siklus menstruasi

Siklus Menstruasi Pada Wanita Yang Tidak Teratur

Posted on

Seorang wanita pasti mengalami apa yang namanya menstruasi. Proses menstruasi terjadi karena tidak terjadinya ovulasi sehingga dinding rahim meluruhkan ovum pada dinding rahim.

Siklus menstruasi pada wanita sendiri normalnya terjadi setiap 28 hari sekali. Namun, ada beberapa orang yang bahkan baru mengalami menstruasi setelah 2-3 bulan sekali.

Setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda. Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satu faktornya adalah stress yang dialami seorang wanita sehingga proses menstruasi pun ikut terganggu.

Selain itu, pola tidur yang tidak teratur juga dapat mempengaruhi siklus haid seorang wanita. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari stres dan pola tidur yang tidak teratur agar siklus haid menjadi lancar.

Mengatasi Siklus Menstruasi Pada Wanita Yang Tidak Teratur

 siklus menstruasi pada wanitaSiklus menstruasi pada wanita yang tidak teratur dapat disebabkan oleh hormon atau pun penyakit. Apa bila siklus haid tidak teratur karena pengaruh hormon, maka anda dapat melakukan terapi hormon.

Namun apa bila siklus haid pada wanita ini terjadi oleh karena penyakit, maka anda perlu memeriksakan diri ke rumah sakit secepatnya karena penanganan yang baik dan cepat akan memberikan dampak yang baik pula bagi kesehatan anda.

Selain itu, anda bisa juga mengubah pola hidup agar menjadi lebih sehat dan teratur lagi. Dengan begitu, siklus haid pada wanita akan lebih teratur.

Apa bila anda merokok atau meminum minuman berakohol, maka sebaiknya hentikan kebiasaan buruk itu karena dapat membuat siklus anda menjadi tidak teratur. Selain itu, rutin berolahraga juga dapat mempengaruhi siklus menstruasi pada wanita.

Begitu banyak faktor yang mempengaruhi siklus seseorang. Mulai dari hal paling sederhana seperti berat badan. Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui bahwa berat badan akan mempengaruhi siklus yang dialami para wanita. Naik turunnya berat badan secara siginifikan akan mempengaruhi tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga:  Macam Macam Keputihan Yang Perlu Anda Ketahui

Adanya kenaikan atau penurunan berat badan secara signifikan akan membuat siklus haid seorang wanita menjadi tidak teratur. Selain itu, obesitas atau berat badan yang terlalu ringan juga akan mempengaruhi siklus yang dialami.

Siklus menstruasi pada wanita juga akan terganggu apa bila seorang wanita memasuki masa perimonopause, masa itu adalah masa dimana anda akan segera memasuki masa monopause.

Penggunaan alat kontrasepsi hormonal seperti pil kb, suntik kb, atau kb hormonal juga dapat mempengaruhi siklus menstruasi pada seorang wanita.

Apabila anda merasakan siklus anda terganggu setelah menggunakan alat kontrasepsi hormonal tertentu, maka sebaiknya anda mengganti alat kontrasepsi yang digunakan agar siklus yang tidak teratur tersebut tidak terjadi secara berlarut-larut.

Demikian pembahasan tentang siklus haid pada wanita yang tidak teratur. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan pengetahuan anda!

(Visited 16 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *