oleh

Manfaat Biji Bunga Matahari yang Jarang Diketahui

Biji bunga matahari atau yang sering di sebut dengan kuaci terbilang cukup populer di Indonesia. Biji bunga matahari seringkali di olah sebagai makanan ringan yang mempunyai rasa gurih dan juga asin. Selain nikmat untuk di jadikan sebagai camilan yang nikmat di kala bersantai, ternyata kuaci juga memiliki banyak sekali manfaat. Tapi sayang masih banyak orang yang belum mengetahui manfaat biji bunga matahari.

Kandungan protein serat, protein dan juga lemak yang ada pada biji bunga matahari dapat mencegah berbagai penyakit serta gangguan pada tubuh. Lalu apa saja manfaat biji bunga matahari? Di artikel kali ini kita akan membahas berbagai manfaat yang ada pada biji bunga matahari.

Manfaat Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari memiliki banyak sekali kandungan di dalamnya. Tentu saja kandungan yang ada di dalam biji bunga matahari memberikan manfaat yang begitu besar untuk kesehatan tubuh. Berikut ini berbagai manfaat jika kamu mengkonsumsi biji bunga matahari.

Menurunkan Kolesterol dan Gula Darah

Salah satu manfaat biji bunga matahari adalah dapat menurunkan tekanan darah, kolesterol serta gula darah. Alasannya karena biji bunga matahari memiliki kandungan vitamin E, protein, magnesium, asam lemak linoleat serta berbagai senyawa yang terdapat pada tanaman.

Antioksidan

Biji bunga matahari memiliki kandungan vitamin E yang sangat tinggi, selain itu ada juga kandungan selenium. Kedua kandungan tersebut memiliki manfaat yang besar untuk melindungi kulit akibat kerusakan yang di timbulkan oleh radikan bebas.

Biji bunga matahari juga jadi sumber yang baik untuk senyawa tanaman yang bermanfaat, termasuk kandungan asam fenolik dan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan. Tak heran jika biji bunga matahari kerap kita jumpai pada produk-produk kecantikan wanita.

Mengurangi Peradangan

Pada dasarnya peradangan adalah sebuah respon alami yang di alami oleh tubuh, Jika peranganan ini terjadi dalam waktu yang singkat maka tidak akan menjadi masalah, namun lain halnya jika peradagan terjadi dalam jangka waktu lama hal ini bisa menyebabkan penyakit kronis.

Baca Juga  Cara Membuat Obat Sakit Gigi Berlubang Secara Alami

Misalnya saja seperti peningkatan kadar protein penanda inflamasi C-reaktif dalam darah serta di kaitkan pula dengan peningkatan risiko penyakit diabetes serta penyakit jantung.

Di dalam sebuah penelitian yang di publikasi oleh NCBI setelah di lakukan riset terhadap 6000 orang dewasa. Di dapatkan hasil jika orang yang memakan biji bunga matahari setidaknya 5 kali dalam seminggu, memiliki kadar C-reaktif 32% jauh lebih rendah di bandingkan orang yang tidak mengkonsumsi biji bunga matahari.

Mengurangi Penyakit Diabetes

Berbagai kandungan yang ada pada biji bunga matahari memberikan efek yang bisa menurunkan kadar gula dalam darah dam diabetes tipe 2 yang sudah di uji dalam berbagai penelitian.

Di dalam sebuah studi orang yang mengkonsumsi setidaknya 30 gram biji bunga matahari setiap hari dapat menurunkan kadar gula darah sekitar 10% setiap 6 bulan. Efek menurunkan gula darah ini di akibatkan adanya kandungan senyawa klorogenat yang ada di tanaman biji bunga matahari.

Mengobati Penyakit Jantung

Seperti yang kita ketahui jika tekanan darah tinggi adalah salah satu penyebab penyakit jantung yang bisa menimbulkan serangan jantung dan bahkan stroke. Kandungan yang terdapat pada biji bunga matahari mampu meredam enzim yang dapat menyumbat pembulu darah. Sebagai dampaknya dalam membuat pembulu darah menjadi rileks dan menurunkan risiko tekanan darah.

Kandungan magnesium yang ada di dalam biji bunga matahari ternyata juga bisa membantu mengurangi tingkat tekanan darah. Selain itu biji bunga matahari juga punya kandungan asal linoleat dan asal lemak tak jenuh yang dapat memproduksi senyawa seperti hormon yang dapat melemaskan pembulu darah. Hebatnya lagi asam ini juga membantu mengurangi kadar kolesterol yang berbahaya untuk tuhub.

Demikianlah pembahasan mengenai apa saja manfaat yang ada di dalam biji bunga matahariyang perlu kamu ketahui. Semoga dengan pembahasan ini kamu jadi lebih tahu berbagai manfaat yang ada pada sebutir biji bunga matahari.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed