oleh

Apa Itu SEO? Pengertian dan Indikator Utama SEO

-Optimis-10 views

Apa itu SEO? Pertanyaan ini sering kali di tanyakan oleh orang-orang yang baru saja memulai membangun webste atau blog. Pasalnya SEO sendiri menjadi cara yang paling efektif untuk mengoptimasi sebuah website dan blog agar bisa mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian. Maka tidak heran jika setiap pemilik website wajib memahaminya.

Secara sederhana manfaat dari penerapan SEO pada website dan blog adalah untuk meningkatkan performa suatu website. Namun sebenarnya itu hanya sebagian kecil dari manfaat menerapkan teknik SEO pada website dan blog. Nah, di artikel ini kita akan membahas apa itu SEO serta apa saja indikator utama SEO yang perlu kamu ketahui.

Apa Itu SEO?

Search engine optimization atau SEO adalah sebuah teknik untuk mengoptimasi website dengan tujuan agar bisa mendapatkan ranking teratas di hasil pencarian. Dengan mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian potensi untuk mendapatkan banyak traffic organik pun akan semakin besar.

Selain dapat meningkatkan traffic organis, penerapan SEO pada website juga akan membantu kamu dalam mendapatkan traffic yang tepat sasaran. Jadi kamu tidak hanya fokus pada traffic yang tinggi saja, melainkan traffic yang tertarget yang sesuai denga tujuan utama website yang kamu buat.

Untuk bisa mendapatkan manfaat yang besar dari penerapan SEO, kamu perlu mengikuti aturan-aturan yang telah di buat oleh mesin pencari dalam hal ini adalah Google. Kamu perlu mengetahui algoritma dari Google dan apa saja indikator utama SEO.

Indikator Utama SEO

Indikator utama SEO selalu berubah setiap waktu. Perubahan indikator utama ini ini sendiri bergantung pada algoritma dari Google. Jika algoritma Google berubah, maka indikator utama SEO juga ikut berubah.Di kutip dari situs Matadigital.id ada beberapa indikator utama SEO yang perlu kamu ketahui.

Struktur URL

Struktur URL yang sederhana akan sangat membantu mesin pencari Google dalam menemukan website kamu serta mengenali topik dari konten yang kamu bahas. Sebaiknya dari awal kamu membuat website langsung menggunakan struktur URL yang hanya berupa nama domain dan judul artikel saja supaya lebih sederhana.

Penggunaan SSL

Sejak tahun 2014 Google lebih mengutamakan untuk memunculkan website yang menggunakan SSL untuk muncul di hasil pencarian. Alasannya karena SSL dapat mengenkripsi semua transfer data yang terjadi pada website kita. Sehingga keamanan data pengguna menjadi lebih terjamin.

Selain itu kebanyakan browser sat ini juga telah menandai website yang tidak menggunakan SSL sebagai situs not secure. Jika website kamu belum menggunakan SSL, masa saat ini adalah waktu yang tepat untuk kamu memasang SSL pada website kamu.

Topik Konten

Kamu harus memiliki topik utama yang saling berhubungan untuk membangun struktur website yang baik. Setelah kamu selesai menentukan topik utama, maka berikutnya kamu harus membuat konten untuk setiap topik yang sudah kamu tentukan sebelumnya.

Misalnya saja kamu memiliki website yang punya topik seputar traveling. Setidaknya kamu harus memiliki topik utama misalnya seperti rekomendasi tempat wisata, kuliner dan penginapan. Ketiga topik tersebut memiliki keterkaitan dengan topik utama website kamu yaitu mengenai traveling.

Struktur Konten

Selain menentukan topik utama dari website kamu, kamu juga perlu memperhatikan struktur konten agar mudah di baca dan di pahami/ Permudah para pembaca dalam menemukan jawaban atas pertanyaan mereka di dalam konten yang kamu buat dengan struktur yang jelas dan juga rapi.

Adapun cara untuk membuat struktur konten yang baik adalah kamu dapat memanfaatkan heading dan subheading untuk menegaskan poin-poin penting yang ada di dalam konten kamu. Selain itu kamu juga dapat menambahkan gambar, infografik hingga video agar pembaca bisa memahami konten yang kamu buat.

Backlink

Backlink masin memegang peran yang penting dalam SEO. Semakin banyak backlink yang mengarah ke website kamu maka Google juga akan menilai website kamu memiliki kredibilitas yang tinggi. Namun tentu saja backlink tersebut harus berasal dari blog atau website yang berkualitas dan bukan website atau blog yang memiliki kualitas kurang bagus.

Kamu dapat mencari backlink berkualitas dengan menemukan blog berkualitas yang menerima guestpost baik itu gratis maupun berbayar. Selain itu kamu juga bisa mendapatkan backlink dari situs forum besar seperti KasKus dan Medium. Kamu juga bisa membeli backlink berkualitas dari penyedia jasa backlink murah yang bisa kamu temukan di internet.

Demikianlah pembahasan mengenai apa itu SEO dan indikator utama dari SEO. Semoga dengan memahami SEO kamu bisa lebih mengerti jika SEO itu sangat penting dalam perkembangan sebuah website atau blog.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *