obat penambah darah

Obat Penambah Darah Alami dan Tradisional

Posted on

Kurang darah mungkin menjadi salah satu masalah yang dihadapi banyak orang. Dalam kondisi ini atau biasa disebut sebagai anemia, seseorang akan terasa lemah, letih, lesu dan kurang bersemangat dalam menjalankan aktivitasnya.

Banyak orang nyatanya kurang memperhatikan kondisi tersebut sehingga tidak melakukan pengobatan atau lainnya. Padahal obat penambah darah sangat dibutuhkan agar produksi hemoglobin dalam darah bisa meningkat dan normal. Karena itu, sebelum kondisi anemia bertambah buruk para penderita disarankan untuk menemui dokter.

Selain datang ke dokter untuk mendapatkan perawatan medis, mengubah pola makan termasuk apa-apa saja yang dikonsumsi menjadi hal yang penting. Seperti yang kita tahu mencukupi kebutuhan gizi tubuh adalah hal wajib.

Bagi penderita anemia sendiri akan ada makanan-makanan tertentu yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi. Makanan tersebut bisa pula dikatakan dapat menambah darah secara alami karena berfungsi sebagai penambah darah. Berikut ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi.

Buah-buahan

buahUntuk buah, ada berbagai macam buah yang bisa dipilih untuk obat penambah darah alami. Buah yang disarankan untuk dikonsumsi adalah yang mengandung vitamin A, C dan B kompleks.

Tomat

Tomat bisa menjadi pilihan tepat untuk dikonsumsi karena kandungan A dan C yang cukup tinggi di dalamnya. Mengkonsumsi tomat secaranl teratur nantinya bisa membantu anda dalalm meningkatkan produksi hemoglobin di dalam darah.

Jeruk

Selain itu jeruk pun bisa menjadi pilihan yang tepat karena kandungan vitamin C yang tinggi didalamnya. Vitamin tersebut faktanya mampu membantu tubuh untuk memperbanyak sel darah merah jadi cocok bagi para penderita anemia.

Jambu Biji

Selain jeruk buah lain yang memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi adalah jambu biji. Manfaatnya pun sama seperti vitamin yang ada pada jeruk yaitu membantu tubuh dalam memproduksi hemoglobin.

Baca Juga:  Inilah Bahaya Akibat Memakai Behel atau Kawat Gigi

Sayuran

Selain buah ada pula berbagai sayuran yang cocok untuk para penderita anemia.

Kembang kol

sayuranKembang kol menjadi salah satu sayuran tepat untuk dikonsumsi bagi para penderita anemia karena kandungan protein, kalsium, thamine dan niasin yang ada di dalamnya. Setara dengan brokoli kembang kol memang sangat baik tubuh meregenerasu hemoglobin.

Sawi

Ada pula sawi hijau ataupun putih yang baik sebagai obat penambah darah alami. Vitamin A, B dan juga C mampu meregenerasi sel darah merah. Sehingga para penderita anemia mampu meningkatkan level hemoglobin.

Bayam

Bayam juga bisa menjadi pilihan lainnya. Zat besi yang terkandung dalam sayuran hijau ini tentu saja akan sangat baik membantu tubuh dalam menghasilkan sel darah merah yang lebih banyak.

Kacang-Kacangan

kacangKategori makanan selanjutnya yang dapat dikonsumsi untuk menambah darah secara alami berasal dari kacang-kacangan. Seperti yang kita tahu bahwa makanan ini memang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi apalagi untuk penderita anemia.

Kacang hijau

Biasa dibuat menjadi bubur kacang hijau, jenis kacang-kacangan ini mengandung zat besi yang cukup tinggi. Dengan kandungan baiknya inilah kacang hijau bisa menjadi pilihan makanan yang tepat bagi semua penderita anemia atau kekurangan darah.

Kacang almond

Kacang yang satu ini memang telah terkenal memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh termasuk membantu memenuhi kebutuhan zat besi harian.

Bukan hanya makanan diatas, ada pula jenis makanan lain yang bisa dikonsumsi sebagai obat penambah darah alami seperti seafood dan kelompok daging. Tentu saja selain mengkonsumsi makanan yang sehat, para penderita anemia pun sebaiknya melengkapinya dengan gaya hidup yang sehat juga termasuk lakukan olahraga.

(Visited 35 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *