cara menjaga kesehatan tubuh
Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Wanita
12/28/2016
obat infeksi saluran kemih
Waspadai Gejala Infeksi Saluran Kemih
01/05/2017

Waspadai Penyakit Keputihan Pada Wanita

penyakit keputihan

Penyakit keputihan adalah masalah klasik yang terjadi hampir pada setiap wanita. Yang sering jadi masalah adalah tingkat keparahannya dimana ketika keputihan dibiarkan tanpa pengobatan bisa menyebabkan komplikasi penyakit serius.

Saat wanita mengalami keputihan sebenarnya hal tersebut merupakan kondisi alami karena keputihan sendiri berfungsi membersihkan dan memproteksi organ vital dari infeksi. Ketika mengalami keputihan wanita akan mengeluarkan lendir dari organ vital. Lendir tersebut diproduksi oleh leher rahim (serviks) dan kelenjar dalam organ vital yang keluar membawa bakteri dan sel-sel mati.

Waspadai Gejala Berbeda

penyakit keputihan pada wanitaSiklus menstruasi sangat mempengaruhi kekentalan, warna dan jumlah lendir keputihan. Untuk lendir yang normal biasanya bening agak keputih-putihan serta tidak berbau dan tidak ada gejala lanjutan seperti rasa perih atau gata-gatal di area organ vital. Namun jika mengalami keputihan yang tidak biasa sebaiknya perlu diwaspadai.

Penyakit keputihan pada wanita seringkali ditandai dengan perubahan warna maupun kekentalan lendir serta jumlah lebih banyak dari keputihan biasa. Bisa dikatakan menjadi penyakit keputihan serius bila lendir berbau menyengat, organ vital terasa gatal, nyeri perut dan terjadi pendarahan di luar siklus haid.

Seorang remaja putri yang belum melewati masa pubertas jarang sekali mengalami keputihan yang tidak normal, demikian juga dengan wanita yang sudah memasuki masa menopause. Untuk mencegah masalah lebih serius terkait keputihan ini sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami gejala keputihan tidak normal seperti tersebut diatas.

Jenis Keputihan dan Penyebabnya

Penyakit keputihan pada wanita biasanya disebabkan karena infeksi. Kondisi keputihan tidak normal kadang merupakan indikasi seorang wanita mengalami gejala penyakit tertentu (misalnya kanker serviks) jadi harus diwaspadai. Untuk mengetahui jenis keputihan yang tidak normal dan faktor penyebabnya simak informasinya berikut.

Lendir Berwarna Cokelat dan Mengandung Nanah

Keputuihan dengan lendir kecokelatan dan mengandung nanah umumnya disebabkan siklus menstruasi yang berubah-ubah. Kondisi ini wajib diwaspadai karena meski intensitasnya jarang namun bisa jadi adalah indikasi penyakit kanker serviks atau kanker leher rahim.

Disertai Pendarahan dan Nyeri

Keputihan yang disertai nyeri tulang panggul (terutama saat buang air kecil) dan terjadi pendarahan di luar siklus haid atau setelah berhubungan intim juga perlu diwaspadai. Pada kondisi ini kemungkinan besar wanita terkena gejala penyakit kelamin gonore (Chlamydia). Jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan infeksi parah pada organ reproduksi wanita.

Lendir Berwarna Hijau atau Kuning dan Berbuih

Biang keladi penyakit keputihan pada wanita yang satu ini adalah trikomoniasis, semacam penyakit menular seksual yang muncul karena parasit. Karena terjadi infeksi maka lendir keputihan jumlahnya lebih banyak dengan warna kuning berbuih atau hijau dan berbau amis. Penderita juga akan merasakan perih saat buang air kecil  serta gatal-gatal di area organ vital.  Untuk mengatasinya perlu obat antibiotik.

Lendir Berbau Amis dan Berwarna Putih (Abu-abu)

Keputihan dengan ciri-ciri ini disebabkan perubahan keseimbangan jumlah bakteri normal dalam organ vital sehingga memicu vaginosis bacterial. Lendir yang keluar biasanya berwarna putih atau abu-abu disertai bau amis, namun tidak terjadi iritasi maupun rasa gatal. Infeksi ini lumrah terjadi dan tidak menular sewaktu berhubungan intim. Antibiotik juga diperlukan untuk mengatasi keputihan jenis ini.

Penyakit keputihan pada wanita kadang juga dipicu pemahaman yang salah terkait cara membersihkan organ vital dengan benar. Wanita sering menggunakan wangi-wangian atau sabun beraroma menyengat untuk membersihkan organ kewanitaan.

Padahal secara medis penggunaan sabun beraroma tajam dapat menimbulkan rasa perih di area organ vital dan memicu keputihan tidak normal. Jadi untuk membersihkan organ intim sebaiknya menggunakan air hangat dan sabun tanpa bahan kimia berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *