fakta golongan darah o

Ciri-ciri, Sifat dan Fakta Golongan Darah O

Golongan darah O adalah satu diantara 4 jenis golongan darah yang ada pada manusia. Golongan darah Jenis golongan darah yang dimiliki seseorang ditentukan oleh antigen dan antibodi yang terkandung di dalam sel darah merah. Orang dengan golongan darah O tidak memiliki antigen baik A atau B namun memiliki antibodi terhadap keduanya.

Gol darah O ini paling banyak dimiliki oleh manusia di seluruh dunia. Fakta golongan darah O menyebutkan bahwa persentase jumlah pemilik gol darah O ini tercatat lebih tinggi dibandingkan golongan darah A,B maupun AB.Golongan darah ini terbentuk dari gen O saja yang akan diturunkan kepada keturunannya.

Jika kedua orang tua memiliki tipe darah O maka bisa dipastikan keturunannya juga akan bergolongan darah yang sama. Lain halnya jika orang tua memiliki golongan darah A ataupun B heterozigot maka keturunannya memiliki kemungkinan untuk memiliki golongan darah O.

Ada fakta golongan darah O yang menarik untuk dikatahui yaitu gol darah O merupakan golongan darah universal. Disebut sebagai golongan darah universal karena dapat didonorkan kepada manusia dengan golongan darah lainnya baik A, B, AB dan sesama golongan darah O.

Sebaliknya, orang dengan gol darah O hanya bisa menerima donor dari sesama gol darah O. Akan tetapi pada prakteknya akan jauh lebih baik jika antara pendonor dan penerima memiliki golongan darah yang sama.

Pendonor dengan tipe darah O untuk orang begolongan darah lain bisa dilakukan pada kondisi mendesak saja karena bisa menimbulkan reaksi yang tidak diinginkan di dalam tubuh penerima.

sifat golongan darah o

Sifat Golongan Darah O yang Sering Dijumpai

Pada budaya di beberapa negara seperti Jepang, golongan darah dipercaya dapat mempengaruhi karakteristik pribadi dari seseorang. Hal ini membuat ada banyak orang membuat teori mengenai karakter personal seseorang dibedakan berdasarkan golongan darahnya.

Hal ini belum sepenuhnya dapat dibuktikan secara ilmiah namun pada prakteknya tidak jarang juga orang yang merasa teori pengelompokan sifat berdasarkan golongan ini cukup tepat.

Beberapa sifat umum yang menonjol dari orang-orang bergolongan darah O ini diantaranya :

Memiliki ambisi yang besar

Orang dengan tipe darah ini biasanya cukup ambisius dengan hal-hal yang mereka ingin capai. Mereka memiliki semangat yang luar biasa dalam menyelesaikan pekerjaan yang sudah dimulai.

Mereka juga tidak mudah puas dengan prestasi yang sudah diperoleh dan selalu ingin mencapai sesuatu yang lebih. Sifat ini membuat orang bergolongan darah O sangat dinamis dan selalu berusaha mengembangkan diri ke arah yang lebih baik.

Punya Idealisme yang kuat

Orang dengan golongan darah ini sangatlah idealis dan memegan teguh prinsip yang mereka ikuti. Sekalinya mereka berprinsip akan sesuatu maka pendiriannya tidak mudah digoyahkan.

kelebihan golongan darah o

Tipe orang yang menyenangkan dan ekspresif

Kebanyakan orang dengan golongan darah ini tidak mengalami kesulitan dalam mengekspresikan perasaannya. Orang bergolongan darah O tidak malu-malu untuk berekspresi di depan banyak orang dan bisa dengan mudah memperlihatkan kondisi emosinya baik ketika senang maupun sedih.

Tipe orang yang gemar bersosialisasi dan berinteraksi dengan teman

Orang bertipe darah O umumnya memiliki kemampuan bersosialisasi yang baik sehingga sangat mudah untuk berteman.

Tipe orang yang tidak segan membantu dan berada di samping orang yang disayangi

Golongan darah ini memiliki sifat yang senang membantu sesama. Mereka akan sangat senang jika dapat meringankan beban orang lain dengan kemampuan yang mereka miliki. Para orang bergolongan darah O akan setia berada di samping orang yang dikasihinya dan memberikan bantuan semaksimal mungkin yang mereka bisa.

Baca Juga:  Inilah Bahaya Akibat Memakai Behel atau Kawat Gigi

Lebih senang menjaga perasaan orang lain dan tidak ingin merepotkan

Para pemilik golongan darah ini biasanya sangat memperhatikan apa yang orang lain katakan dan apa yang orang lain rasakan. Mereka cenderung susah berkata tidak demi menjaga perasaan orang lain. Terkadang mereka bahkan sampai harus mengorbankan sesuatu demi menyenangkan orang lain.

Senang dipuji dan menjadi pusat perhatian

Tipe darah O senang melakukan tindakan-tindakan yang menarif perhatian orang lain. Mereka menikmati ketika menjadi pusat perhatian dan dipuji oleh orang banyak.

Mampu beradaptasi dengan baik di lingkungan yang baru

Kepribadian golongan darah ini yang fleksibel menyebabkan orang bergolongan darah O lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

golongan darah o positif

Memiliki kemampuan memecahkan masalah dengan baik

Kualitas ini menjadikan orang dengan golongan darah ini banyak menduduki posisi penting baik sebagai pimpinan ataupun pada posisi strategis lainnya. Mereka memiliki kemampuan menyelesaikan masalah yang baik.

Hal ini menjadikan gol darah O juga pas dijadikan tempat curhat karena akan dapat memberikan solusi yang tepat.

Romantis terhadap pasangan dan orang-orang terdekat

Orang bergolongan darah O senang memberikan kejutan-kejutan romantis untuk pasangan. Mereka tidak malas untuk mencari tahu kesukaan pasangan untuk memberikan apapun yang terbaik untuk mereka. Romantisme orang bergolongan darah O membuatnya bisa memiliki hubungan asmara yang langgeng.

Senang memberikan perhatian kepada pasangan dan orang terdekat

Orang bergolongan darah O ini cenderung senang mencurahkan seluruh perhatiannya kepada orang-orang yang dikasihi. Mereka tidak malu mengekspresikan rasa sayang kepada orang terdekatnya.

Setia pada pasangan

Karakter ini membuat orang bertipe darah O jika sudah menetapkan hati pada seseorang akan setia dan mengabdi pada orang yang dicintai. Mereka sangat loyal pada pasangan dan tidak mudah berpaling ke lain hati. Hal ini bisa juga disebabkan olek fokusnya yang tidak mudah terpecah belah.

Easygoing dalam hubungan asmara

Golongan darah ini tipenya lebih easygoing sehingga tidak banyak memicu pertengkaran kecil bak drama korea. Hal ini membuat hubungan dengan tipe darah O akan terasa adem ayem.

menu diet golongan darah o

Menu Diet Golongan Darah O untuk Kesehatan

Bagi Anda yang ingin tubuh lebih sehat sudah saatnya mulai memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh setiap harinya. Pastikan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan dapat diserap dengan baik manfaatnya oleh tubuh Anda.

Tahukah Anda bahwa ternyata masing-masing jenis golongan darah memberikan respon yang berbeda pada bahan-bahan makanan tertentu karena adanya perbedaan di dalam tubuh. Hal ini yang kemudian mencetuskan adanya diet golongan darah bagi orang-orang dengan golongan daran A,B,AB ataupun O.

Jika kurang hati-hati ada bahan-bahan makanan tertentu yang tidak dapat diserap dengan baik bahkan bisa bersifat racun bagi golongan darah tertentu. Oleh karena itu penting untuk mengetahui diet sehat berdasarkan golongan darah Anda.

Pada orang-orang bergolongan darah O, tubuh biasanya lebih gampang mengalami peningkatan asam lambung. Menurut pengamatan, diketahui bahwa orang dengan golongan darah ini biasanya mempunyai kandungan asam pada lambung yang cenderung tinggi.

Hal ini yang kemudian menyebabkan banyak orang bergolongan darah O mudah mengalami masalah-masalah pencernaan. Agar lebih sehat dan terhindar dari gangguan-gangguan kesehatan, orang dengan golongan darah ini disarankan untuk banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi tetapi rendah karbohidrat.

Orang dengan tipe darah O disebutkan dapat hidup lebih sehat jika menerapkan pola makan vegetarian ataupun semi vegetarian. Tetapi bukan berarti orang dengan golongan darah ini tidak dapat mengkonsumsi makanan-makanan yang berasal dari produk hewani.

Baca Juga:  Penyebab Sering Buang Air Kecil dan Solusinya

Meskipun begitu, kondisi lambung yang biasanya memiliki kandungan asam yang tinggi membuat orang dengan gol darah O terkadang memiliki kesulitan dalam mencerna protein dari susu.

diet gol darah o

Selebihnya, produk hewani lain seperti daging bisa dicerna dengan cukup baik berkat adanya enzim di dalam sistem pencernaan yang befungsi untukmencerna bahan-bahan dari protein hewani.

Seperti yang sudah disebutkan bahwa orang bergolongan darah O sebaiknya mengurangi makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi. Akan tetapi, sebagai orang Indonesia karbohidrat sudah menjadi santapan pokok yang tidak boleh terlupa.

Kebiasaan ini membuat orang bergolongan darah O harus memilah sumber karbohidrat yang tepat dan lebih mudah dicerna oleh tubuh. Beberapa makanan sumber karbohidrat yang sebaiknyan dihindari oleh Anda yang bergolongan darah O diantaranya makanan yang terbuat dari tepung seperti roti, kue maupun mie.

Konsumsi sayur dan buah memang sangatlah baik untuk kesehatan dan kesegaran tubuh. Namun, hal ini bukan berarti Anda bisa sembarangan mengkonsumsi semua jenis sayuran karena ada jenis-jenis sayuran tertentu yang kurang dapat dicerna dan diserap dengan baik oleh tubuh.

Golongan O ini sebaiknya tidak mengkonsumsi jagung dan kubis dalam jumlah yang terlalu banyak. Konsumsi jagung dan kubis dalam jumlah terlalu banyak bisa menghambat kinerja hormin tiroid di dalam tubuh.

Selain itu pada jenis kacang-kacangan juga orang bergolongan darah O sebaiknya menghindari konsumsi yang berlebih karena jika konsumsinya terlalu banyak dikhawatirkan dapat menyebabkan terjadinya pembekuan darah.

Lebih lanjutnya, ada beberapa daftar makanan yang sebaiknya dihindari oleh orang dengan tipe darah O supaya tubuh bisa jauh lebih sehat dan bugar.

Makanan-makanan maupun minuman ini bukan berarti dilarang sama sekali untuk dikonsumsi, Anda tetap dapat mengkonsumsinya namun dengan jumlah yang wajar.

buah buahan

Konsumsi beberapa jenis makanan tertentu dalam jumlah banyak dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Berikut ini beberapa diantaranya :

Buah-buahan

Buah-buahan memang makanan yang sehat dan perlu dikonsumsi setiap hari. Akantetapi untuk orang dengan tipe darah O, ada beberapa jenis buah yang sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan seperti contohnya alpukat, kiwi, leci, blewah dan jeruk.

Rempah-rempah

Makanan Indonesia dikenal dengan rasanya yang kuat karena kaya akan rempah-remoah. Tapi tahukah Anda bahwa ternyata ada beberapa jenis rempah tertentu yang sebaiknya dikurangi konsumsinya oleh orang dengan tipe darah O seperti vanili, kayu manis, merica hitam dan putih serta pala.

Serealia

karbohidratOrang bertipe darah O kurang bisa mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah banyak, hal ini juga berdampak pada adanya jenis serealia tertentu yang kurang cocok bagi sistem percernaannya.

Para pemilik golongan darah ini sebaiknya menghindari konsumsi jagung, sorghum, gandum, terigu dalam jumlah yang banyak.

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, hindari produk-produk makanan dengan kandungan gluten tinggi seperti pada tepung terigu. Kurangi konsumsi makanan yang terbuat dari tepung seprti roti ataupun kue.

Gantilah camilan Anda dengan buah-buahan segar yang jauh lebih sehat. Diet berdasarkan golongan darah ini mungkin tidak 100% cocok untuk semua orang bergolongan darah O, tetapi tidak ada salahnya mencoba karena mengubah pola makan dengan perbanyak sayur dan buah akan menjadikan tubuh jauh lebih sehat dan segar.

Selain hal yang berhubungan dengan diet, ada pula fakta lain mengenai penyakit yang memiliki potensi untuk mudah diderita oleh orang dengan tipe darah O. Orang bergolongan darah ini rawan terkena masalah pada tiroid, defisiensi iodin serta gangguan sistem pencernaan.

Baca Juga:  5 Gerakan Yoga Untuk Mengecilkan Perut dengan Mudah

Ciri-ciri Golongan Darah O yang Dapat Terlihat

Di Indonesia, golongan darah belum umum digunakan untuk mengetahui sekilas tentang kepribadian seseorang, berbeda dengan di Jepang. Di Jepang informasi mengenai golongan darah seringkali ditanyakan pada saat-saat seperti wawancara kerja karena informasi ini bisamemberikan gambaran pada perusahaan mengenai karakter dari orang tersebut.

Selain itu, masing-masing golongan darah dipercaya menunjukkan ciri-ciri tertentu yang membedakannya dengan golongan darah lainnya.

Anda bisa melihat ciri-ciri golongan darah O pada sebagian besar orang dengan golongan darah ini. Berikut ini beberapa karakter khusus yang bisa dengan mudah dilihat ketika Anda menemui orang bergolongan darah O :

  • Aktif dan energik
  • Percaya diri
  • Keras kepala
  • Baik hati dan pemurah
  • Ekspresif
  • Suka menunda pekerjaan
  • Riang

percaya diri

Kelebihan Golongan Darah O Dibandingkan Golongan Darah Lain

Masing-masing manusia memiliki kelebihan dan kekurangan terkait dengan sifat serta karakternya. Pada orang-orang dengan tipe darah O ada beberapa kelebihan yang kerap kali ditemukan dan menjadi ciri khas tersendiri, kelebihan-kelebihan ini diantaranya:

  • Memiliki kemampuan mengelola stres yang baik
  • Memiliki jiwa sosial yang baik, demawan serta berlaku baik kepada orang lain
  • Ekspresif dan mampu menghidupkan suasana di dalam kelompok
  • Senantiasa terlihat gembira, riang dan senang dari luar
  • Cenderung senang menjadi pusat perhatian
  • Mempuyai kreativitas tinggi

Kelebihan-kelebihan yang ada para karakter orang bergolongan darah O ini tidak selalu ditemukan pada setiap orang. Sifat-sifat tersebut juga bukan merupakan hasil ramalan ataupun sebagainya, karakter tersebut diperoleh berdasarkan pengamatan sosial terhadap kebanyakan orang-orang bergolongan darah O.

Dari segi karakter, orang bertipe darah O biasanya memiliki potensi menjadi pemimpin yang baik. Hal ini disebabkan karena mereka mempunyai fokus yang lebih tinggi, kuat dan juga produktif. Orang bertipe darah O juga memiliki kualitas unggul lainnya seperti optimis, logis, inovatif serta memiliki kemampuan untuk mengajak orang lain.

inovasi

Kemampuan ini sangat baik dan bisa dikembangkan untuk memimpin banyak orang untuk mencapai tujuan yang baik. Ada banyak tokon dunia yang merupakan orang bertipe darah O diantaranya adalah Ratu Elizabeth II, Elvis Presley, John Lennon serta Paul Newman.

Kelebihan lainnya dari golongan darah O dapat dilihat juga dari segi kesehatan. Orang dengan golongan darah ini biasanya cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik diantara golongan darah lainnya. Orang bergolongan darah O tidak mudah terkena penyakit jika diimbangi pula dengan pola makan yang sehat, olahraga rutin serta istirahat yang cukup.

Semua teori-teori mengenai gol darah O ini memang tidak dapat dipukul rata untuk semua orang di dunia. Ada banyak faktor lain yang memperngaruhi kepribadian serta karakter orang di luar faktor golongan darah, seperti faktor lingkungan, pendidikan, sosial serta budaya.

Informasi ini bisa membantu untuk memahami ataupun memandang seseorang sesuai dengan golongan darah yang dimiliki. Segala hal yang ada tentang karakter berdasarkan golongan darah ini juga bukan merupakan ramalan yang pasti terjadi pada setiap orang sehingga bijaklah dalam mengambil berbagai informasi yang ada dari berbagai sumber.

(Visited 285 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *