oleh

3 Cara Mengatasi Anak Rewel di Malam Hari

-Optimis-34 views

Cara Mengatasi Anak Rewel – Mendengarkan tangisan si kecil di malam hari kadang membuat sebagian orang tua menjadi panik karena bingung harus melakukan apa untuk membuat si kecil kembali tenang dan tertidur pulas. Terlebih lagi jika ini menjadi pengalaman pertama menghadapi anak yang rewel di malam hari.

Anak yang rewel di malam hari terkadang lebih sulit untuk di tenangkan dan butuh trik atau cara khusus agar anak bisa tenang dan kembali tidur. Anak khususnya bayi memang terkadang bisa tiba-tiba menangis di tengah malah dan itu pasti ada penyebabnya. Nah, untuk itulah orang tua harus mengetahui bagaimana cara mengatasi anak rewel di malam hari.

Cara Menenangkan Anak Rewel di Tengah Malam

Tak sedikit orang tua baru yang merasa kesulitan untuk menenangkan anak yang sedang rewel di malam hari. Alhasil para mertualah yang pada akhirnya harus turun tangan untuk menenangkan si kecil. Namun jika kamu tinggal terpisah dari orang tua tentu tidak bisa meminta bantuan. Nah, untuk itulah jika anak rewel di malam hari coba lakukan beberapa langkah berikut ini.

Cari Tahu Kenapa Anak Rewel

Cara mengatasi anak rewel di malam hari yang pertama adalah dengan mencari tahu mengapa ia bisa rewel. Tangisan anak khususnya bayi merupakan sebuah bentuk komunikasi anak kepada orang tua jika ia mengalami sesuatu atau menginginkan sesuatu. Nah, untuk itulah penting bagi orang tua memahami arti dari tangisan anak.

Umumnya tangisan anak di malam hari memiliki arti jika ia sedang lapar dan membutuhkan asupan ASI. Bisa juga karena ia merasa kurang nyaman misalnya gerah, kedinginan atau di gigit oleh nyamuk atau serangga lain. Dengan mengetahui penyebab mengapa anak rewel maka akan lebih mudah untuk menenangkannya.

Bacakan Ayat Suci Al-Quran

Membacakan ayat suci Al-Quran juga menjadi salah satu cara ampuh untuk menenangkan anak yang tiba-tiba rewel atau menangis di malam hari. Mengapa? Seperti yang sudah kita ketahui jika jin dan setan di ciptakan bertujuan untuk menyesatkan manusia dan menjerumuskannya ke dalam dosa.

Nah, bisa saja si kecil menangis di malam hari karena mendapatkan gangguan dari bangsa jin. Hal itu karena anak kecil masih sangat suci dan rentan dengan gangguan-gangguan tersebut. Maka untuk menenangkannya orang tua bisa membacakan ayat suci Al-Quran.

Ada banyak ayat di dalam Al-Quran yang sering di jadikan sebagai doa agar anak tidak rewel. Salah satunya adalah ayat 20 yang terdapat pada surah At-Takwir. Di mana cara pengaplikasiannya adalah dengan meniupkan bacaan ayat tersebut ke telapak tangan lalu mengusapkannya ke wajah si kecil. Atau bisa juga dengan meniupkannya ke telinga si kecil dengan lembut.

Tak hanya itu saja di kutip dari situs sanghamba.com, lantunan ayat suci yang di perdengarkan untuk anak kecil juga bisa memberikan ketenangan dan kenyamanan pada anak. Jadi selain membaca doa khusus, orang tua juga bisa membacakan ayat suci Al-Quran langsung di samping anak yang sedang rewel.

Gendong Si Kecil

Mengendong atau menimang si kecil yang sedang rewel di malam hari juga bisa menjadi solusi. Di mana biasanya si kecil merasa kurang nyaman dan pada akhirnya menangis. Orang tua bisa menggendong si kecil sambil sedikit berjalan untuk menenangkannya dan jika sudah tenang orang tua bisa langsung meletakkan si kecil kembali ke kasur.

Demikianlah pembahasan kami untuk cara mengatasi anak rewel di malam hari. Wah ternyata cukup mudah untuk menenangkan anak ketika rewel atau menangis di tengah malam. Jadi jika anak rewel di malam hari, kamu jangan panik lagi karena sudah mengetahui bagaimana cara mengatasinya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *