keputihan berwarna coklat

Penyebab Terjadinya Keputihan Berwarna Coklat

Keputihan Berwarna Coklat – Keputihan adalah penyakit yang paling sering dialami oleh wanita. Umumnya, keputihan memiliki cairan yang berwarna putih seperti namanya. Akan tetapi, ada juga keputihan yang berwarna selain putih seperti kuning, hijau, dan coklat. Keputihan berwarna coklat dapat terjadi disebabkan oleh banyak faktor diantaranya adalah karena kehamilan.

Perlu anda ketahui bahwa munculnya keputihan berwarna coklat dapat menjadi pertanda kehamilan. Hal ini disebabkan karena pada saat implatansi sel telur yang dibuahi pada rahim menimbulkan pendarahan sehingga timbullah warna kecoklatan tersebut.

Untuk penjelasan lebih lanjut terkait keputihan warna coklat akan dijelaskan di bawah ini.

Faktor Penyebab Keputihan Berwarna Coklat

Selain sebagai tanda kehamilan, keputihan warna coklat juga dapat disebabkan oleh faktor faktor lainnya. Untuk lebih jelasnya berikut faktor yang menyebabkan seseorang mengalami keputihan warna coklat.

  • Perimonopause; adalah keadaan dimana seseorang akan mengalami fase menopause sehingga akan keluar cairan keputihan berwarna coklat dari organ kewanitaan anda.
  • Terlepasnya jaringan endometrium yang tua; hal ini biasanya terjadi ketika seseorang akan mengalami menstruasi atau haid.
  • Vaginitis atropi; yang merupakan peradangan pada vagina. Dimana salah satu gejalanya adalah timbulnya keputihan dengan warna coklat.
  • Polip uterus; kondisi dimana terdapat tumor jinak pada rahim sehingga menyebabkan beberapa masalah kewanitaan seperti menstruasi yang tidak teratur dan keputihan.
  • Infeksi menular seksual; salah satu gejala dari infeksi menular seksual (IMS) adalah keluarnya cairan keputihan yang berwarna coklat.
  • Kanker serviks; adanya keputihan yang berwarna coklat ini juga dapat menjadi tanda bahwa seseorang mengidap penyakit kanker serviks.

Sebenarnya keputihan berwarna coklat merupakan gejala normal yang ada pada tubuh seorang wanita. Kondisinya menjadi tidak normal apa bila kondisi tersebut berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Anda harus memeriksakan diri anda sesegera mungkin kepada dokter atau ahli kandungan untuk menghindari kemungkinan terburuk.

Baca Juga:  Tanda Tanda Menstruasi atau Pre-menstruation Syndrome (PMS)

Penanganan yang tepat dan cepat akan membuat anda terhindar dari berbagai kemungkinan buruk yang mungkin saja terjadi. Apa bila anda didiagnosa mengalami infeksi menular seksual (IMS), maka anda dapat melakukan pengobatan seperti antibiotik dan lain sebagainya.

Jika anda didiagnosa mengalami polip uterus atau tumor jinak maka anda dapat melakukan operasi pengangkatan tumor agar tumor tersebut tidak berkembang menjadi lebih berbahaya lagi.

Namun, jika anda didiagnosa menderia kanker serviks, maka anda harus menjalani perawatan intensiv di rumah sakit dan melakukan berbagai jenis terapi yang disesuaikan dengan tingkat dari stadium kanker yang diderita, misalnya anda dapat melakukan operasi, terapi radiasi, kemoterapi, atau kombinasi.

Nah sekarang anda telah mengetahui penyebab terjadinya keputihan berwarna coklat. Mari menjaga kesehatan tubuh kita agar terhindar dari keputihan seperti ini.

(Visited 33 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *