penyakit pada sistem reproduksi

4 Penyakit Pada Sistem Reproduksi Yang Wajib Diwaspadai

Posted on

Sistem reproduksi pada manusia merupakan sistem yang paling vital karena sistem reproduksi berkaitan dengan kelangsungan hidup manusia. Dengan adanya sistem reproduksi, pria dan wanita bisa melakukan pembuahan yang bertujuan untuk menghasilkan keturunan.

Secara umum sistem reproduksi pada manusia terdiri dari empat bagian yaitu alat kopulasi atau senggama, kelenjar tambahan, saluran reproduksi dan organ penghasil sel kelamin.

Meski pun memiliki empat komponen penyusun yang sama sistem reproduksi pada pria dan wanita memiliki perbedaan.

Pada pria, sistem reproduksi memiliki tujuan untuk menghasilkan sperma untuk diberikan kepada sistem reproduksi yang dimiliki oleh wanita.

Sedangkan, pada wanita sistem reproduksi bertujuan sebagai tempat terjadinya pembuahan. Karena fungsinya yang penting menjaga kesehatan sistem reproduksi agar terhindar dari berbagai macam penyakit pada sistem reproduksi yang akan dijelaskan di bawah ini.

Sifilis

Salah satu penyakit yang perlu diwaspadai adalah sifilis. Sifilis merupakan penyakit yang menyerang sistem reproduksi manusia yang disebabkan oleh bakteri.

Gejala awal pada penyakit sifilis adalah adanya luka pada alat kelamin dan bagian sekitarnya seperti bibir kelamin, lidah kelamin dan juga rektum.

Gejala lain dari penyakit sifilis adalah adanya bercak pada seluruh tubuh, kelenjar getah bening yang mengalami pembengkakan dan rasa nyeri pada seluruh tubuh. Mengonsumsi antibiotik bisa menjadi cara untuk mencegah penyakit sifilis.

HIV/AIDS

penyakit kelaminPenyakit pada sistem reproduksi yang paling banyak menyerang manusia adalah HIV/AIDS. HIV atau Human Immunodeficiency Virus merupakan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia yang kemudian membuat manusia terkena AIDS atau Acquired Immunodeficiency Syndrome.

Penyakit ini merupakan penyakit menular yang bisa ditularkan melalui hubungan seksual serta peredaran darah.

Baca Juga:  Jenis Penyakit Kelamin Gonore Pada Pria dan Wanita

Umumnya, penyakit ini menyerang orang-orang yang sering bergonta-ganti pasangan hubungan seksual sehingga mereka tidak menyadari bahwa orang yang menjadi partner hubungan seksualnya adalah penderita HIV/AIDS.

Penggunaan jarum suntik yang tidak steril pada saat transfusi darah atau tato juga bisa memicu virus HIV menyerang tubuh. Selain itu, ibu yang mengidap HIV juga rentan menularkan penyakitnya kepada sang anak melalui air susu.

Impotensi

Impotensi adalah penyakit pada sistem reproduksi yang menyerang pria. Penyakit ini merupakan penyakit dimana pria tidak mampu melakukan ereksi penis sehingga bisa mempengaruhi performa hubungan seksualnya dengan wanita.

Penyakit impotensi disebabkan karena beberapa hal seperti kurangnya produksi hormon testosteron yang memiliki pengaruh signifikan dalam proses ereksi penis.

Kebiasaan hidup yang tidak sehat seperti kecanduan alkohol, obat-obatan dan nikotin bisa memicu terjadinya impotensi pada pria. Penyebab lain yang membuat seorang pria menjadi impoten adalah penyakit diabetes melitus dan gangguan pada sistem syaraf.

Kanker Serviks

Kanker serviks merupakan penyakit pada sistem reproduksi yang umumnya menyerang pada sistem reproduksi wanita yaitu pada bagian leher rahim.

Biasanya penderita kanker serviks tidak menyadari tanda-tanda penyakit itu dan baru menyadarinya ketika sudah parah. Sehingga banyak wanita penderita kanker serviks yang meninggal karena tidak mendapat penanganan yang baik.

Kanker serviks diawali dengan adanya pertumbuhan sel-sel secara abnormal pada leher rahim. Sel- sel tersebut akan tumbuh berkembang menjadi sel kanker dalam jangka waktu beberapa tahun.

Sel-sel tersebut kemudian mulai menggerogoti leher rahim dan menyebabkan pendarahan yang sering disalahartikan sebagai menstruasi.

Semakin ganas perkembangan sel kanker pada leher rahim bisa menyebabkan pembusukan pada rahim, pecahnya pembuluh darah pada rahim dan bagian sekitarnya serta kematian.

(Visited 14 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *