melancarkan menstruasi
Cara Melancarkan Menstruasi dan Pengobatan Secara Medis
12/04/2016
cara melancarkan haid
Cara Melancarkan Haid dan Mengembalikan Haid di Fase Normal
12/09/2016

Tanda Tanda Menstruasi atau Pre-menstruation Syndrome (PMS)

tanda tanda haid

Tanda tanda menstruasi yang biasanya datang sebelum memasuki masa haid disebut Sindrom pra-menstruasi atau dalam istilah medis disebut Pre-Menstruation Syndrome (PMS). Adapun gejala atau tanda-tanda yang mengikuti sebelum masa bulanan wanita tersebut biasanya kram perut, sakit kepala dan perubahan mood atau suasana hati.

Tanda tanda haid di atas umumnya muncul 5-10 hari setiap bulannya dan terjadi sebelum memasuki hari pertama menstruasi. Adapun gejala fisik maupun mental yang mengikuti disebabkan oleh perubahan hormon selama siklus menstruasi terutama hormon estrogen dan hormon progesterone.

Disamping kram dan sakit kepala wanita mengalami tanda tanda haid lainnya seperti kelelahan, perut kembung, nyeri otot serta tumbuh jerawat. Ada sebagian wanita yang mengalami rasa cemas berlebihan, merasa sedih tanpa alasan dan mudah tersinggung dan depresi ringan. Umumnya tanda tanda menstruasi tersebut hilang dengan sendirinya begitu menstruasi tiba atau telah selesai.

Penyebab Perbedaan PMS

Seperti yang dibahas sebelumnya tanda tanda haid pada wanita cenderung tidak sama. Kondisi ini biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti riwayat keluarga yang mengalami PMS atau adanya riwayat keluarga yang pernah mengalami depresi. Wanita juga berpeluang mengalami PMS lebih besar apabila mempunyai riwayat gangguan mood, misalnya bipolar atau depresi pasca melahirkan (depresi postpartum).

Cara Mengendalikan Efek Buruk PMS

Tanda tanda haid atau PMS hampir pasti terjadi pada wanita di usia subur dengan porsi berbeda-beda. Meskipun perubahan suasana hati dan gejala lain yang merupakan peristiwa PMS umumnya sulit dikendalikan namun ada cara untuk meredam atau paling tidak meminimalisir agar efeknya tidak terlalu parah.

Lakukan Perubahan Pola Hidup

Sewaktu tanda tanda menstruasi datang, misalnya suasana hati yang tiba-tiba kacau sebaiknya menghindari faktor pemicu yang menyebabkan kondisi tersebut semakin parah. Artinya hindari semua hal yang beresiko membuat kesal dan stress. Sebaiknya berusaha memahami semua hal yang menyebabkan perubahan suasana hati yang berubah drastis supaya lebih mudah menghindarinya. Jika tidak bisa dicegah minimal suasana hati yang buruk tetap bisa dikontrol.

Hal lain yang bisa dilakukan untuk menghindari PMS adalah berolahraga. Sewaktu berolahraga secara otomatis otak akan melepas zat kimia (endorphin) secara alami. Dalam hal ini endorphin adalah zat khusus yang mampu menenangkan suasana hati. Endorphin juga efektif menangkal perubahan hormon yang diduga sebagai pemicu perubahan suasana hati.

Lakukan Perubahan Pola Makan

tanda tanda menstruasiJadwal makan yang benar dengan mengkonsumsi makanan sehat sebelum menstruasi cukup efektif membantu menetralisir suasana hati yang meledak-ledak. Sangat dianjurkan mengkonsumsi makanan dalam porsi sedikit namun sering.

Sebaiknya tidak makan besar lebih dari 2 kali sehari karena berpotensi meningkatkan gula darah. Kadar gula darah yang naik drastis justru menimbulkan efek buruk terhadap mood atau suasana hati.

Makanan yang direkomendasikan saat terjadi tanda tanda menstruasi yaitu jenis makanan yang banyak mengandung kalsium. Hindari jenis makanan manis yang menyebabkan fluktuasi gula darah.

Sebaiknya juga mengurangi asupan makanan atau minuman yang mengandung kadar kafein tinggi. Kafein memiliki efek buruk seperti mempercepat denyut jantung yang justru memicu gejala PMS seperti rasa cemas dan gelisah.

Pertimbangkan Konsumsi Obat-obatan

Sewaktu tanda tanda menstruasi mulai datang, mengkonsumsi jenis obat tertentu bisa juga dipertimbangkan. Akibat PMS wanita tidak hanya mengalami perubahan suasana hati namun juga muncul rasa sakit di bagian-bagian tubuh tertentu, misalnya sakit punggung atau sakit kepala. Jika hal tersebut terjadi sebaiknya dipertimbangkan mengkonsumsi jenis obat yang mengandung paracetamol maupun ibuprofen.

Wanita wajib mengenali tanda tanda haid atau PMS pada dirinya sendiri supaya lebih mudah menghadapi sekaligus menemukan cara untuk mengatasinya. Bisa jadi ada gejala yang bisa dicegah sehingga ketika siklus menstruasi hadir akan lebih nyaman menjalaninya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *