cara mengusir semut

Cara Ngusir Semut Yang Efektif dan Mudah Dilakukan

Cara Mengusir Semut – Semut, hewan yang kecil namun membuat gemas dengan tingkahnya yang selalu datang bergerombol jika ada makanan yang terbuka, dan tentu notabene makanan yang diincar adalah makanan atau minuman yang manis.

Banyak sekali cara ngusir semut yang sering dilakukan atas dasar inisiatif, namun terkadang semut seperti sudah kebal dan tetap melanjutkan aktivitasnya.

Selain memakan dan membawanya ke dalam sarang secara berkala atau sedikit demi sedikit, ternyata tingkah semut ini membuat rumah cenderung menjadi kotor dan tidak nyaman dengan jejak panjang yang ditimbulkan.

Bahkan hal yang paling parah, semut akan merusak perabot yang menghalangi jalan mereka, atau bahkan merusaknya untuk dijadikan sarang yang baru.

Anda juga pastinya sering menemukan langkah pengusiran, namun hanya beberapa saat saja sampai akhirnya semut datang kembali, dan tentunya hal tersebut yang sangat merepotkan.

Jumlah semut memang tidak dapat Anda bayangkan.Hal ini karena ratu semut dapat bertelur hingga ratusan dan bahkan ribuan jika setiap ratu semut dikumpulkan.

Semut dapat muncul dari mana saja, dan cenderung memiliki usaha pertahanan diri seperti menggigit yang terkadang memberikan efek sakit, gatal, atau bahkan panas dan nyeri pada bagian yang digigit.

basmi semut

Cara Menghalau Semut Masuk Ke Dalam Rumah

Apabila Anda mencari cara ngusir semut dengan membasminya, tentu hal tersebut tidak menjadi hal yang baik.

Times of India pada sebuah halamannya menyebutkan bahwa membunuh semut sekalipun bukanlah ide yang bagus, namun Anda ternyata dapat menemukan cara mengusir semut dengan menghalaunya atau membuat jalan semut tidak sampai masuk ke dalam rumah Anda.

  • Cuka ternyata dapat Anda gunakan sebagai cara ngusir semut yang ampuh. Cuka juga merupakan bahan serbaguna yang sangat dimanfaatkan di rumah dan tentunya Anda memiliknya. Anda dapat menggunakan cuka yang telah dicampurkan dengan air untuk menghalau semut masuk ke dalam rumah. Anda dapat mengolesi campuran tersebut di daerah-daerah yang sering dilewati atau menjadi jalan masuk semut. Semut tidak suka dengan aroma yang dikeluarkan oleh cuka, dan tentunya cuka dapat menghilangkan bekas perjalanan yang dibuat semut di dalam rumah Anda.
  • Boraks memang tidak boleh dicampurkan pada makanan yang dikonsumsi ke dalam tubuh, namun ternyata memiliki kegunaan untuk mengusir semut. Anda dapat meletakkan boraks yang sudah dicampurkan dengan gula. Campuran ini Anda letakkan pada tempat yang menarik perhatian semut, atau bahkan di tempat Anda sering menemukannya. Kandungan yang ada di dalam boraks dapat merusak sel dan kerangka pada semut dan mengakibatkan kematian semut. Tentu saja Anda harus berhati-hati dengan meletakkannya di tempat yang tidak terjangkau oleh Anak atau buah hati Anda.
  • Kulit jeruk adalah alternatif lainnya yang dapat Anda gunakan. Jeruk dapat Anda letakkan di tempat berkumpulnya semut. Berbeda dengan manusia yang justru suka dengan bau dari kulit jeruk, ternyata kulit ini justru beracun bila dikonsumsi oleh semut. Tidak heran jika akhirnya ini merupakan cara mengusir semut yang aman dan tepat untuk digunakan. Tidak hanya buah jeruk yang biasa Anda konsumsi, Anda juga dapat menggunakan kulit dari jeruk lemon.
  • epung selain menjadi bahan utama dari membuat kue, ternyata dapat menjadi penghalau semut yang baik. Anda tinggal menaburkannya di tempat kerumunan semut atau tempat yang sering menjadi rute semut di rumah Anda. Semut tidak suka melakukan perjalanan di atas tepung, salah satu alasannya tentu saja jalan menjadi licin. Anda hanya perlu memberikan percikan sedikit tepung jika ingin menghalau semut di beberapa titik
  • Garam sering menjadi bahan utama untuk mengusir beberapa hewan, dan ternyata Anda juga dapat menggunakannya sebagai cara ngusir semut yang efektif. Sama seperti cara penggunaan tepung, taburkan garam pada titik yang tepat, bahkan bisa melalui kusen dan jendela. Anda dapat melihat perbedaan setelah melakukannya, semut akan jarang melewati area yang telah ditaburi oleh garam.
Baca Juga:  Yuk Kenali Manfaat Infused Water Lemon!

Tentunya beberapa cara mengusir semut di atas dapat Anda lakukan dengan mudah karena bahan utamanya dapat Anda temukan di pasaran.

Perhatikan bahwa meskipun Anda tidak suka dengan semut, jangan sampai menggunakan cara pengusiran yang salah atau berlebihan dan justru menyebabkan hal yang tidak Anda inginkan atau efek buruk pada lingkungan di dalam rumah.

fakta semut

Fakta Mengenai Semut Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Anda mungkin hanya ingin mengetahui cara mengusir semut karena semut merugikan bagi kehidupan Anda.

Terutama tentu saja membuat kotor, membuat makanan rusak terutama bila Anda memiliki kue atau makanan manis, dan tidak enak untuk dilihat. Namun tahukah Anda bahwa setidaknya terdapat fakta dari semut yang mungkin perlu Anda ketahui.

  • Seperti yang Anda tahu, semut memang memiliki tubuh yang sangatlah kecil, bahkan Anda dapat membunuhnya dengan jari tangan Anda. Namun jangan salah, semut ternyata mampu mengangkat makanan atau bahkan beban hingga 50 kali beratnya sendiri. Hal ini karena kaki semut sangatlah kuat untuk menopang tubuh dan beban yang mereka bawa.
  • Semut punya dua perut di dalam tubuhnya dengan fungsi masing-masing. Satu perut akan menyimpan cadangan makanan yang akan membantunya untuk bertahan hidup. Namun tahukah Anda bahwa satu perut yang lain akan menyimpan cadangan makanan yang nantinya akan dibagikan bersama teman atau koloninya.
  • Anda jangan menyepelekan semut meskipun tubuhnya kecil. Semut memiliki kerangka tubuh yang sangat keras dan hampir seperti cangkang.
  • Hal yang membuat Anda dapat mengetahui jalan semut dan melakukan cara ngusir semut dengan jelas tentu saja karena semut meninggalkan jejak di sepanjang perjalanannya. Jejak ini jika ditelusuri tentu saja akan berujung di sarangnya.
  • Semut dapat menyengat ataupun menggigit sebagai bentuk pertahanan diri yang dilakukannya jika mendapati bahaya. Beberapa semut yang ada di rumah Anda mungkin tidak memberikan efek yang menyakitkan. Namun apabila Anda menjumpai semut api atau semut hutan, sengatan dan gigitannya dapat menimbulkan efek sakit disertai panas di area yang nyeri, atau menyebabkan gatal di bagian yang digigit.
  • Semut tidak hanya memiliki sarang di dalam tanah, Anda dapat menemukannya bahkan di pondasi rumah, belakang lemari yang tidak terkena sinar matahari, di tanaman yang mungkin ada di pekarangan rumah, bahkan di kusen jendela yang terlihat dengan jelas. Anda haruslah cermat jika ingin menghilangkan semut dari rumah Anda.
Baca Juga:  Gejala dan Cara Menghilangkan Keringat Buntet

Fakta-fakta di atas tentu saja dapat membuat Anda mengetahui lebih jauh langkah pengusiran apa saja yang dapat Anda lakukan.

Tentu saja, untuk menghindari munculnya semut, Anda dapat mengurangi adanya remah-remah yang tercecer dan menutup makanan atau menyimpannya dengan baik.

Menjaga kebersihan rumah juga termasuk cara mengusir semut yang dapat Anda jadikan agenda harian. Semut akan semakin berkurang apabila Anda rutin melakukan pembersihan rumah dan menggunakan bahan-bahan yang telah disebutkan.

(Visited 56 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *