penyebab keputihan

Apa Penyebab Keputihan Pada Wanita dan Bagaimana Mengatasinya?

Posted on

Mungkin tak ada reaksi apapun ketika seorang wanita mengalami keputihan. Namun kepanikan akan muncul jika keputihan yang dialaminya tidak normal atau tidak biasa seperti keputihan pada umumnya.

Sejatinya keputihan adalah proses alamiah yang terjadi pada wanita untuk membersihkan sekaligus melindungi organ intim dari infeksi bakteri.

Seorang ibu hamil juga kerapkali mengalami keputihan yang berkaitan dengan kehamilan. Proses keputihan biasanya ditandai dengan keluarnya lendir dari vagina. Lendir ini diproduksi kelenjar dalam vagina dan leher rahim.

Berikut ini jenis jenis keputihan yang dapat memicu komplikasi jika tidak segera ditangani.

Keputihan dengan cairan Lendir Putih dan Terasa Gatal

Penyakit keputihan jenis ini tidak menimbulkan bau namun gejalanya disertai rasa gatal dan perih yang sangat parah. Apa penyebab keputihan pada wanita? Ini jenis keputihan yang disebabkan oleh infeksi jamur.

Selain rasa gatal, gejala lain yang muncul biasanya rasa perih di area vagina terutama sewaktu berhubungan intim.

Keputihan ini lumrah dialami oleh setiap wanita dan tidak menular melalui kontak seksual. Pengobatan yang bisa dilakukan tentunya menggunakan krim atau obat anti-jamur yang banyak dijual bebas di apotik atau bisa juga dengan resep dokter.

Keputihan Berbau Amis Lendir Berwarna Putih / Abu-abu

Keputihan jenis ini umumnya ditandai munculnya lendir berwarna putih atau abu-abu. Penyebabnya karena perubahan keseimbangan dari jumlah bakteri normal di vagina kemudian muncul infeksi vaginosis bacterial.

Keputihan ini tidak diikuti rasa gatal atau iritasi dan tidak menular melalui hubungan seksual. Penanganannya cukup mudah yaitu dengan menggunakan obat antibiotik.

Keputihan dengan Lendir Berbuih Berwarna Hijau / Kuning

Keluarnya lendir disertai bau amis menyengat biasanya menandai keputihan jenis ini. Lendir yang keluar akibat infeksi ini umumnya cukup banyak, diiringi pembengkakan dan rasa gatal di area organ intim. Lalu apa penyebab keputihan pada wanita ini?

Baca Juga:  Penyebab, Gejala dan Obat Kista Coklat

Ini keputihan yang menurut banyak orang salah satu yang paling memalukan. Penyebabnya adalah trikomoniasis yaitu salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh parasit.

Selain gatal-gatal biasanya penderita merasakan perih menyengat saat buang air kecil. Penyakit ini juga bisa disembuhkan dengan obat antibiotik.

keputihan pada wanita

Keputihan dengan Luka Melepuh di Area Genital

Keputihan yang ditandai luka melepuh di sekitar vagina ini disebabkan oleh herpes genital. Luka melepuh yang dimaksud mirip dengan luka sariawan yang terasa sakit dan perih.

Yang berbahaya, penyakit keputihan ini besar kemungkinan akan kambuh di kemudian hari. Penyembuhan paling efektif hanya dengan mengonsumsi obat antivirus.

Keputihan Disertai Pendarahan dan Rasa Nyeri

Keputihan jenis ini biasanya menimbulkan rasa nyeri tulang panggul atau terjadi pendarahan ketika buang air kecil. Pendarahan bisa juga terjadi di luar siklus menstruasi bahkan beberapa saat setelah berhubungan intim.

Jika penderita mengalami keputihan seperti ini maka besar kemungkinan ia terinfeksi virus penyakit menular seksual Gonore atau Chlamydia.

Jika tidak segera dilakukan pengobatan berisiko menimbulkan infeksi parah pada organ reproduksi wanita. Segera temui dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Keputihan dengan Lendir Mengandung Darah

Keputihan yang disertai darah pada lendir biasanya disebabkan oleh siklus haid yang tidak teratur. Selain bercampur darah biasanya lendir berwarna cokelat.

Wanita yang mengalami tanda-tanda keputihan ini sebaiknya waspada sebab bisa memicu kanker leher rahim atau kanker serviks.

Lain halnya jika lendir keputihan berwarna merah muda. Keputihan dengan lendir warna pink ini disebabkan adanya peluruhan dinding rahim pada wanita pasca melahirkan.

Terkait apa penyebab keputihan pada wanita tergantung pada gejala yang ditimbulkan. Bisa jadi disebabkan karena infeksi jamur, bakteri, herpes genital, PMS dan lain-lainnya.

Baca Juga:  Penyebab Keputihan dan Cara Mengatasinya Secara Medis

Namun terlepas dari apapun penyebabnya, keputihan bisa menjadi komplikasi penyakit berbahaya jika dibiarkan begitu saja. Untuk itu segera temui dokter untuk mendapat penanganan secepatnya.

(Visited 12 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *