makanan kolesterol tinggi

Cara Mengatasi Kolesterol dengan Makanan

Makanan Penurun Kolesterol – Anda mungkin sudah tidak asing dengan kata penyakit kolesterol. Penyakit kolesterol merupakan salah satu penyakit yang cukup membahayakan dan bisa berakibat fatal. Kolesterol sendiri sebenarnya diproduksi secara alami oleh tubuh, namun beberapa makanan yang dikonsumsi juga memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi.

Dengan tingkat kolesterol yang tinggi, maka bisa berdampak penyakit kolesterol. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai pengertian kolesterol, penyebab kolesterol dan cara mengatasi kolesterol dengan makanan penurun kolesterol.

Pengertian Kolesterol

Sebelum masuk pada pembahasan penyakit kolesterol, akan kita lihat terlebih dahulu apa yang dimaksud oleh kolesterol itu sendiri. Kolesterol adalah lemak yang ada didalam darah. Kolesterol didalam tubuh diperlukan untuk pembentukan dinding sel dan sebagai bahan baku pembentukan hormone.

Meskipun kolesterol berada didalam darah, namun kolesterol tidak larut didalam darah dan hanya digunakan untuk berikatan dengan lipoprotein. Kolesterol sendiri memiliki dua jenis yaitu low density lipoprotein (LDL) dan High density Lipoprotein.

Penyakit kolesterol adalah penyakit yang disebabkan oleh kadar kolesterol pada tubuh yang meningkat hingga melewati batas normal. Kadar kolesterol dalam darah normal adalah 160 hingga 200 mg. apabila kadar kolesterol dalam darah meningkat maka anda bisa saja terserang penyakit kolesterol karena kadar yang berlebihan.

Kolesterol dalam darah dihasilkan secara rutin oleh tubuh dan ada juga yang dihasilkan dari makanan penghasil kolesterol, maka pastinya dapat juga diturunkan dengan makanan penurun kolesterol.

penyebab kolesterol

Penyebab Penyakit Kolesterol

Terdapat banyak sekali penyebab penyakit kolesterol mulai dari factor genetik hingga gaya hidup. Setiap penyebab penyakit kolesterol memiliki tingkat keseriusan penyakit yang beda-beda. Berikut ini adalah beberapa penyebab penyakit kolesterol.

Genetic

Faktor genetic ternyata adalah salah satu penyebab penyakit kolesterol. Faktor genetik merupakan faktor turunan yang turun dari orang tua. Biasanya faktor genetic disebabkan oleh salah satu anggota keluarga yang memiliki riwayat penyakit kolesterol. Hal tersebut juga bisa disebabkan oleh riwayat anggota keluarga yang memiliki penyakit yang dapat berdampak pada penyakit kolesterol.

Umur

Faktor umur adalah salah satu penyebab penyakit kolesterol. Faktor umur yang dimaksud disini bukanlah pada umur tertentu anda akan mendapatkan penyakit kolesterol. Namun dalam hal ini yang dimaksud adalah bagaimana kerentanan terserang penyakit pada umur tertentu.

Salah satu contohnya adalah orang yang berumur lebih tua atau anak anak memiliki tingkat kerentanan penyakit kolesterol yang cukup tinggi.

Dampak dari penyakit lain

Penyebab penyakit kolesterol lainnya merupakan dampak dari penyakit lain. Beberapa penyakit yang dapat menjadi penyebab penyakit kolesterol, diantarnya:

Hipertensi atau tekanan darah tinggi menjadi salah satu penyebab penyakit kolesterol. Hal ini karena hipertensi maupun kolesterol keduanya terdapat dalam darah. Kenaikan tekanan darah dapat memicu naiknya kadar kolesterol dalam darah.

Baca Juga:  Obat Untuk Gusi Bengkak: Medis dan Tradisional

Diabetes. Selain hipertensi, penyakit penyebab kolesterol lainnya adalah diabetes. Diabetes adalah penyakit kencing manis yang menyerang bagian insulin. Sama halnya dengan tekanan darah, kenaikan kadar diabetes juga bisa memicu naiknya kolesterol.

makanan dengan kolesterol cukup tinggi

Makanan Penyebab Kolesterol

Sumber kolesterol dalam tubuh akan diproduksi langsung oleh tubuh. Namun ada juga asupan makanan yang dapat meningkatkan kolesterol dalam tubuh. Kondisi ini cukup berbahaya karena dengan kadar kolesterol dalam darah yang cukup tinggi dapat menyebabkan penyakit kolesterol.

Makanan penyebab kolesterol kebanyakan adalah makanan berminyak, makanan yang mengandung santan, makanan dengan kandungan lemak tinggi dan juga makanan instan. Apabila anda telah merasa mengkonsumsi banyak makanan penyebab kolesterol, disarankan untuk mengimbangi dengan makanan penurun kolesterol.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang memiliki tingkat kolesterol yang cukup tinggi.

a. Hati ayam

ati ayamKolesterol akan tertimbun pada organ tubuh makhluk itu sendiri. Sehingga jika anda mengkonsumsi organ mahkluk hidup maka secara otomatis anda juga mengkonsumsi kolesterol secara langsung.

Hati sebagai makanan penyebab kolesterol adalah tempat dimana pembuatan maupun penyimpanan kolesterol. Meskipun memiliki kandungan zat besi yang tinggi, namun juga memiliki jumlah kolesterol yang sangat tinggi.

dagingb. Berbagai macam daging

Daging merah yang berasal dari sapi ataupun domba memiliki jumlah serat yang tinggi. Sebagai sumber protein, banyak orang yang menggemari konsumsi daging merah. Namun ternyata ada satu fakta yang menunjukkan bahwa daging tersebut memiliki kadar kolesterol yang lebih tinggi dari kadar lemak jenuh.

Bahkan kadar kolesterolnya bisa memperburuk kondisi jantung. Untuk itu sangat disarankan makanan untuk menghindari kolesterol adalah diganti dengan konsumsi ikan, kacang maupun ayam. Dengan begitu maka kebutuhan protein tetap terpenuhi.

c. Kuning telur

telurSalah satu sumber protein ini juga ternyata merupakan cikal bakal kolesterol dalam tubuh. Telur memiliki dua sisi yaitu putih dan kuning. Putih telur sangat baik bagi tubuh begitu pun sebaliknya.

Kuning telur apabila tidak dikonsumsi secara teratur maka akan membawa dampak kolesterol bagi tubuh. Per 100 gram kuning telur sama dengan 1234 mg kolesterol yang dihasilkan, tentunya ini melampaui sangat jauh kadar kolesterol yang dibutuhkan oleh tubuh.

es krimd. Es krim

Makanan ringan penyebab kolesterol adalah es krim salah satunya. Es krim memiliki rasa yang sungguh menggoda. Dengan menikmati 1 scoop es krim saja, kenikmatan yang didapatkan sudah tiada duanya.

Mengkonsumsi es krim sama halnya dengan mengkonsumsi hamburger dan juga 10 donat. Dapat dibayangkan betapa banyaknya jumlah kolesterol yang anda konsumsi dalam es krim.

Baca Juga:  Rekomendasi Makanan Untuk Penderita Tipes

seafood

e. Seafood

Sudah bukan rahasia lagi bahwa seafood memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Udang, cumi-cumi, kepiting dan makanan laut lainnya memang memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Sehingga disarankan untuk tidak mengkonsumsi secara berlebihan karena dapat berakibat fatal bagi hidup anda.

f. Sayuran pantangan kolesterol tinggi

Sayuran biasanya sangat baik bagi kesehatan. Namun ternyata ada juga sayuran pantangan kolesterol tinggi. Sayuran pantangan kolesterol tinggi adalah sayuran yang diolah dengan cara yang benar. Dalam mengelola sayuran, dibutuhkan suatu keahlian tersendiri jika tidak ingin vitamin dalam sayur hilang maupun sayur yang tadinya baik berubah menjadi tidak baik.

Sayuran pantangan kolesterol tinggi diantaranya adalah sayuran yang berminyak, dilah dengan santan, digoreng dan banyak mengandung lemah. Jadi sebenarnya sayuran pantangan kolesterol tinggi tidak ada, namun yang ada hanyalah kesalahan dalam mengolah sayur.

Gaya hidup

Salah satu penyebab kolesterol adalah gaya hidup. Penarapan gaya hidup yang kurang sehat dapat berakibat buruk bagi kolesterol dalam diri. Gaya hidup memang menjadi kunci utama untuk terjauh dari berbagai penyakit.

Gaya hidup berbicara mengenai bagaimana pola hidup keseharian kita mulai dari kebiasaan, apa yang kita konsumsi dan kegiatan yang kita lakukan. Gaya hidup yang sehat adalah menjauhi diri dari rokok, tidak konsumsi obat terlarang, rajin berolahraga, lebih prefer mengkonsumsi makanan yang tidak digoreng, jauhi junk food dan menerapkan pola hidup sehat lainnya.

Cara Mengatasi Kolesterol Melalui Makanan Untuk Penderita Kolesterol

Ketika seseorang telah didiagnosa menderita penyakit kolesterol tinggi maka tindakan harus segera diambil. Jika anda merasa efek yang dirasakan belum seberapa maka anda bisa mengimbangi dengan mengkonsumsi penurun kolesterol atau sayuran penurun kolesterol dan menjauhi dari makanan atau sayuran pantangan kolesterol tinggi.

Terdapat berbagai macam cara mengatasi kolesterol. Salah satu cara mengatasi kolesterol adalah merubah pola hidup menjadi pola hidup sehat. untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini adalah makanan untuk penderita kolesterol.

buah buahan

Buah

Buah menjadi salah satu makanan penurun kolesterol. Hal ini karena buah kebanyakan mengandung vitamin yang secara tidak langsung akan meningkatkan kadar HDL dan juga berfungsi menurunkan kadar LDL dalam tubuh. Kadar HDL merupakan kadar kolesterol baik yang dibutuhkan tubuh sedangkan LDL merupakan kadar kolesterol buruk yang bisa menyebabkan penyakit kolesterol.

Beberapa jenis buah yang dapat dijadikan makanan untuk penderita kolesterol adalah,

  • Jambu biji yang memiliki kandungan likopen sehingga mampu menghambat produksi kolesterol jahat dalam tubuh.
  • Mangga dengan kandungan vitamin c yang mampu menghambat pertumbuhan plak penyebab kolesterol dalam darah.
  • Delima dengan oksida nitrat yang mampu menjadi penurun kolesterol.
  • Lemon dengan kandungan vitamin c yang sangat tinggi dan dapat meningkatkan produksi HDL.
  • Alpukat dengan kandungan vitamin e yang juga mampu berperan sebagai makanan penurun kolesterol dengan meningkatkan jumlah HDL dalam tubuh.
  • Anggur memiliki kandungan falvonoid sehingga mampu menurunkan kolesterol dalam darah.
  • Blueberry yang memiliki kandungan pterostilbene atau sejenis antioksidan dalam tubuh.
Baca Juga:  Cara Mengusir Kecoa Yang Tepat dan Aman

sayuran

Sayur

Sayur juga dapat menjadi makanan untuk penderita kolesterol. Hal ini tentunya dengan mengkonsumsi sayuran penurun kolesterol. Makanan penurun kolesterol dengan jenis sayur-sayuran yang dapat anda konsumsi adalah,

  1. Buncis adalah salah satu sayuran penurun kolesterol. Hal ini karena buncis memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi dan mampu menjadi penurun kolesterol bagi para penderita kolesterol.
  2. Bayam juga menjadi sayuran penurun kolesterol. Meskipun sebenarnya bayam tidak secara langsung menjadi penurun kolesterol, namun bayam dapat melindungi jantung dari penimbunan lemak yang secara tidak langsung berperan terhadap kadar kolesterol dalam darah.
  3. Wortel dapat dijadikan makanan untuk penderita kolesterol selain untuk kesehatan mata. Wortel memiliki kandungan vitamin A yang akan berpengaruh pada kandungan kolesterol dalam darah.
  4. Seledri sebagai obat tekanan darah tinggi. Selederi dapat juga dikategorikan sebagai makanan penurun kolesterol meskipun sebenarnya seledri memiliki manfaat untuk menetralkan tekanan darah tinggi. Dengan mengontrol tekanan darah tinggi, maka seledri juga akan mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

kacang kacangan

Kacang-kacangan

Selain buah dan sayuran penurun kolesterol, anda juga bisa mengkonsumsi kacang-kacangan. Jenis kacang-kacangan yang menjadi makanan penurun kolesterol adalah kacang almond, jenis kacang kenari dan kacang mede.

Hal ini karena kacang memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yang baik untuk pembuluh darah dan secara langsung akan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Demikian mengenai cara mengatasi kolesterol melalui makanan penurun kolesterol yang telah dijabarkan secara terperinci mulai dari pengertian kolesterol apa, makanan dan sayuran pantangan kolesterol tinggi, makanan untuk penderita kolesterol hingga makanan penurun kolesterol.

Pada kesimpulannya, sesuatu yang berlebihan selalu berujung tidak baik. Terapkan pola hidup sehat dengan membatasi konsumsi makanan yang justru membahayakan bagi tubuh anda. Sekian.

(Visited 150 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *