oleh

Penyebab dan Cara Mengobati Kucing Flu Secara Benar

-info-19 views

Penyebab dan Cara Mengobati Kucing Flu – Kucing adalah salah satu hewan yang paling sering di jumpai dan bahkan jadi salah satu hewan peliharaan paling favorit. Banyak orang yang memilih untuk memelihara kucing dengan berbagai alasan, misalnya untuk menghilangkan stress karena memang kucing adalah hewan yang sangat lucu dan menggemaskan.

Bagi kamu yang memelihara kucing sudah lama, tentu tidak akan bingung bagaimana cara mengatasi setiap penyakit yang di derita  kucing, salah satunya adalah flu. Tapi beda halnya buat kamu yang masih awam, tentu akan sangat kebingungan mengatasi flu pada kucing. Nah, untuk itulah di artikel kali ini akan di ulas penyebab dan cara mengobati kucing flu.

Penyebab dan Cara Mengobati Kucing Flu

Sama seperti hewan peliharaan lainnya, kucing juga memiliki beberapa penyakit yang mungkin akan di derita. Salah satu penyakit yang sering di alami oleh ucing adalah flu. Sebenarnya kamu bisa membawa kucing yang sakit flu ke pet shop. Tapi jika kamu ingin mengobatinya sendiri juga bisa. Berikut ini penyebab dan cara mengobati kucing flu yang perlu kamu ketahui.

Penyebab Kucing Flu

Sebelum ke pembahasan bagaimana cara menyembuhkan kucing yang flu. Ada baiknya kamu tau dulu apa saja penyebab kucing menderita penyakit flu. Agar nantinya kamu bisa melakukan pencegahan.

1.Daya Tahan Tubuh

Ini adalah faktor yang paling sering terjadi. Karena jika daya tahan tubuh kucing sedang menurun kucing bisa terkena penyakit flu. Atau baka penyakit lainnya yang umum di jumpai pada kucing.

2.Virus

Virus juga jadi salah satu faktor yang menyebabkan kucing terserang penyakit. Hasil riset mengatakan bahwa kucing tererang penyakit flu akibat dari inveksi vrus herpes (feline herpesvirus) dan cacilivirus (FCV).

Baca Juga  Tips Make Up Tahan Lama Seharian Tanpa Perlu Touch Up

3.Bakteri

Bakteri juga jadi salah satu penyebab mengapa kucing terkena flu. Bakteri bernama Chlamydophila Felis dan Bordetella Bronchiseptica ini juga sering menginfeksi anjing sehingga terserang flu

Cara Mengobati Kucing Flu

Di kutip dari situs Sudut Hewan, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan sebagai pemilik hewan dalam menyembuhkan kucing yang terserang penyakit flu. Berikut ini tips bagaimana cara mengobati kucing flu.

1.Jemur di Bawah Sinar Matahari

Jika kucing milikmu mengalami flu, maka kamu bisa menjemurnya di bawah sinar matahari pagi. Di sarankan jangan menjemurnya terlalu siang, karena radiasi sinar UV yang di pancarkan dari matahari juga kurang baik untuk kucing. Kamu bisa menjemurnya di antara waktu jam 8 sampai 9 pagi.

2.Jangan Memandikan Kucing

Penyakit flu pada kucing dan manusia sebenarnya hampir sama, yakni bisa sembuh sendiri tanpa mengkonsumsi obat. Tapi ini hanya berlaku pada kucing dewasa yang punya kekebalan tubuh lebih baik daripada anak kucing. Maka dari itu, untuk anak kucing yang terkea flu sebaiknya hindari memandikannya karena itu akan berdampak pada proses penyembuhan yang lebih lama.

3.Berikan Suplemen Multivitamin

Sama seperti manusia, kucing juga membutuhkan asupan suplemen multivitamin. Fungsi dari suplemen ini adalah sebagai penunjang proses penyembuhan. Selain itu, kamu juga bisa memberikan sumpelen multivitamin secara rutin agar nantinya si kucing tidak mudah terserang penyakit.

Nah, itu tadi adalah beberapa penyebab dan cara mengobati kucing flu yang perlu kamu ketahui. Jika memang penyakit flu yang di derita kucing sudah terlalu parah, ada baiknya kamu mengunjungi dokter hewan. Karena di tangan yang lebih ahli kucing kamu bisa mendapatkan perawatan yang lebih maksimal.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed