yoga mengecilkan perut

5 Gerakan Yoga Untuk Mengecilkan Perut dengan Mudah

Gerakan Yoga untuk Mengecilkan Perut – Setiap wanita pastinya ingin mempunyai tubuh yang ideal, tetapi tentu saja setiap wanita juga menyukai makan sehingga tidak heran jika wanita selalu melakukan apapun untuk menjaga tubuhnya agar tetap mempunyai tubuh yang ideal walaupun tetap dengan hobi makan banyaknya.

Jika makan banyak atau mengemil dapat membentuk tubuh menjadi sedikit gemuk, banyak sekali olahraga yang dapat dilakukan untuk mengembalikan bentuk tubuh seperti semua atau agar lebih membentuk tubuh ideal lagi.

Misalnya saja rata-rata orang melakukan olahraga untuk mengeluarkan banyak keringat agar tubuh dapat membuang banyak lemak dengan keluarnya keringat. Tetapi ada sebagian orang yang ingin memiliki tubuh ideal dengan cara olahraga lain seperti yoga misalnya.

Meskipun banyak yang beranggapan bahwa yoga ini digunakan untuk menenangkan pikiran, tetapi ternyata yoga mengecilkan perut pun bisa.

Banyak sekali manfaat dari yoga sendiri mulai dari menenangkan pikiran sampai dengan membuat tubuh menjadi rileks, menjadi fresh, dan yoga juga dapat membakar lemak sehingga yoga dapat digunakan untuk siapa saja yang ingin mengecilkan perut, paha, dan betis.

latihan yoga

Cara Mengecilkan Perut Buncit Dengan Yoga

Memiliki perut yang buncit atau paha yang besar memang menjadi suatu mimpi buruk bagi siapapun terutama bagi wanita. Penampilan adalah segalanya, sehingga penampilan tubuhpun harus tetap dijaga.

Cara untuk mengecilkan perut ataupun paha dan betis dalam yoga ini cukup mudah dilakukan. Berikut ini ada beberapa gerakan yoga mengecilkan perut, seperti:

1. Khumbaksana atau Gerakan postur papan

Gerakan ini cukup mudah untuk dilakukan caranya adalah dengan mengawali posisi tengkurap dengan kedua kaki lurus dan kedua telapak tangan menempel ke matras dan sejajar dengan bahu, kemudian jari-jari kaki ditekuk untuk menjadi penompang kaki lalu luruskan kedua tangan sehingga akan mengangkat tubuh.

Baca Juga:  Manfaat Senam Kegel Pria & Cara Latihan Kegel untuk Pria

Kemudian Anda bisa meluruskan tubuh bagian bawah dan bagian atas lalu kencangkan otot perut. Anda bisa menahan posisis ini selama 15 sampai dengan 30 detik sambil dengan mengatur napas dan tetap mengencangkan otot perut. Anda bisa melemaskan tubuh selama 15 detik kemudian gerakan ini di repetisi 5 kali.

2. Dhanurasana atau postur busur

Gerakan yoga untuk mengecilkan perut selanjutnya adalah gerakan postur busur. Gerakan ini dapat dilakukan dengan mengawalinya dengan posisi tengkurap dan kaki lurus. Kemudian luruskan kedua tangan dan menempel pada sisi tubuh.

Setelah itu tekuk kedua kaki dan upayakan kedua tumit mendekati pinggang dan kedua tangan meraih ujung jari-jari kaki kiri dan kanan. Kemudian angkat kepala sambil menarik napas perlahan.

Angkat juga kaki setinggi mungkin sampai terasa tekanan pada perut. Anda bisa menahan posisi ini selama 15 sampai dengan 30 detik sambil bernapas secara normal. Lalu Anda bisa beristirahat selama 15 detik dan mengulanginya lagi sampai dengan 5 kali repetisi.

3. Bhujang asana atau postur kobra

Gerakan yoga untuk mengecilkan perut selanjutnya adalah postur kobra yang dapat dilakukan dengan mengawali posisi tengkurap dan kaku lurus. Lalu kedua telapak tangan menempel di matras dan sejajar dengan posisi bahu.

Posisikan dagu dan jari kaki atau tangan menempel dimatras. Setelah itu angkat tubuh bagian atas dengan mendorong menggunakan kedua tangan sampai dengan kedua tangan lurus.

Anda bisa menahan posisi ini selama 15 sampai dengan 30 detik sambil menahan napas. Kemudian sambil membuang napas Anda bisa kembali pada posisi semula. Istirahatkan tubuh selama 15 detik dan lakukan gerakan tadi sampai 5 kali.

yoga untuk kesehatan

4. Naukasana atau postur jembatan

Gerakan yoga untuk mengecilkan perut selanjutnya adalah naukasana atau gerakan postur jembatan. Gerakan ini dapat membakar tumpukan lemak perut bagian pinggang sehingga termasuk gerakan yoga mengecilkan perut.

Baca Juga:  Penyebab BAB Keluar Darah Serta Cara Mengatasinya

Gerakan ini dilakukan dengan posisi telentang dengan meluruskan kedua kaki dan saling menempel. Kemudian kedua tangan lurus di sisi tubuh. Angkat kedua kaki dan jaga agar tetap menempel dan lurus. Lalu Tarik napas dalam-dalam.

Raih jemari kaki dengan kedua tangan kanan dan kiri dan angkat kedua kaki steinggi mungkin tanpa melepas pegangan tangan pada jemari kaki. Anda harus dapat menjaga keseimbangan sambil berusaha untuk membentuk huruf V dengan tumpuan bokong. Anda juga harus bisa menahannya selama 15 detik dengan napas normal dan lakukan sebanyak 5 kali repetisi dengan 15 detik istirahat setiap repetisi.

5. Pavanamukthasana atau postur jongkok telentang

Gerakan yoga untuk mengecilkan perut selanjutnya adalah postur jongkok telentang. Posisi ini diawali dengan telentang dengan kedua kaki dan tangan lurus. Lalu Tarik napas dan hembuskan napas sambil menekuk dan mengankat kedua kaki mendekati dada.

Saat kedua paha menyentuh dada dan lutut di tekuk, segera dekap kedua kaki dengan tangan. Selanjutnya Anda dapat memberikan tekanan pada perut dengan paha dan tambahkan sedikit dengan tangan.

Anda harus bisa menahan posisi ini sampai dengan 60 atau 90 detik sambil bernapas normal. Kemudian lakukan gerakan ini sebanyak 5 kali dengan masing-masing gerakan tambahkan istirahat 15 detik.

Itulah beberapa gerakan yoga untuk mengecilkan perut. Mudah bukan? Dengan gerakan-gerakan yoga mengecilkan peut ini Anda bisa dengan mudah melakukannya di rumah sekalipun sendiri.

Selain dari untuk mengecilkan perut, gerakan-gerakan tadi juga mempunyai banyak manfaat tersendiri seperti misalnya gerakan postur jongkok telentang dapat melancarkan saluran pencernaan dan juga dapat menyehatkan lambung.

Untuk postur kobra juga selain yoga mengecilkan perut dapat memperkuat bagian tubuh atas termasuk tulang belakang. Dan yang terakhir untuk postur busur dapat meningkatkan sistem kerja pencernaan dan mencegah konstipasi.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Laju Endap Darah Tinggi

Bagaimana Anda sudah siap melakukannya di rumah? Gerakan-gerakan yoga yang cukup mudah ini tentu saja disukai oleh kebanyakan wanita rumah tangga karena bisa sekaligus melakukan yoga ketika sedang senggang di rumah.

yoga untuk diet

Diet dengan Yoga Mengecilkan Perut

Tentu saja untuk mengecilkan perut tidak hanya dengan menggunakan gerakan yoga mengecilkan perut saja, tetapi juga dengan pola makan yang baik. Sebaiknya Anda melakukan pola hidup sehat dengan banyak meminum air putih dan juga sebisa mungkin untuk tidak memakan makanan yang berminyak.

Akan lebih baik jika makan rendah karbohidrat. Anda juga tidak harus melakukan diet ketat tidak makan, tetapi Anda bisa melakukanya dengan makan menggunakan porsi yang lebih sedikit dari biasanya atau makan dengan buah dan sayur yang tentunya dapat menjaga tubuh Anda agar tetap terpenuhi gizinya.

Akan lebih baik juga jika Anda sesekali melakukan olahraga berkeringat yang dapat membakar lemak lebih banyak. Setelah Anda melakukan yoga, workout, dan pola hidup yang sehat, Anda juga tidak boleh lupa untuk melakukannya secara teratur.

Karena jika Anda tidak melakukannya secara beratur hasil yang akan Anda dapatkan tidak akan memuaskan. Anda juga tidak perlu takut untuk makan malam, karena Anda dapat melakukan beberapa gerakan ringan untuk mencegah penumpukan lemak akibat makan malam. Anda juga tidak boleh langsung tidur tepat setelah makan malam.

(Visited 117 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *