apa itu leukimia

Penyebab, Gejala & Ciri-Ciri Penyakit Leukimia

Posted on

Leukimia atau kanker darah seringkali menjadi salah satu penyebab kematian di dunia. Jenis kanker yang satu ini bisa menyerang siapapun, termasuk anak-anak.

Jenis leukimia pun bisa berbeda-beda, termasuk penyebabnya. Ada yang disebabkan karena keturunan genetika, rokok, pola makan yang buruk, atau hal lainnya. Tak hanya itu, gejala serta ciri-ciri leukimia juga bisa berbeda-beda setiap orang.

Mengetahui gejala leukimi sejak dini merupakan hal yang penting. Pasalnya, jika dibiarkan dan tidak segere dilakukan pengobatan, leukimia bisa menjadi semakin buruk menjadi stadium akhir, bahkan hingga menyebabkan kematian.

Apa Itu Leukimia?

penyebab leukimiaBeberapa dari Anda mungkin tidak terlalu paham apa itu leukimia dan mengapa penyakit ini berbahaya bagi tubuh. Leukimia merupakan kanker darah yang menyerang sumsum tulang belakang. Kanker ini juga sering disebut juga sebagai kanker sel darah putih dimana menghambat produksi sel darah yang dihasilkan sumsum tulang belakang.

Seperti yang kita ketahui, sel darah putih sangatlah penting bagi kekebalan tubuh kita. Sel darah putih bertugas melindingi tubuh dari penyakit dan virus. Bisa dibilang sel darah putih merupakan sel terpenting dalam sistem imun kita.

Dalam kondisi normal, sumsum tulang belakang akan memproduksi sel darah putih dalam jumlah normal. Namun, saat terserang leukimia, nantinya sumsum tulang belakang yang terbentuk akan melebihi jumlah normalnya.

Anda mungkin berpikir meningkatnya jumlah sel darah putih yang terbentuk, maka sistem kekebalan tubuh kita akan semakin kebal. Namun, hal ini tentunya salah karena sel yang terbentuk merupakan sel abnormal, sehingga fungsinya pun berbeda dari sel normal.

Banyaknya jumlah sel darah putih yang terbentuk membuat sel menumpuk di sumsum tulang belakang. Hal ini kemudian membuat sel sehat di tubuh kita menjadi berkurang. Sel abnormal ini tak hanya mematikan sel sehat pada tubuh kita, tetapi juga menyerang organ lain seperti ginjal, otak, hati, limpa, tulang belakang, atau paru-paru.

Oleh karena itu, jika dibiarkan saja, kanker yang di derita bisa menjadi kanker stadium akhir dan sulit untuk diobati. Jadi, ada baiknya selain Anda mengetahui apa itu leukimia, ketahui juga penyebab leukimia, gejala, ciri-ciri, dan jenisnya.

gejala leukimia

Jenis-Jenis Leukimia

Membahas tentang leukimia, ada beberapa jenis leukimia yang harus Anda ketahui. Leukimia sendiri dibedakan menjadi leukimia stadium awal, akut, serta kronis.

Pertumbuhan sel darah putih yang sangat cepat bisa membuat sel abnormal tersebut menyebar dan menyerang ke organ dan sel sehat lain melalui aliran darah.

Untuk itu, jika dibiarkan saja, tubuh bisa kekurang sistem imun dan oksigen. Akibatnya, kematian bisa saja terjadi pada Anda. Sebelum mengatahui penyebab dan gejala leukimia, berikut simak empat jenis leukimia yang sering terjadi pada manusia.

Baca Juga:  Apa Itu Herpes dan Bagaimana Pengobatannya

1. Leukimia Mielogen Akut

Acute Myelogenous Leukimia (AML) merupakan kanker yang sering terjadi pada orang dewasa. Tapi, kanker ini juga bisa saja menyerang anak-anak dan juga remaja. AML memproduksi sel meloid yang abnormal yang bisa menyumbat pembuluh darah Anda.

2. Leukimia Mielogen Kronis

Chronic Myelogenous Leukemia (CML) sering menyerang orang berusia lebih dari 20 tahun. CML terbagi dalam dua tahap. Di tahap pertama, sel abnormal biasanya akan terus berkembang perlahan. Setelah itu, di tahap kedua jumlah sel abnormal akan terus meningkat dan menyerang tubuh.

3. Leukimia Limfotik Akut

Acute Lymphocytic Leukimia (ALL) biasanya lebih sering menyerang anak-anak. ALL bisa menghambat kerja limfosit yang menyebabkan pasien mengalami infeksi.

4. Leukimia Limfotik Kronis

Chronic Lymphocytic Leukimia (CLL) hanya menyerang orang dewasa. CLL biasanya baru dapat terdiagnosa saat sudah memasuki stadium lanjut. Hal ini dikarenakan pasien belum merasakan gejala saat awal.

ciri-ciri leukimia

Pahami Gejala Leukimia

Penyebab leukimia umumnya beragam. Setiap orang bisa mengalami gejala yang berbeda-beda, tergantung jenis leukimia yang dialami. Berikut beberapa gejala leukimia umum yang sering dialami.

  • Demam / Menggigil
  • Pusing
  • Sering lelah dan merasa lemas
  • Sering muntah-muntah
  • Berat badan turun
  • Nyeri pada sendi dan tulang
  • Suka berkeringat berlebihan terlebih saat malam hari
  • Sering mengalami pendarahan seperti mimisan dan memar
  • Adanya bengkak pada hati dan limpa
  • Terjadi infeksi serisu
  • Muncul bintik merah di kulit
  • Hilang nafsu makan
  • Sesak napas

Jika Anda atau keluarga memiliki gejala-gejala leukimia tersebut, sebaiknya cepatlah lakukan checkup medis ke dokter. Jangan menunda memeriksakan diri, terlebih jika gejala tersebut sering kambuh.

penyebab penyakit leukemia

Ciri-ciri Leukimia

Sering terjadi Anemia

Anemia merupakan penyakit kekurangan sel darah merah. Anemia juga menjadi ciri-ciri yang muncul pada pengidap leukimia. Hal ini karena sumsum tulang belakang lebih sering memproduksi sel darah putih. Dengan begitu, ciri-ciri penyakit anemia juga sering terjadi pada penngidap leukimia. Ciri-ciri tersebut antara lain: pusing, pucat, sering pingsan, lesu, dan sesak napas.

Sistem Imun Melemah

Sel darah putih berperan penting untuk kekebalan daya tahan tubuh. Pengidap leukimia memiliki beberapa sel darah putih yang abnormal. Ini tentunya merupakan sel yang tidak sehat dan tidak berfungsi seharusnya. Hal ini tentunya membuat sistem imun menjadi lemah dan Anda bisa lebih rentan terinfeksi seperti mengalami deman, diare, flu, dan lainnya.

Terjadi Pembekuan Darah

Cir-ciri leukimia yang lainnya juga bisa dilihat dari keseringan kita mengalami pembekuan darah. Hal ini terjadi karena jumlah trombosit rendah. Trombosit sendiri berperan penting dalam pembekuan darah. Kurangnya trombosit membuat Anda mudah mengalami pendarahan dan memar.

Baca Juga:  Bagaimana Ciri Ciri Keputihan Normal

Mengalami Pembengkakan

Ciri-ciri leukimia juga bisa terlihat dari penampilan fisik antara lain adanya pembengkakan di leher, pangkal paha, atau ketiak. Ini bisa terjadi karena sel abnormal menyebar hingga kelenjar getah bening.

tanaman penyebab leukemia

Penyebab Leukimia

Penyebab leukimia bisa karena banyak hal seperti faktor keturunan, lingkungan, pola hidup dan lainnya. Berikut beberapa faktor penyebab leukimia yang sering terjadi.

1. Faktor Genetika

Leukimia bisa disebabkan karena faktor keturunan. CLL biasanya lebih rentan terjadi pada pria. Sedangkan, untuk leukimia akut biasanya lebih sering menyerang para down syndrome. Tak hanya, jika keluarga Anda ada yang mengidap leukimia, risiko Anda mengalami leukimia pun semakin besar. Jadi, jika keluarga Anda ada yang mengidap leukimia, sebaiknya segeralah lakukan pemeriksaan apakah Anda ada keturunan genetik leukimia atau tidak.

2. Merokok

Merokok juga bisa meningkatkan risiko terkena kanker, termasuk leukimia. Meskipun begitu, hanya beberapa saja yang mengidap leukimia karena kanker. Biasanya rokok lebih sering menyebabkan kanker paru-paru, jantung, dan lainnya.

radiasi3. Terkena Radiasi atau Zat Kimia

Beberapa orang yang pernah mengalami kecelakaan biasanya berhubungan dengan zat kimia atau reaktor nuklir. Ini ternyata bisa meningkatkan risiko kanker darah.

Dari ketiga faktor diatas, adanya juga tanaman penyebab leukemia yaitu tanaman dolar. Konon, tanaman ini memicu terjadinya leukimia, bahkan bisa mematikan. Namun, ternyata hal ini hanya merupakan hoax belaka.

Di tahun 2016, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia mengatakan bahwa tanaman dolar bukan tanaman penyebab leukimia. Zat oksalat pada tanaman ini hanya menimbulkan efek samping seperti gatal dan iritasi pada kulit sensitif. Tanaman ini memang bisa menjadi beracun jika tertelan, namun tidak sampai menyebabkan kanker darah.

Isu mengenai tanaman dolar bisa memicu sel kanker memang sempat heboh pada Desember 2015, bahkan hingga ke Malaysia. Kabar tentang tanaman penyebab leukimia ini kemudian dimuat di beberapa media.

Namun, Prof Gizan yang merupakan Dekan Fakultas Pertanian di Universitas Putra Malaysia member penjelasan bahwa tidak pernah ada penelitian yang membuktikan bahwa tanaman dolar pemicu kanker ataupun tanaman penyebab leukimia. Malahan, dengan menanam tanaman dolar, Anda bisa menangkal karbon monoksida (CO), karbondioksida (CO2), dan polusi serta radikal bebas lainnya.

pengobatan terhadap leukimia

Cara Mengatasi Leukimia

Bagi Anda yang telah didiagnosa mengidap kanker sel darah putih, jangan dulu khawatir. Berkembangnya teknologi dan alat medis saat ini membuat pengobata untuk leukimia juga menjadi beragam. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan jika mengidap leukimia.

Kemoterapi

Cara ini merupakan pengobatan paling sering yang dilakukan pengidap leukimia. Kemoterapi biasanya menggunakan zat-zat kimia yang bisa membunuh sel darah putih yang abnormal.

Baca Juga:  Timbulnya Penyakit Kulit Herpes

Transplantasi Sel / Stem Cell

Stem cell merupakan penggantian sumsum tulang belakang yang sudah tidak berfungsi dengan baik. Sumsum tulang belakang nantinya akan diganti dengan yang baru dan sehat. Untuk melakukan stem cell biasanya menggunakan sel induk dari tubuh Anda atau dari pendonor. Sebelum melakukan transplantasi biasanya dilakukan kemoterapi terlebih dahulu.

Radioterapi

Radioterapi adalah pengobatan dengan menggunakan sinar X untuk mematikan sel abnormal. Ini dilakuka untuk menghambat pertumbuhan sel abnormal agar tidak menyebar ke organ lain.

Terapi Biologis

Terapi ini dilakukan biasanya untuk meningkatkan sistem imun Anda agar bisa mengenali dan mematikan sel-sel abnormal pemicu kanker.

Terapi Terfokus

Berbeda dengan terapi biologi, terapi terfokus dilakukan khusus untuk menyerang bagian-bagian tertentu saja, yaitu bagian tubuh atau organ yang rentan dengan sel kanker.

Pengawasan Berkala

pengawasanPengawasan sangat sekali penting bagi pengidap CLL. Mereka biasanya harus diawasi dan diamati bagaimana perkembangan penyakitnya, apakah membaik atau menjadi semakin parah. Terapi ini biasanya hanya dilakukan saat seseorang sudah benar-benar didiagnosa memiliki CLL.

Leukimia atau sel kanker darah memang merupakan salah satu penyakit yang berbahaya. Tak hanya bisa membuat tubuh kita menjadi lemah dan gampang sakit, sel darah abnormal yang menyebar juga bisa menyerang organ vital pada tubuh.

Akibatnya, organ tubuh tidak bisa berfungsi dengan sangat baik. Untuk itu, saat Anda telah mengetahui gejala dan ciri-ciri diatas, sebaiknya cepat periksakan diri ke dokter. Jangan menunggu kondisi Anda memburuk terlebih dahulu.

Sel kanker bisa berkembang dengan sangat cepat dan menyebar dalam waktu kilat. Lakukanlah kemoterapi, radioterapi, atau pengobatan lainnya jika Anda telah positif mendapat diagnosa leukimia.

Jangan biarkan penyakit ini begitu saja. Penyakit leukimia yang dibiarkan bisa merenggut fungsi tubuh Anda, bahkan hingga nyawa Anda sendiri.

Selain itu, mulailah untuk selalu hidup sehat mulai dari sekarang seperti makan makanan sehat, olahraga, berhenti merokok, dan lainnya. selain mencegah kanker, gaya hidup sehat tentu bisa membuat tubuh Anda jauh lebih segar dan fit.

Menjaga tubuh tetap sehat dan mencegah kanker jauh lebih baik dari pada mengobati.

(Visited 15 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *