka dan tangan anda bersih sangat berpengaruh pada pencegahan penyebaran bakteri yang lebih banyak.

Gunakan sabun yang ringan untuk membersihkan kelopak mata, seperti sabun bayi, atau tisu basah. Untuk tangan anda bisa menggunakan berbagai jenis alkohol ataupun sabun biasa untuk membunuh semua bakteri yang tidak diinginkan. Jangan gunakan zat-zat yang keras seperti alkohol ataupun sabun kimia pada luka terbuka, karena bisa menyebabkan iritasi juga.

kompres2. Kompres Hangat

Bintitan biasanya sembuh dan mongering sendiri, tetapi jika anda lebih memilih untuk pengeringan yang lebih cepat, anda bisa menggunakan kompres hangat.

Gunakan kain bersih, kemudian basahi dengan air hangat. Peras sampai tidak ada air lagi yang menetes, kemudian taruh secara perlahan diatas bintitan. Anda bisa melakukan hal ini berkali-kali dalam sehari, selama 10 sampai 15 menit tiap kali.

Dengan tiap sesi mengompres mata anda, anda bisa membasahi dan mengeringkan kembali kain bersih anda agar tetap hangat. Pastikan kompres anda hangat, bukan panas, karena kompres panas bisa menyebabkan iritasi lain yang lebih perih.

3. Tidak menggunakan kontak lens atau make-up

make upUntuk anda yang biasa menggunakan kontak lens, mungkin akan merasa bermasalah dengan menggunakan alternatif kacamata. Karena tidak praktis dan gaya. Tetapi kontak lens sangat beresiko untuk terkontaminasi bakteri yang menjadi penyebab bintitan.

Baca Juga:  Penyebab dan Cara Mengatasi Buang Air Besar Keluar Darah

Bahkan lebih baik jika anda membuang kontak lens lama anda, dan mengganti dengan yang baru. Kontak lens disarankan tidak dipakai berulang-ulang karena pernggunaan yang dekat dengan organ juga.

Selain itu buang make-up mata anda yang sudah lama, seperti maskara. Karena bakteri juga bisa tumbuh pada make up yang kadaluarsa. Jangan pula menggunakan make-up waktu tidur, karena membuka kesempatan untuk bakteri berkembang biak dan membuat lebih banyak iritasi pada muka.

4. Biji ketumbar

Selain untuk bumbu, anda juga bisa menggunakan biji ketumbar sebagai obat bintitan. Rebus biji ketumbar dan saring. Lalu setelah dingin, gunakan cairanya untuk membersihkan mata. Biji ketumbar mempunyai properti antibakterial, sehingga bisa mengurangi perih dari bintitan.

teh hijau

5. Teh hitam atau teh hijau.

Seperti pengompresan air hangat, anda bisa menggunakan kantung teh yang hangat (dan sudah diperas) untuk cara mengobati mata bintitan. Terutama kantung teh hitam sangat sempurna untuk mengurangi perih dari kemampuan antibakterialnya.

Selain itu teh hijau yang baik untuk segala macam kesehatan juga bisa mengurangi peradangan juga. Kantung teh harus lembab tetapi tidak basah dan tidak kering pula. Kompres mata anda selama 5 sampai 10 menit, dan gunakan kantung teh yang baru setiap penggunaan.

6. Timun atau kentang

Sesuatu yang dingin sangat melegakan untuk bintitan. Bukan es, tetapi timun ataupun kentang bisa menenangkan peradangan dan menyediakan kelembaban yang diperlukan untuk penyembuhan bintitan.

Cukup potong timun atau kentang yang masih segar dan dingin dengan tipis-tipis, dan kompres mata anda selama sekitaran 10 menit sebagai alternative obat bintitan.

Dan perlu diingat untuk tidak menutup bintitan anda dalam waktu yang lama kecuali dari resep dokter. Karena bisa menyebabkan bakteri lain tumbuh atau membuat bintitan tidak kering-kering.

 cara mengobati mata bintitan

Cara Mengobati Mata Bintitan dengan Obat Apotik

1. Cendo Gentamycin

Tidak hanya bintitan saja yang bisa diobati Cendo Gentamycin. Konjungvitis, blefaritis, atau keratokonjungvitis juga bisa dipaparkan pada mata. Obat salep ini tidak membuat perih mata, tetapi disarankan harus menggunakan atas konsultasi dari dokter. Obat ini tidak efektif untuk infeksi apapun selain bakteri, dan tidak bisa digunakan dalam jangka panjang. Satu tube salep mata Cendo gentamycin dihargai sekitar Rp 40,000,00.

2. Erlamycetin

Selain Cendo Gentamycin, obat salep lain yang patut diperhitungkan sebagai obat bintitan adalah Erlamycetin. Bisa didapat di minimart terdekat dan apotik terdekat seharga Rp, 8000,00, merupakan harga yang relative murah untuk obat bintitan. Ukuran sebesar tiga gram, bisa dioleskan pada mata yang sakit 3-4 kali sehari. Apabila dalam 15 hari belum sembuh, maka dianjurkan bertemu dengan dokter.

Baca Juga:  Apa Saja Manfaat Susu Beruang untuk Kesehatan Kita?

3. Cendoxitrol

Salah satu obat bintitan berbentuk tetes mata yang favorit adalah cendoxitrol. Delapan tetes mata dalam satu pak Cendoxitrol berwarna kuning banyak dijual di apotik terdekat. Disarankan menggunakan dengan resep dokter, dan tidak menggunakan lensa kontak.

Satu pak Cendoxitrol seharga sekitar Rp, 35,000,00 rupiah, tetapi tidak disarankan untuk ibu hamil atau menyusui. Didalamnya terdapar kombinasio antiobiotik antara polimisina dan neomisina, serta obar kortikosteroid. Keduanya berfungsi untuk menyembuhkan dan meredakan peradangan akibat bintitan.

4. Amoxcillin

Selanjutnya setelah obat mata salep dan tetes mata, maka perlu diperhitungkan pula obat tablet yang ditelan. Amoxcillin digunakan untuk pereda nyeri, biasanya untuk obat sakit gigi atau sakit kepala. Obat ini merupakan antibiotik, dan harus diminum dengan dosis terbatas. Karena bisa berdampak buruk pada kestabilan tubuh dan perkembangan tubuh.

5. Ciprofoxacin

Terakhir adalah Ciprofloxacin yang juga hampir sama dengan Amoxiciliin. Obat ini berguna untuk mencegah dan mengobati rasa nyeri akibat mata bintitan. Dosis 350 gram, bisa digunakan selama 3 hari untuk 3 kali sehari.

Selain untuk obat bintitan. Ciprofoxavin juga berguna untuk mengbati infeksi pada saluran pencernaan dan juga saluran pernafasan. Obat yang multiguna ini diterbitkan oleh Dr. Reddys dan bisa didapat di apotik terdekat.

Apabila obat-obat bintitan diatas tidak membuat anda sembuh, lebih baik anda langsung ke dokter untuk pengobatan yang lebih lanjut. Jangan pernah memencet ataupun meletuskan bintitan sendiri, karena bintitan tidak seperti jerawat. Bahkan jerawat yang diletuskan bisa membuat lubang, apalagi bintitan di mata.

Selain itu terdapat beberapa tanda jelas gejala-geala anda harus ke dokter. Tanda-tanda tersebut adalah; kedua tipe pembengkakan tidak mereda setelah beberapa minggu, pembengkakan kelopak mata mengganggu pengelihatan anda, mata anda sakit, dan bintitan anda terjadi berulang-ulang.

Bintitan yang terjadi berkala menandakan bahwa adanya kemungkinan masalah kulit yang kronis. Demikian beberapa cara untuk menyembuhkan mata bintitan, baik dari obatnya maupun cara pengobatanya.

Semoga cara-cara diatas bisa mencegah serta mengobati mata anda, atau kerabat anda yang sakit akibat bintitan. Jangan malu karena bintitan banyak dialami oleh siapapun.

Salam kesehatan dan selalu cuci tangan karena bakteri banyak berada di tangan dan penyebaran paling mudah dari tangan.

(Visited 149 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *