gerd adalah

Penyakit GERD Adalah Penyakit Yang Menyerang Apa?

Posted on

Penyakit GERD adalah singkatan dari Gastroesophageal Reflux Disease dan merupakan masalah yang cukup umum terjadi di masyarakat. Kondisi ini terutama disebabkan karena naiknya asam lambung ke arah esofagus dan menimbulkan rasa nyeri pada bagian ulu hati serta sensasi terbakar pada dada.

Esofagus sendiri dikenal sebagai kerongkonan dan merupakan salah satu bagian dari saluran pencernaan, terutama adalah sebagai penghubung antara lambung dengan mulut.

Penyebab GERD

Penyebab terjadinya penyakit GERD adalah tidak berfungsinya LES atau Lower Esophageal Sphincter. LES merupakan lingkaran otot yang ada di bagian bawah esofagus. LES memiliki fungsi sebagai pintu otomatis di mana ia akan terbuka saat makanan ataupun minuman turun ke dalam perut.

Jika makanan sudah masuk, maka LES akan tertutup guna mencegah masuknya asam dan makanan dalam perut agar tidak naik lagi ke esofagus.

LES yang longgar atau tidak menutup secara baik akan membuat asam lambung keluar dar dalam perut dan mengakibatkan penyakit asam lambung. Penyebab lainnya adalah kelebihan berat badan serta keadaan hamil ataupun konsumsi makanan yang kandungan lemaknya tinggi.

Gejala GERD yang seringkali dirasakan ilaah nyeri atau rasa terbakar pada bagian dada serta ulu hati. Akibatnya, akan ada rasa tidak nyaman saat kita tengah mengonsumsi makanan. Bagian kerongkongan dan mulut juga akan teras tidak nyaman.

Diagnosis GERD

penyakit gerdGuna melakukan diagnosis pada penyakit asam lambung atau GERD, dokter akan menanyakan gejala yang dialami. Penelitian lebih lanjut dapat dilakukan guna memastikan diagnosis dapat dilakukan menggunakan prosedur endoskopi. Endoskopi merupakan alat yang dinamakan endoskop.

Dalam proses ini akan digunakan tabung fleksibel yang panjang serta lampu dan juga kamera di bagian ujungnya. Alat ini dimasukkan dalam mulut guna melihat apa penyebab naiknya asam lambung dan untuk memeriksa apakah ada luka dalam dinding esofagus.

Baca Juga:  4 Penyakit Pada Sistem Reproduksi Yang Wajib Diwaspadai

Diagnosis GERD adalah bisa dilakukan di rumah sakit atau klinik lewat pengamatan lebih lanjut. Pemeriksaan lebih lanjut terutama akan dibutuhkan apabila gejala GERD tidak kunjung membaik setelah beberapa waktu.

Pengobatan GERD

Pengobatan asam lambung atau GERD akan melalui beberapa tahapan. Cara paling awal dalam pengobatan GERD adalah dengan mulai mengganti menu makanan yang dikonsumsi tiap hari. Beralihlah ke menu makanan yang bergizi dan juga rendah lemak.

Akan tetapi apabila perubahan menu ini tidak membuahkan hasil, maka cara lain yang bisa ditempuh adalah dengan menggunakan obat-obatan khusus yang bisa meredakan gejala asam lambung yang dirasakan.

Apabila pengobatan menggunakan obat-obatan ini tetap tidak membuahkan hasil, maka langkah yang bisa diambil adalah operasi guna mengatasi GERD. Pemberian dosis obat dalam jangka panjang juga bisa dilakukan untuk penderita yang mengalami penyakit asam lambung kambuhan.

Komplikasi Penyakit GERD

Komplikasi yang dapat terjadi akibat penyakit asam lambung atau GERD adalah esofagitis. Esofagitis merupakan inflamasi atau peradangan yang terjadi pada bagian dinding esofagus.

Pada kasus penyakit esofagitis yang telah parah, penderita dapat menderita kesulitan menelan karena adanya tukak. Tukak ini terjadi karena karena adanya erosi pada dinding esofagus sehingga terjadi luka. Pada kasus tukak yang sudah lebih parah, dapat terjadi penyakit kanker esofagus.

Demikian adalah pengertian mengenai penyakit GERD, penyebab, diagnosis, pengobatan yang harus dilakukan hingga komplikasi yang dapat terjadi. Semoga uraian di atas dapat bermanfaat terutama bagi kita dalam mengenali penyakit yang sering melanda sehari-hari.

(Visited 30 times, 1 visits today)

Baca Juga:  Mengenal Apa Itu Penyakit Radang Panggul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *