oleh

Cara Membuat Obat Sakit Gigi Berlubang Secara Alami

Cara Membuat Obat Sakit Gigi Berlubang – Gigi berlubang adalah salah satu penyakit pada gigi yang kerap kali di alami oleh kebanyakan orang. Jika tidak di tangani dengan baik rasa sakit yang di timbulkan bisa tidak tertahankan. Selain mengkonsumsi obat peredam nyeri yang dapat kita beli ternyata kita juga bisa membuat obat sakit gigi berlubang sendiri dan tentunya menggunakan bahan alami.

Di Indonesia sendiri kesadaran akan pentingnya kesehatan gigi masih sangat kurang. Maka dari itu ada banyak masyarakat Indonesia yang mengalami keluhan pada giginya, salah satunya adalah keluhan gigi berlubang. Namun yang akan kita bahas kali ini bukanlah mengenai penyebab gigi berlubang, melainkan bagaimana cara membuat obat sakit gigi berlubang yang alami dan tentunya aman.

Cara Membuat Obat Sakit Gigi Berlubang

Wilayah Indonesia sendiri memiliki banyak sekali tanaman yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh, tak heran jika kebanyakan masyarakat kita saat ini masih banyak yang menggunakan obat alami yang di turunkan dari para nenek moyang terdahulu. Nah, berikut ini beberapa cara membuat obat sakit gigi berlubang secara alami.

Menggunakan Garam

Pertama kamu dapat menggunakan garam sebagai obat alami untuk sakit gigi berlubang. Karena garam sendiri memiliki kandungan antibakteri dan antiseptik. Kamu dapat menggunakan larutan air garam sebagai obat kumur yang berguna untuk mengurangi peradangan serta rasa nyeri serta mencegah perkembangan bakteri di dalam milit. Berikut ini adalah cara pembuatannya:

  • Larutkan 1 sendok teh garam dalam satu gelas air hangat. Aduk kemudian berkumurlah dengan menggunakan larutan garam tersebut sampai mengenai seluruh bagian di dalam mulut kamu selama 1 menit. Kamu dapat memfokuskan berkumur pada bagian yang terdapat gigi berlubang. Lakukan hal ini maksimal 3 kali sehari.
  • Cara lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencampurkan setengah sendok teh garam dengan sari lemon. Setelah itu olehkan campuran tersebut pada bagian gigi yang berlubang sambil memijat pada bagian gusi selama beberapa menit. Jika sudah kamu bisa membersihkannya dengan cara berkumur menggunakan air hangat. Kamu bisa melakukan hal ini 2 kali sehari selama beberapa hari untuk menghilangkan bakteri.
Baca Juga  4 Penyakit Pada Sistem Reproduksi Yang Wajib Diwaspadai

Menggunakan Bawang Putih

Bawang putih dapat berfungsi sebagai antibiotik alami yang sangat direkomendasikan sebagai obat sakit gigi berlubang. Selain itu bawang putih juga berguna untuk mengurangi rasa nyeri yang muncul akibat gigi berlubang dan gusi serta gigi menjadi lebih sehat. Berikut ini cara menggunakan bawang putih untuk obat sakit gigi.

  • Sediakan 4 siung bawang putih dan juga setengah sendok teh garam. Kemudian oleskan pada bagian gigi yang berlubang atau yang mengalami infeksi, biarkan saja sampai 10 menit. Setelah itu berkumur dengan menggunakan obat kumur. Lakukan hal ini 2 kali sehari selama beberapa hari untuk mengurangi penyebaran gigi berlubang.
  • Jika kamu merasakan nyeri pada bagian gigi yang berlubang, kamu juga dapat menggunakan minyak bawang putih untuk meredakan rasa nyeri tersebut. Caranya cukup oleskan saja minyak tersebut pada bagian gigi yang berlubang.
  • Jika kamu malas mengolah bawang putih untuk obat alami, kamu juga dapat langsung mengunyah bawang putih secara langsung. Ini juga cara yang bisa di bilang sangat efektif untuk mengatasi sakit gigi.

Menggunakan Akar Manis

Berdasarkan sebuah penelitian yang di publikasi oleh American Chemical Society’s Journal of Natural Products, akar manis atau licorice di percaya memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan gigi. Karena di dalam akar manis terdapat sebuah senyawa icorisoflavan A dan licoridin yang merupakan antibiotik yang berguna untuk mencegah pertumbuhan penyebab gigi berlubang.

Bukan hanya itu saja, akar manis sebagai obat alami dan tradisional juga memiliki manfaat lain yaitu dapat mengurangi plak pada gigi. Kamu dapat menggunakan bibik akar manis untuk menyikat gigi atau kamu juga dapat menggunakan batangnya yang lembut untuk menggosok gigi kamu.

Demikianlah pembahasan mengenai bagaimana cara membuat obat sakit gigi berlubang secara alami. Memang sebenarnya yang paling penting adalah menjaga dan selalu merawat kesehatan gigi supaya tidak sampai berlubang. Salah satu caranya adalah dengan rutin sikat gigi minimal 3 kali sehari.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed