cek tensi darah tinggi

Ciri Ciri Tensi Darah Normal

Tensi Darah Normal – Tekanan darah pada setiap orang, berbeda–beda antara satu dengan yang lainnya, karena tekanan darah menunjukkan kondisi jantung untuk memompa darah.

Apabila tekanan darah meningkat, biasanya hal itu dapat terjadi pada saat melakukan aktivitas fisik yang berat, misalnya berlari, karena pada saat berlari membutuhkan banyak tenaga dan juga oksigen yang lebih banyak untuk dialirkan ke seluruh tubuh. Hal itu tentu saja bagus untuk kesehatan tubuh, dan tidak akan mengganggu keseimbangan tubuh kita.

Tensi darah adalah ukuran seberapa kuatnya jantung memompa darah ke seluruh tubuh kita. Agar kerja tubuh maksimal, Anda harus memiliki tensi darah normal. Nah, berapakah tekanan darah normal pada orang dewasa?

Cek Tensi Darah

tensi darah normalBagaimanakah cara menjaga tekanan darah agar tetap normal? Dengan tekanan darah yang normal, Anda akan selalu sehat. Anda juga dapat terhindar dari berbagai macam risiko penyakit, seperti stroke, sakit jantung, ginjal, dan tentu saja Anda akan merasa nyaman dalam beraktivitas.

Tekanan darah, bisa dikatakan normal yaitu apabila tekanan darah Anda berada pada posisi sekitar 120/80 mmHg. Jika tensi Anda berada pada posisi 130/85 hingga 140/90 mmHg, maka Anda harus berhati–hati dengan ancaman hipertensi. Jika tekanan darah tidak segera Anda turunkan, maka kemungkinan besar Anda akan terkena tekanan darah tinggi atau pun hipertensi.

Cek tekanan darah sangat penting. Apabila Anda tidak melakukan cek tekanan darah secara rutin, tentu akan berakibat fatal. Penderita stroke umumnya bermula sakit tensi darah tinggi atau pun yang sering disebut dengan hipertensi yang kurang sungguh–sungguh pengobatannya.

Anda bisa cek tekanan darah di klinik atau puskesmas, rumah sakit, maupun apotek yang memberikan pelayanan tersebut.

Baca Juga:  Buah Yang Mengandung Vitamin C

Biasanya, makin rendah tekanan darah Anda, maka makin sehat pula tubuh Anda. Namun jangan pula terlalu rendah karena bisa membuat Anda terkena hipotensi atau tekanan darah rendah.

Tekanan darah normal bisa naik atau pun turun tergantung aktivitas fisik yang Anda lakukan dan kondisi emosional Anda. Jadi, Anda tidak perlu panik apabila mendekati tekanan darah Anda berbeda, asalkan angka tersebut tidak konsisten tinggi maupun rendahnya dalam waktu lama.

Jika hal itu sampai terjadi, itu artinya Anda mengidap hipertensi / tensi darah tinggi atau pun hipotensi / tekanan darah rendah. Kondisi tersebut dapat menjadi suatu pertanda kesehatan Anda sedang terganggu.

hipertensiHipertensi

Seperti sebelumnya yang telah dijelaskan di atas, Anda berisiko terkena hipertensi apabila tekanan darah Anda melebihi 120/80 mmHg atau biasa disebut pra-hipertensi. Anda dapat dikatakan terkena hipertensi jika tekanan darah Anda 140/90 mmHg atau lebih.

Sayangnya, kondisi yang begitu membahayakan ini seringkali tidak menampakkan gejala apa pun sehingga banyak dari penderitanya yang tidak tahu jika mereka mengalami hipertensi.

Hipertensi yang tidak mendapat penanganan dengan baik bisa memicu penyakit mematikan seperti stroke dan juga serangan jantung. Selain itu, hipertensi juga dapat menunggu penglihatan dan menyebabkan kerusakan fatal pada organ lain seperti ginjal.

Beberapa kalangan yang berisiko terkena hipertensi adalah mereka yang kelebihan berat badan, perokok, orang yang berusia di atas 55 tahun, alkoholik, jarang berolahraga, dan suka mengkonsumsi berbagai jenis makanan asin dan kalium / kalsium / magnesium yang rendah.

Hipotensi

Kondisi ini terjadi apabila tekanan darah Anda kurang dari 90/60 mmHg. Umumnya tekanan darah rendah, meski dalam keadaan kronis seklipun, tidak berbahaya jika penderita tidak mengalami gejala–gejala seperti mual, pusing, kelelahan, kehausan, penglihatan tidak jelas, pernapasan menjadi cepat dan dangkal, depresi, kurang konsentrasi dan pingsan.

Baca Juga:  Tekanan Darah Rendah; Pengertian, Penyebab & Cara Mengobati

Meskipun tergolong jinak, tekanan darah yang terlalu rendah dapat memicu kerusakan pada jantung dan otak. Beberapa hal yang dapat memicu terjadinya hipotensi, di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Depresi
  • Kehamilan
  • Anemia
  • Menderita alergi atau infeksi parah
  • Berlebihan mengonsumsi alkohol
  • Kehilangan banyak darah
  • Ketidakseimbangan hormon, misalnya penyakit Addison
  • Penggunaan obat–obatan tertentu seperti obat Parkinson.
  • Gangguan jantung

Ada begitu banyak faktor yang dapat memengaruhi tinggi rendahnya tekanan darah seseorang, di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Aktivitas
  • Umur
  • Kesehatan jantung
  • Lemak dalam darah
  • Psikis
  • Tahanan perifer
  • Volume darah
  • Viskositas darah
  • Distensibilitas dinding pembuluh darah
  • Jenis kelamin
  • Kerja otot
  • Bentuk tubuh
  • Sikap badan
  • Keadaan setelah makan
  • Keadaan tidur
  • Susunan saraf otonom
  • Sistem renin anglotensin
  • Refleks baroreseptor

Tensi darah normal harus dijaga sehingga tetap stabil. Sebenarnya tidak hanya tensi darah tinggi saja yang tidak bagus untuk kesehatan, tekanan darah rendah pun tidak baik untuk kesehatan.

tekanan darah

Oleh sebab itulah, kita perlu menjaga agar tekanan darah kita tetap normal. Bagaimana caranya? Nah, berikut ini merupakan beberapa cara yang mungkin dapat Anda lakukan demi menjaga tekanan darah, di antaranya adalah :

Selalu cek tekanan darah Anda

Cek tekanan darah sangat penting. Apabila Anda tidak melakukan cek tensi darah secara rutin, tentu akan berakibat fatal. Penderita stroke umumnya bermula sakit tekanan darah tinggi atau pun yang sering disebut dengan hipertensi yang kurang sungguh–sungguh pengobatannya. Anda bisa cek tensi darah di klinik atau puskesmas, rumah sakit, maupun apotek yang memberikan pelayanan tersebut.

Minum obat penurun darah tinggi

Anda bisa meminum obat penurun darah tinggi dari resep dokter. Anda juga bisa menggunakan obat herbal darah tinggi, atau Anda bisa juga memilih obat mana yang dirasa cocok.

Baca Juga:  Yuk Kenali Manfaat Infused Water Lemon!

Hindari makanan penyebab darah tinggi

Anda harus menghindari berbagai makanan yang dapat memicu terjadinya tekanan darah tinggi. Meskipun Anda mengonsumsi obat, tetapi kalau Anda tetap mengonsumsi makanan pantangan darah tinggi, sudah pasti tekanan darah Anda akan tetap tinggi.

Makanan–makanan yang menjadi pantangan bagi penderita tekanan darah tinggi, di antaranya seperti kulit ayam, kuning telur, gula, daging kambing, santan kelapa, aneka gorengan, dan sebagainya.

Olahraga

Anda harus melakukan olahraga agar dapat mempertahankan tensi darah normal untuk waktu yang lama. Tidak sebentar–sebentar naik atau pun turun. Setidaknya, dengan melakukan olahraga secara rutin dapat membuat tekanan Anda normal dan lebih stabil.

Jangan merokok dan minum alkohol

Merokok dan minum alkohol dapat menjadi pemicu utama naiknya tekanan darah.

Melatih diri untuk tidak stres

Stres dapat menjadi penyebab tekanan darah naik atau hipertensi. Tetapi tidak sedikit orang yang menganggap bahwa dirinya tidak stres. Latihlah diri Anda agar tidak mudah stres, misalnya dengan melakukan rekreasi, meditasi, atau pun lebih mendekatkan diri kepada Tuhan, dapat menjadi cara yang efektif untuk terhindar dari serangan stres.

(Visited 63 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *