penyakit sifilis

Penyebab Penyakit Sifilis Pada Manusia

Posted on

Penyakit sifilis merupakan sebuah penyakit seksual yang cukup banyak ditemui dikalangan masyarakat. Umumnya penyakit ini dikenal dengan nama penyakit raja singa. Penyakit sifilis pada mulanya terjadi karena adanya infeksi bakteri yaitu Treponema pallidum.

Bakteri ini biasanya muncul diakibatkan karena hubungan seksual yang tidak sehat atau tidak teratur dan menyalahi aturan kesehatan. Namun selain dari hubungan seksual penyakit ini juga bisa timbul karena adanya kondisi sekitar yang tidak baik seperti penggunaan kamar mandi yang tidak bersih dan kotor.

Perlu anda ketahui bahwa penyakit sifilis ini merupakan sebuah penyakit yang menular.

Salah satu bentuk penularannya yaitu dari hubungan seksual yang dilakukan dengan penderita sifilis lainnya, kemudian tertular melalui darah penderita, penggunaan jarum suntik seperti pemakaian narkoba dan jenis obat-obatan terlarang lainnya, kemudian dari suntikan tato juga bisa menimbulkan terjangkitnya penyakit sifilis.

Berbagai faktor penyebab sifilis biasanya juga tidak pernah disadari dan tidak dihiraukan oleh kebanyakan masyarakat karena sebagian besar dari mereka masih menganggap bahwa penyakit ini adalah penyakit ringan.

Penyebab Penyakit Sifilis dan Dampaknya

Perlu anda ketahui bahwa penyakit sifilis bisa sangat berbahaya bagi manusia bila tidak dilakukan tindakan pengobatan yang tepat. Setelah anda mengenal penyebab sifilis, berikut beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan oleh adanya sifilis dalam tubuh manusia:

Kelumpuhan

Jika manusia sudah mengalami penyakit sifilis fase terakhir maka hal yang paling mengerikan yang mungkin saja dapat terjadi adalah kelumpuhan ke lima indra manusia seperti misalnya kebutaan, pendengarannya yang tak berfungsi, fungsi otak menjadi buruk, serta lain sebagainya.

Penularan pada keturunan

Ibu yang mengandung dengan kondisi kesehatan terjangkit penyakit sifilis maka kemungkinan besar anak yang ada dalam kandungannya akan terkena penurunan sifilis dan bahaya bisa membunuh janin di dalam atau di luar kandungan ibu.

Kematian

Lebih mengerikan lagi jika sifilis tidak segera ditangani maka akan menimbulkan kematian yang secara perlahan.

penyebab sifilis

Sifilis memiliki beberapa fase yang mungkin perlu anda ketahui untuk bisa menentukan tindakan sebaik mungkin. Fase – fase tersebut yaitu:

Fase primer

Pada fase primer bisanya penyebab sifilis masih bisa dengan mudah ditangani dengan cara pemberian antibiotik. Fase ini biasanya ditunjukan dengan munculnya luka pada bagian alat kemaluan manusia atau yang sering dikenal dengan lesi.

Luka ini bisa saja muncul dibagian dalam alat kelamin atau juga bagian luar alat kelamin. Hati – hati, karena pada tahap awal ini justrul tingkat penularan sangat tinggi dan juga rawan, terutama dengan hubungan seksual.

Fase sekunder

Pada fase yang kedua dari penyebab sifilis ini akan menimbulkan gejala ruam pada bagian telapak tangan atau kaki, kemudian demam, nafsu makan hilang, dan sakit tenggorokan bahkan munculnya kutil kelamin.

Fase laten

Yaitu masa non aktif sifilis selama 1 – 2 tahun

Fase tersier

Fase akhir pada tahap ini bakteri sifilis sudah mulai merusak fungsi organ dan melumpuhkan manusia, bahkan kematian.

Penanganan yang tepat dan cepat bisa saja membuat anda terselamatkan dari berbagai marabahaya yang ditimbulkan oleh penyebab sifilis ini.

Selain itu hindarilah berbagai gaya hidup yang tak sehat seperti minum alkohol, penggunaan obat terlarang dan juga seks bebas. Sebaiknya bagi penderita sifilis untuk tidak berhubungan seksual selama dalam masa penyembuhan.

(Visited 3 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *