penyebab penyakit herpes

Penyebab Penyakit Herpes Pada Umumnya

Posted on

Herpes merupakan virus yang ada di dalam tubuh kita, namun untuk mencegah gejala herpes timbul, sistem pertahanan tubuh kita secara terus menerus menekan herpes.

Herpes genitalis sebenarnya merupakan salah satu penyakit menular seksual yang cukup dikenal di dunia karena tidak sedikit yang menderita penyakit ini. Awal gejala timbulnya herpes itu biasanya terlihat pada sekitar area kemaluan dan sekitar mulut pasien.

Timbulnya gejala herpes itu dapat disebabkan oleh beberapa hal. Mulai dari terlalu banyak terekspos oleh sinar matahari hingga pola makan yang kurang baik.

Virus herpes simplex atau HSV  mengandung asam amino arginin, yang apabila terlalu banyak dapat mengakibatkan gejala penyakit herpes muncul.

Pola makan yang kaya akan arginin seperti jus jeruk, kacang-kacangan dan coklat sangat memungkinkan merangsang munculnya gejala herpes.

Namun tidak perlu khawatir, apabila kita melakukan diet yang mengandung lisin yang cukup tinggi maka ini dapat membantu mengatasinya.

Lisin adalah asam amino yang dapat membantu tubuh kita untuk mencegah gejala herpes timbul.

Contoh makanan yang mengandung lisin yaitu buah pir, keju, bawang putih dan ayam.

Gejala Penyakit Herpes

Pasien yang terkena herpes, baik itu virus HSV1 atau HSV2 memiliki gejala yang mirip. Virus herpes hidup di dalam tubuh dan dapat memproduksi gejala yang dapat muncul sewaktu-waktu.

Biasanya pasien herpes baik itu pria atau wanita  memiliki gejala yang timbul sama, awal mula gejala itu seringnya adalah lepuh yang kecil dan terasa sangat gatal.

Bahkan tidak sedikit pula pasien merasa sakit pada lepuh tersebut. Lepuh ini muncul di sekitar mulut dan area kemaluan.

penyebab herpes

Penyebab Penyakit Herpes Genital

Penyakit herpes genitalis disebabkan oleh HSV yang ada dua jenis utama (diantara 70 jenis lainnya): HSV-1 dan HSV-2. HSV-1 merupakan penyebab penyakit herpes utama munculnya lepuh di sekitar area mulut dan bisa ditularkan melalui ciuman satu sama yang lain.

Kontak seks oral juga dapat menyebabkan infeksi HSV-1 menyebar, sehingga menimbulkan herpes genital.

Herpes genital merupakan salah satu penyakit menular seksual yang tersebar karena adanya kontak secara langsung dengan orang yang terinfeksi.

Kontak langsung yang dimaksud di sini adalah melalui hubungan intim atau seks oral. Bahkan kontak antar kulit bisa saja terjadi, beberapa kasus seperti ini telah ditemukan.

Sementara penyebab penyakit herpes oral itu tidak jauh berbeda dengan herpes genitalis. Bisa terinfeksi melalui hubungan intim dan seks oral juga. Obat-obatan yang dimimum seperti anti depresi, anti kejang dapat sedikit membantu.

Bahkan pasien herpes dengan zoster jarang yang harus ke rumah sakit. Umumnya penyebab penyakit herpes oral itu adalah HSV.

Virus ini mengakibatkan luka pada bibir, gusi, bagian dalam mulut dan pipi, serta luka pada lidah.

Perlu diketahui bahwa sebagian besar dari pasien yang terinfeksi herpes itu tidak memiliki gejala sama sekali sehingga pasien tidak menyadarinya. Ini diakibatkan karena infeksi yang sangat ringan sehingga pasien tidak mengenalinya.

Orang yang terinfeksi harus sadar bahwa mereka bisa saja menyebarkan virus tersebut ke orang lain. Karena itu maka lebih baik segera melakukan pemeriksaan apabila muncul tanda-tanda herpes walau terlihat hanya kecil.

(Visited 12 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *