obat gusi bengkak

Obat Untuk Gusi Bengkak: Medis dan Tradisional

Posted on

Masalah kesehatan gigi dan mulut memang sering dihadapi banyak orang. Ada berbagai macam masalah yang sering dihadapi seperti gusi bengkak. Dalam kondisi ini gusi akan mengalami pembengkakan yang disebabkan oleh berbagai faktor misalnya kurangnya menjaga kesehatan gigi dan mulut atau mungkin efek gigi sakit dan lainnya.

Karena hal ini tentu saja akan sangat menyiksa maka obat untuk gusi bengkak pun sebaiknya dikonsumsi untuk meredakan pembengkakan yang terjadi.

Bicara mengenai obat yang bisa dikonsumsi, dalam hal ini ada dua kategori obat yang dapat dipilih yaitu obat medis dan tradisional. Tentu saja hal utama yang membedakan keduanya ialah bahan dasar obat tersebut. Untuk info yang lebih lengkap mengenai hal tersebut maka simak saja ulasannya sebagai berikut.

Obat Medis

Jenis obat untuk yang pertama ialah obat medis. Obat yang satu ini terbuat dari bahan kimia yang diracik oleh para pharmacist. Para penderita bisa dapatkan obat tersebut setelah datang ke dokter atau membelinya di apotek. Efek obat yang cepat membuat banyak orang memilih obat medis saat gusi membengkak.

Asam Mafenamat

Obat yang sering diberikan kepada pasien adalah asam mafenamat. Fungsinya sendiri ialah sebagai penghilang rasa sakit yang diakibatkan karena gusi membengkak. Mengenai dosis yang dianjurkan ialah 500 mg untuk setiap minum obat.

Clindamycin

Obat untuk gusi bengkak lainnya yaitu clindamycin. Biasanya para penderita disarankan untuk minum obat yang satu ini dengan dosis 150 mg sekali minum 3 kali sehari.

Dexamethasone

Dexamethasone menjadi obat medis lain yang dapat digunakan untuk atasi gusi bengkak. Karena tergolong obat yang cukup keras maka penderita tidak disarankan mengkonsumsinya melebihi batas anjuran yaitu 0,5 mg sekali minum. Diminum 3 kali sehari obat ini berfungsi untuk mencegah terlepasnya sel yang menjadi penyebab gusi yang membengkak.

Baca Juga:  Manfaat Senam Kegel Pria & Cara Latihan Kegel untuk Pria

Ibuprofen

Selain itu ibuprofen pun bisa atasi gusi yang membengkak dengan fungsi sebagai penghilang rasa sakit dan anti peradangan. Sehingga nantinya bisa mengkonsumsinya untuk mengatasi rasa sakit akibat peradangan gusi.

Obat Tradisional

masalah gusiSelain itu ada juga jenis obat lain yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah gusi yang mengalami bengkak. Berbeda dengan obat medis, bahan alami digunakan dalam obat ini.

Obat untuk gusi bengkak alami atau tradisional bisa menjadi alternatif yang tepat. Bahan alami yang digunakan tentu tidak akan memberikan efek samping bagi kesehatan. Selain itu bahannya pun cukup mudah ditemukan..

Bawang Putih

Terkenal sebagai bumbu masak, bawanh putih ternyata bisa digunakan sebagai obat untuk atasi gusi bengkak. Bahan yang satu ini memang dipercaya ampuh untuk atasi berbagai masalah sakit gigi dan juga gusi.

Adanya kandungan antiseptik dalam bawang putih ini akan membunuh bakteri tersebut. Cara penggunaannya ialah anda haluskan bawang putih dan oleskan di gusi yang bengkak tersebut.

Garam

Selain bawang putih, garam pun bisa menjadi obat tradisional. Bagi yang ingin mencoba gunakan garam sebagai obat untuk gusi yang bengkak, maka anda cukup tambahkan garam ke dalam ait putih dan gunakan sebagai obat kumur 3 kali sehari. Manfaat air garam ini bisa membunuh kuman penyebab gusi bengkak.

Itulah beberapa obat untuk gusi bengkak tradisional yang bisa dipilih. Ada juga berbagai bahan lain seperti minyak cengkeh, bawang merah dan jeruk nipis untuk atasi masalah gusi yang membengkak.

(Visited 11 times, 1 visits today)

Baca Juga:  Penyebab BAB Keluar Darah Serta Cara Mengatasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *