Yuk Kenali Manfaat Infused Water Lemon!

Posted on

olah ragaGaya hidup sehat kini sudah menjadi salah satu tren baru yang berkembang di masyarakat. Sudah semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya kesehatan dan menjaga kesehatan tubuh sendiri. Berbagai macam olahraga kini mulai tren dan kadang juga menjadi viral. Memiliki tubuh ideal ditambah dengan otot perut six packs menjadi salah satu tren yang sedang booming.

Banyak orang yang sengaja mengubah pola makan dan gaya hidup dengan memperbanyak berolahraga agar dapat tampil gaya mengikuti tren yang sedang berkembang tersebut. Mulai beralihnya tren serta gaya hidup masyarakat ke arah hidup sehat membuat berbagai pola hidup sehat banyak dilakukan oleh masyarakat.

Yang termasuk menjadi tren adalah pola makan yang sehat. Salah sat pola makan sehat yang kini banyak dilakukan oleh masyarakat adalah dengan meminum infused water. Manfaat minum air ini diklaim sangat baik untuk menurunkan berat badan dengan sehat membuat banyak orang berbondong-bondong membiasakan diri meminum infuse water ini.

Bagi Anda yang ingin mulai mengubah pola hidup Anda menjadi lebih sehat, sangat penting untuk memulai dari hal-hal yang kecil. Adapun hal kecil yang dapat mulai diubah diantaranya adalah dengan mengubah kebiasaan makan Anda pastikan Anda makan dengan teratur.

Atur komposisi makanan yang Anda makan. Biasakan minum air putih untuk mencukupi kebutuhan air selama sehari dan untuk menghindari dehidrasi. Jika Anda tidak terbiasa minum banyak air putih, Anda dapat menggantinya dengan air jenis ini.

Salah satu alternatif minuman sehat yang kini sedang menjadi tren di dunia. Lalu, apa sebenarnya infused water itu? Tahukah Anda apa manfaat infused water bagi tubuh Anda? Yuk kita pelajari bersama!

contoh infused water

Apa itu Infused Water?

Sebelum kita mencari tahu apa sebenarnya manfaat infused water, pertama, mari kita berkenalan terlebih dahulu dengan jenis minuman ini. Infused water dapat dibilang sebagai cara lain menikmati air putih. Hal ini karena minuman jenis ini merupakan minuman yang dibuat dengan cara menambahkan aroma serta buah segar ke dalam air minum Anda dengan teknik perendaman serta pendiaman.

Perendaman dan pendiaman ini biasanya dilakukan dalam selang waktu tertentu dalam suhu rendah atau suhu refrigerator. Hal ini menyebabkan air yang dihasilkan memiliki aroma dan rasa yang lebih nikmat serta lebih segar ketika dinikmati dibandingkan dengan mengkonsumsi air putih biasa. Berbagai buah dapat dimasukkan sebagai penambah rasa dan aroma sesuai dengan yang Anda kehendaki.

Kita ketahui bahwa manusia terdiri dari 70 persen air. Oleh karenanya, kebutuhan tubuh akan air setiap harinya harus terpenuhi. Jika tidak, kinerja tubuh dapat terganggu yang berakibat pada kurangnya kewaspadaan, dehidrasi, dan berbagai hal lainnya.

Dalam satu hari, setidaknya Anda harus mengkonsumsi 2 liter air putih. Namun, banyak orang yang tidak dapat memenuhi kebutuhan air putih tubuh setiap harinya karena berbagai hal. Yang pertama karena tidak merasa haus, terutama bagi mereka yang tinggal di pegunungan atau kawasan dingin lainnya. Yang kedua karena tidak suka dengan rasa air putih.

Selain dua alasan tersebut, masih banyak alasan lainnya. Infused water dapat digunakan sebagai pengganti air putih biasa. Karena rasa serta aromanya yang segar, banyak orang akan lebih suka dibandingkan dengan air putih biasa.

Apalagi, Anda bisa memilih sendiri aroma dan rasa buah apa yang ingin Anda masukkan ke dalam infuse water Anda. Itu tadi salah satu manfaat infused water yang dapat kita peroleh.

Apa saja yang dapat dijadikan bahan untuk resep infused water?

air infusedSeperti yang sudah kita singgung sebelumnya, dalam membuat infused water, bahan yang diperlukan adalah air dan buah sesuai dengan pilihan. Namun, buah seperti apa ya yang dapat kita gunakan? Yang disarankan sebagai bahan adalah buah yang memiliki aroma yang menyegarkan dengan rasa yang cenderung manis dan asam.

Hal ini karena buah-buahan dengan rasa tersebut akan memberikan efek yang menyegarkan pada tubuh Anda. Jangan pilih buah yang memiliki daging buah lunak.

Walaupun kandungan gizinya juga sangat baik untuk tubuh, namun, buah dengan daging lunak akan mudah hancur saat direndam sehingga rasa yang dihasilkan kurang enak. Adapun buah yang dapat dijadikan pilihan diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Lemon
  2. Mentimun
  3. Jeruk
  4. Belimbing
  5. Anggur
  6. Strawberry

Selain menambahkan buah, Anda juga dapat memasukkan daun mint ke dalam infused water Anda. Dengan memasukkan daun mint, Anda akan merasakan sensasi daun mint yang segar dan aroma yang nikmat.

air olahan

Selain buah yang dapat dijadikan sebagai bahan, ada juga bahan yang perlu dihindari. Adapun buah yang sebaiknya dihindari diantaranya adalah buah lunak dan buah yang mudah teroksidasi sebagai berikut.

  1. Pisang
  2. Pepaya
  3. Semangka
  4. Apel

Mengapa apel termasuk buah yang tidak cocok dijadikan sebagai bahan? Hal ini karena buah apel sangat mudah teroksidasi sesaat setelah dipotong. Hal ini tentunya menjadi masalah jika terjadi.

Oleh sebab itu, penggunaan apel sebagai bahan sebaiknya dihindari. Begitu pula dengan jenis buah yang dapat dengan mudah teroksidasi saat dipotong lainnya seperti pear dan sebagainya.

air terinfuseDalam memilih bahan yang digunakan, kandungan gizi juga perlu diperhatikan. Karena kita tidak memakan buah secara langsung, tentunya banyak zat gizi yang tidak dapat masuk ke dalam tubuh kita.

Perlakukan perendaman membuat zat gizi yang dapat masuk ke dalam tubuh hanyalah zat gizi yang larut air. Hal ini membuat pemilihan bahan dengan gizi larut air tinggi dapat menjadi prioritas utama.

Adapun zat gizi larut air diantaranya adalah vitamin b dan c. Memilih buah dengan kandungan vitamin b dan c yang tinggi akan sangat baik dilakukan. Selain itu, agar vitamin tersebut dapat dengan mudah release ke air, pengecilan ukuran sangat diperlukan.

Prinsipnya, semakin banyak kontak permukaan buah dengan air, zat gizi larut air yang berdifusi akan semakin banyak. Sehingga semakin kecil ukuran akan semakin baik. Memadukan dua atau lebih macam buah juga dapat dilakukan untuk membuat kombinasi rasa dan aroma yang nikmat serta membuat lebih banyak vitamin larut air yang berpindah ke minuman yang kita buat.

Mengapa Pilih Lemon?

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, ada banyak jenis buah yang dapat dijadikan sebagai bahan. Hal yang terpenting dari pemilihan bahan adalah kandungan gizinya.

Pilih buah yang memiliki banyak zat gizi yang dapat larut air. Infused water termasuk dalam pengolahan makanan secara minimal. Pengolahan secara minimal yang dimaksud hanya berupa pemotongan dan perendaman di dalam air. Hal ini membuat zat gizi yang terkandung di dalam bahan tersebut tidak rusak terutama oleh proses pengolahan lain seperti proses pemanasan.

penggunaan lemonDari banyak buah yang dapat dijadikan sebagai bahan, lemon adalah buah favorit. Mengapa demikian? Hal ini karena lemon menjadi salah satu buah yang memiliki rasa asam yang menyegarkan sehingga membuat efek segar semakin terasa ketika mengonsumsinya.

Lemon juga dikenal sebagai buah yang kaya vitamin C. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang dapat larut air. Hal ini tentunya akan membuat banyak vitamin C yang akan terlarut dalam infused water dengan bahan lemon.

Lemon juga dapat menjadi salah satu bahan yang sangat mudah dipadukan dengan bahan dan buah lainnya. Lemon akan terasa sangat segar jika dipadukan dengan mint.

Perpaduan rasa asam dan efek dingin daun mint adalah perpaduan yang sangat baik. Rasanya yang asam membuatnya dapat dengan mudah berpadu dengan rasa buah lainnya seperti strawberry, mentimun, anggur, dan sebagainya.

Apa Saja Manfaat Infuse Water Lemon?

Ada banyak manfaat infuse water secara umum atau manfaat infuse water lemon secara khusus yang dapat diperoleh. Dari banyaknya manfaat tersebut, ada beberapa klaim manfaat yang membuat minuman ini menjadi salah satu minuman yang sangat populer dikalangan masyarakat yang ingin mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Adapun beberapa klaim tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

Detoksifikasi

Lemon yang digunakan sebagai bahan diklaim memiliki fungsi sebagai sarana detoksifikasi yang baik bagi tubuh. Detoksifikasi adalah pengeluaran toksin atau racun dalam tubuh. Banyak orang percaya bahwa racun akan menumpuk di dalam tubuh jika kita melakukan pola makan yang tidak sehat dan melakukan pola hidup yang tidak sehat pula.

Anti aging

anti agingSiapa yang tidak ingin menjadi tetap awet muda? Semua orang tentu menginginkannya. Salah satu caranya adalah dengan meminum infused water. Klaim ini menjadi salah satu klaim yang membuat bayak orang mulai tertarik membuat infused water.

Zat yang dapat menjadi agen anti penuaan adalah antioksidan. Ada berbagai macam jenis anti oksidan yang tersedia secara alami di berbagai jenis bahan makanan. Pada lemon, antioksidan yang terkandung di dalamnya adalah vitamin C. Ya, vitamin C dapat bekerja sebagai antioksidan.

Lalu bagaimana kerja antioksidan dalam menghambat penuaan dini? Caranya adalah dengan menangkap radikal bebas yang ada di dalam tubuh.

Radikal bebas adalah zat di dalam tubuh yang bersifat merugikan karena dapat bereaksi dengan sel tubuh dan membuat kerusakan. Radikal bebas ini dapat diperoleh dari makanan yang tidak sehat, asap kendaraan, dan banyak hal lainnya.

Dengan mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung antioksidan seperti bah dan sayur, Anda dapat melawan radikal bebas di dalam tubuh dengan lebih mudah.

Jangan lupa mengkonsumsi buah dan sayur secara teratur dan menghindari makanan tidak sehat seperti makanan tinggi lemak. Hal ini karena semakin banyak antioksidan yang dikonsumsi, maka akan semakin banyak pula radikal bebas yang dapat ditangkap. Anda pun dapat awet muda.

timbanganMenurunkan berat badan

Klaim manfaat infused water yang ketiga adalah dapat menurunkan berat badan dengan cara yang sehat. Sebenarnya, belum ada penelitian dan pembuktian secara medis mengenai klaim ini. Namun, ada efek yang kemungkinan dapat dirasakan jika Anda mengkonsumsinya secara teratur.

Kebanyakan rasa lapar yang kita rasakan sebenarnya adalah stimulasi dari rasa haus. Karena kita tidak suka minum air putih, rasa haus tersebut berubah menjadi perasaan lapar. Padahal, beberapa rasa lapar dapat diredam hanya dengan minum karena tubuh sebenarnya hanya memerlukan asupan air.

Dengan minum secara teratur, kebutuhan cairan dalam tubuh akan terjaga. Hal ini membuat rasa ‘lapar’ yang sebenarnya adalah stimulasi rasa haus tidak muncul. Alhasil, kebiasaan memakan cemilan di sela waktu luang dan kebiasaan makan tidak pada waktunya menjadi berkurang. Hal inilah yang menjadi penyebab turunnya berat badan.

Pemenuhan cairan tubuh

Mengkonsumsi minuman ini juga dapat menjadi alternatif cara untuk memenuhi kebutuhan air di dalam tubuh. Banyak orang tidak menyukai air putih karena tidak berasa sehingga saat meminumnya dengan jumlah banyak akan terasa mual dan tidak enak badan. Padahal, air putih sangat baik bagi kesehatan.

Meminum air berasa seperti teh, kopi, dan minuman dengan kandungan gula tidak dapat dihitung sebagai pemenuhan cairan tubuh. Kopi dengan kandungan kafeinnya justru akan memberikan efek dehidrasi.

Kandungan gula yang tinggi pada minuman kemasan tidak baik untuk kesehatan. Dengan meminum minuman ini, Anda dapat memenuhi kebutuhan air minum Anda tanpa takut dengan rasa yang tidak enak. Aroma dan rasa buah dapat mendukung Anda untuk dapat minum air sesuai dengan jumlah yang disarankan.

Nah, itu tadi 4 klaim manfaat infused water yang dapat Anda peroleh. Dengan mengkonsumsi air terinfused, Anda dapat memiliki sebagian manfaat yang diklaimkan. Ada beberapa klaim yang belum terbukti secara medis, namun, ada juga klaim yang secara logika dapat terjadi di dalam tubuh.

manfaat minum air terinfused

Bagaimana Cara Membuat Infused Water Lemon?

Cara membuat infused water lemon sebenarnya cukup sederhana. Tidak perlu banyak langkah sehingga Anda yang tidak memiliki banyak waktu luang pun dapat membuatnya dengan mudah dan cepat.

Resep Infused Water

Bahan:

  • Lemon 2 buah
  • Mentimun 1 buah
  • Daun mint 12 lembar
  • Air 3 liter

Cara membuat:

  • Potong lemon tipis-tipis.
  • Bagi mentimun menjadi dua bagian sama besar. Potong satu bagian mentimun tipis-tipis.
  • Masukan potongan lemon dan mentimun ke dalam wadah berisi 3 liter air.
  • Masukkan daun mint ke dalamnya
  • Aduk sampai merata
  • Tutup wadah dengan rapat
  • Masukkan ke dalam refrigerator selama 2 jam
  • Cicipi terlebih dahulu, jangan sampai terlalu asam
  • Jika terlalu asam, Anda dapat menambahkan air secukupnya

Bagaimana? Mudah bukan cara membuat infused water lemon? Anda dapat membuat nya sendiri di rumah dengan mudah dan cepat. Infused water dapat Anda bawa sebagai bekal air minum selama Anda melakukan aktivitas sehari-hari.

Anda juga dapat menjadikan minuman ini sebagai pengganti air minum Anda terutama jika Anda termasuk orang yang tidak suka minum air putih karena rasanya yang hambar dan sebagainya. Berbagai manfaat infused water dapat Anda rasakan, terutama untuk memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh.

Nah, itu tadi ulasan mengenai apa itu infused water dan apa saja klaim manfaat infused water yang dapat Anda peroleh. Infused water dapat Anda jadikan sebagai salah satu alternatif pengganti air minum untuk memenuhi kebutuhan cairan Anda setiap hari.

Jangan lupa konsumsi air sesuai dengan kebutuhan sekitar 2 liter setiap hari untuk memenuhi kebutuhan cairan Anda. Semoga artikel ini membantu. Salam sehat!

(Visited 4 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *