khasiat daun alpukat

Khasiat & Manfaat Daun Alpukat untuk Kesehatan Kita

Manfaat Daun Alpukat – Indonesia memang merupakan Negara yang begitu kaya di mana kekayaanya melimpah ruah dan tersebar sepanjang daerahnya mulai dari daerah barat hingga daerah timur. Salah satu sumber kekayaan yang begitu melimpah adalah sector holtikultura.

Sector ini banyak dimanfaatkan sebagai sumber pangan, sumber obat-obatan, serta berbagai macam sumber kehidupan yang lain. Salah satu yang paling banyak tersedia melimpah ruah di Indonesia adalah buah-buahan. Di mana buah ini sering dijadikan sebagai sumber vitamin c dan juga berbagai macam sumber nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Salah satu buah yang banyak disukai di Indonesia adalah buah alpukat. Di mana buah alpukat ini dipercaya mengandung berbagai macam nutrisi yang dipentingkan oleh tubh seperti asam lemak yang dibutuhkan dan juga berbagai macam vitamin yang diperlukan oleh tubuh.

Tak hanya daging buahnya saja, karena buah ini juga dipercaya memiliki bagian tumbuhan lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan atau pun bagi kecantikan.

Salah satu bagian yang tak bisa ditinggalkan adalah bagian daun di mana memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Lalu, apa saja manfaat daun alpukat yang begitu menggoda?

kesehatan

Menyembuhkan penyakit batu ginjal

Manfaat daun alpukat yang pertama adalah dapat dijadikan sebagai obat alami untuk membasmi penyakit yang begitu ditakuti yakni batu ginjal.

Hal ini dikarenakan ada berbagai macam kandungan zat seperti saponin, flavonoid, dan juga alkaloid yang sangat berfungsi untuk membasmi penyakit batu ginjal.

Cara penggunaanya juga sangat mudah di mana Anda hanya perlu merebus 5-8 lembar daun alpukat yang masih berwarna hijau. Kemudian, daun ini direbus dengan menggunakan satu gelas air. Setelah itu, tunggu hingga air rebusan menjadi setengah gelas.

Untuk mendapatkan hasil yang elbih optimal, maka saring ekstrak tersebut hingga tak ada ampas di dalamnya. Gunakan secara rutin pagi hari dan juga sore hari di mana keberhasilan metode ini dapat ditandai dengan ahncurnya kerikil yang luruh bersama dengan saat pengeluaran urin.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Laju Endap Darah Tinggi

Manfaat bagi kecantikan

Manfaat daun alpukat yang tak bisa dipungkiri yang lain adalah dapat untuk menghaluskan kulit. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah alpukat sehingga dapat dijadikan sebagai krim dan juga nutrisi yang alami bagi kulit.

Cara penggunaanya juga begitu mudah di mana Anda hanya perlu menumbuk atau menghaluskan 5-8 lembar daun alpukat. Setelah itu, oleskan secara merata di tangan dan tunggu selama beberapa menit dan bersihkan dengan menggunakan air bersih yang mengalir.

wajah

Mengatasi kulit wajah kering

Daun alpukat ini juga memiliki manfaat yang begitu nyata pada kulit kering. Kulit kering sendiri menjadi salah satu masalah yang paling ditakuti dan juga paling menyebalkan. Kulit kering ini sendiri jika tak diatasi dengan segera dapat membuat masalah lain seperti kulit kusam.

Kulit kita pastinya selalu membutuhkan hidrasi untuk mencegah dari kekeringan pada kulit. Kandungan antioksidan yang tinggi pada daun alpukat ini dapat dijadikan sebagai salah satu lotion yang akan menuntaskan masalah kulit kering Anda.

Menghilangkan bengkak

Jika Anda memiliki masalah dengan bagian tubuh yang mengalami bengkak, maka daun alpukat menjadi solusinya. Daun ini memiliki kandungan anti-inflamasi yang sangat tinggi yang mana mampu menghilangkan bengkak yang ada di tubuh.

Kandungan querstin menjadi salah stau pemicu daun ini sangat potensial dalam menghilangkan bengkak.

Cara penggunaanya juga sangat mudah di mana Anda hanya perlu menghaluskan 2 atau 3 daun alpukat yang muda serta tinggal dioleskan ke seluruh anggota badan yang mengalami pembengkakan dan segera tutup dengan menggunakan perban.

tekanan darah

Menurunkan hipertensi

Khasiat daun alpukat yang selanjutnya adalah dapat menurunkan hipertensi. Hipertensi sendiri merupakan penyakit yang mematikan karena berawal dari hipertensi inu dapat menyebabkan berbagai macam gangguan lain seperti stroke, hingga berbagai penyakit seperti jantung.

Baca Juga:  Inilah Bahaya Akibat Memakai Behel atau Kawat Gigi

Untuk dapat mengatasi penyakit ini, maka Anda disarankan untuk mengkonsumsi rebusan daun alpukat yang masih hijau sebanyak 5 sampai 10 lembar. Gunakan secara teratur untuk dapat mengobati secara optimal terhadap penyakit hipertensi.

Mengobati sariawan

Sariawan merupakan salah satu penyakit sepele namun menyakitkan. Penyakit ini datang ketika tubuh kekurangan asupan vitamin atau pun bisa disebabkan karena bakteri dan juga kondisi mulut yang kotor.

Jika selama ini Anda kesulitan dalam mencari obat sariawan, maka ternyata daun alpukat terbukti cukup ampuh dalam mengobati penyakit yang satu ini. cara penggunaanya juga sangat mudah di mana Anda hanya perlu mengigit daun alpukat selama beberapa menit saja. Maka sariawan dapat hilang dengan seketika.

hitam rambut

Menghitamkan rambut

Jika selama ini Anda memiliki masalah dengan rambut yang tak berwarna hitam, maka daun alpukat ini menjadi solusi yang paling mutakhir. Daun alpukat dapat bertindak sebagai penghitam rambut secara alami yang mana cara penggunaanya juga sangat mudah.

Gunakan daun alpukat ini sebagai ramuan keramas Anda. Gosokkan secara perlahan daun alpukat pada rambut Anda, tunggu beberapa saat, dan bersihkan hingga bersih. Gunakan secara teratur, maka nantinya rambut hitam tak lagi menjadi sesuatu yang sulit untuk dimiliki.

Sebagai sumber asam oleat

Seperti yang diketahui dika buah alpukat mengandung lemak tak jenuh yang sangat baik bagi kesehatan. Salah satunya adalah kandungan asam oleat yang tinggi. Anda dapat menjadikan daun ini sebegai sumber asam oleat dengan cara yang sangat mudah.

Gunakan saja rebusan daun alpukat secara rutin pada pagi dan juga malam hari maka, nantinya efek baik akan datang pada tubuh Anda. Jad, sudah tak perlu lagi menggunakan bahan-bahan kimia yang belum jelas keamanannya.

Baca Juga:  Apa Saja Manfaat Susu Beruang untuk Kesehatan Kita?

Daun alpukat memiliki banyak sekali manfaat yang akan dirasakan oleh tubuh karena buah ini mengandung berbagai macam nutrisi yang diperlukan. Lalu, kira-kira apa saja nutrisi yang terkandung dalam daunalpukat?

manfaat daun alpukat

Querstin

Senyawa ini merupakan golongan senayawa flavonoid yang terbesar yang ada dalam daun alpukat di mana kandungannya mencapai 60-75% daun alpukat. Senyawa ini sangat berfungsi dalam memberikan perlindungan terhadap penyakit degenerative.

Mekanisme penghambatan daun ini adalah dengan menangkap radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh serta mengkhelat ion logam yang masuk ke dalam tubuh bersamaan dengan makanan.

Sehingga tak heran jika manfaat daun alpukat ini dapat mengurangi serta mengobati penyakit mengerikan seperti batu ginjal dan juga hipertensi.

Polifenol

Senyawa polifenol yang terdapat dalam daun alpukat juga dapat melindungi tubuh dari serangan bakteri pathogen yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, kandungan senyawa ini juga yang sangat berperan dalam memberikan warna pada dain alpukat.

Jadi, tak hanya buahnya saja yang dapat memberikan seribu manfaat kebaikan pada tubuh manusia karena bagian daunnya pun menyimpan sejuta kebaikan yang tak bisa ditinggalkan. Yuk gunakan secara teratur untuk mengurangi penyakit yang dirasakan.

(Visited 51 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *