penyebab bab keluar darah

Penyebab BAB Keluar Darah Serta Cara Mengatasinya

Posted on

Mengeluarkan darah pada saat buang air besar atau BAB merupakan hal yang mengerikan serta banyak orang beranggapan hal ini adalah tanda adanya penyakit tertentu. Namun, benarkah demikian? Setidaknya, ada lima penyebab BAB keluar darah. Kita tidak perlu panik dan menyikapinya dengan tenang. Berikut adalah beberapa penyebab kenapa bisa keluar darah segar saat BAB.

Wasir atau Ambeien

Wasir merupakan kondisi di mana terjadi pelebaran atau pembesaran pada pembuluh darah vena yang ada di anus bagian dalam. Kondisi ini akan memudahkan terjadinya iritasi serta pendarahan yang akan keluar bersama kotoran saat BAB.

Penderita wasir membutuhkan makanan yang tepat agar gejala tidak bertambah parah. Pada penyebab BAB keluar darah yang ini, terdapat beberapa hal yang menjadi penyebabnya.

Di antaranya adalah diet rendah yang dijalani secara tidak sehat, mengejan dengan terlalu keras dan dipaksakan, diare yang tidak sembuh sehingga memicu terjadinya iritasi serta peradangan, timbunan lemak pada penderita obesitas, hubungan intim yang dilakukan secara anal, faktor usia yang menyebabkan pembuluh darah melemah, kehamilan serta sembelit.

Dapat dikatakan bahwa wasir terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat, di samping faktor usia dan juga kehamilan yang sedang dialami wanita. Mengobati wasir sendiri dapat dilakukan dengan mudah karena sekarang sudah banyak tersedia obat wasir yang dapat kita temukan dengan bebas di pasaran.

Fissura Ani

Penyebab BAB keluar darah berikutnya adalah fissura ani. Fissura ani adalah keadaan di mana terdapat sayatan yang akan menyebabkan robekan di permukaan anus hingga bagian dalam anus. Ini akan menyebabkan feses keluar dengan disertai darah merah. Saat feses keluar juga akan terasa nyeri serta panas di bagian sekitar anus.

Peradangan Pada Tukak Lambung

bab berdarahIritasi serta peradangan pada permukaan lapisan lambung dan disebabkan oleh infeksi virus serta bakteri akan dapat menyebabkan wasir.

Tukak lambung dapat semakin parah apabila penderita mengonsumsi obat jenis anti inflamasi atau anti peradangan seperti ibuprofen dan aspirin yang justru dapat menyebabkan pendarahan semakin parah.

Darah merah dapat keluar bahkan ketika penderita tidak sedang mengejan. Penyebab BAB keluar darah ini karena adanya peradangan di tukak lambung yang semakin lebar terutama saat jaringan telah terkontaminasi zat kimia pada obat anti inflamasi dan memicu pendarahan deras.

Bagi orang yang sebelumnya tidak pernah mengalami wasir atau maag sebaiknya mengerti bagaimana cara menjaga kesehatan lambungnya agar terhindar dari penyakit maag maupun wasir.

Kolitis

Penyebab selanjutnya dari keluarnya darah saat BAB adalah kolitis atau radang berat pada usus besar. Peradangan usus ini bisa menyebabkan terjadinya pendarahan dan membuat pembuluh darah menjadi rentan pecah serta menyebabkan darah mengalir saat BAB.

Divertikular

Divertikular adalah sebutan untuk adanya kantung kecil yang berfungsi dalam pembangun serta penyusun pertahanan pada dinding usus besar. Jika dinding usus terluka serta mengalami peradangan yang hebat, maka akan terjadi pendarahan. Darah akan turut keluar bersama BAB.

Demikian adalah beberapa penyebab BAB keluar darah. Untuk mendapatkan diagnosis penyakit yang lebih akurat serta penanganan yang lebih tepat, kita dapat menghubungi dokter terdekat.

Keluarnya darah saat BAB harus segera mendapat pengobatan agar tidak berlanjut ke penyakit yang lebih serius. Selain itu, keluarnya darah pada saat BAB juga pasti akan sangat mengganggu dan terasa tidak nyaman. Semoga uraian di atas bermanfaat.

(Visited 10 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *