obat nyeri haid

Obat Nyeri Haid Tradisional dan Bebas Efek Samping

Posted on

Haid adalah siklus yang terjadi setiap bulan pada semua wanita. Wanita biasanya akan mengalami haid untuk pertama kalinya setelah mereka memasuki masa pubertas dimana sistem reproduksi mereka sudah tersusun secara sempurna.

Haid yang terjadi pada wanita berupa pendarahan melalui vagina selama lima sampai dengan sepuluh hari. Pendarahan tersebut merupakan proses yang alami yang disebabkan adanya peluruhan sel telur di dalam rahim yang tidak dibuahi oleh sperma.

Namun, haid bisa menjadi momok yang mengerikan bagi wanita karena rasa sakit yang teramat dalam proses peluruhan sel telur tersebut. Rasa sakit yang hebat itu menjalar dari perut bagian bawah, pinggang sampai pinggang yang terjadi pada hari-hari awal menstruasi.

Rasa sakit tersebut bervariasi pada setiap wanita. Ada wanita yang hanya merasa pegal pada bagian pinggang dan punggung.

Ada pula wanita yang merasakan nyeri haid dengan hebat sampai kehilangan kesadaran. Cara paling umum untuk mengobati nyeri haid adalah dengan mengonsumsi obat nyeri haid yang bisa ditemukan dengan mudah di apotek. Namun, ada juga cara alami untuk meredakan nyeri haid yang akan dijelaskan di bawah ini.

Bawang Putih

bawang putihMeski pun bawang putih memiliki bau yang menyengat, tetapi jangan ragukan khasiat dari bawang putih untuk kesehatan. Bawang putih bisa menjadi antiseptik yang alami sekaligus dapat mengatasi nyeri haid.

Untuk menjadikan bawang putih sebagai obat untuk meredakan nyeri haid kita perlu menyiapkan dua siung bawang putih yang sudah dibersihkan dan menelannya bersama dengan air hangat.

Kunyit

Dalam dunia kesehatan kunyit merupakan antiseptik alami yang bisa digunakan untuk berbagai macam obat.

Kunyit bisa menjadi obat untuk mengatasi nyeri haid karena mengandung senyawa curcuminoid yang menjadi obat untuk detoksifikasi yang alami.

Untuk meredakan nyeri haid dengan menggunakan kunyit kita perlu memarut kunyit dan memerasnya. Cairan kunyit tersebut kemudian direbus sampai matang dan dikonsumsi selama masa menstruasi.

Namun, jangan mengonsumsi air rebusan kunyit bersama dengan obat lain karena fungsi obat akan terserap oleh kunyit.

Air Kelapa Hijau

Air kepala hijau tidak hanya bermanfaat untuk meredakan dahaga tetapi juga efektif untuk obat berbagai penyakit seperti demam, keracunan makanan dan juga obat nyeri haid.

Untuk mengatasi nyeri haid dengan menggunakan air kelapa hijau kita perlu mencampurkan air kelapa hijau dengan gula jawa atau gula aren. Minuman tersebut dikonsumsi secara rutin pada tiga hari menjelang menstruasi setiap dua kali sehari.

Air Asam Jawa

asam jawaAir asam Jawa sudah dikenal sejak dulu kala sebagai obat nyeri haid yang alami. hal ini dikarenakan dalam asam Jawa terdapat kandungan senyawa potasium yang tinggi.

Senyawa potasium dalam mempercepat proses peluruhan sel endometrium yang menyebabkan nyeri tidak tertahankan ketika haid pada hari pertama dan hari kedua.

Air asam Jawa juga membantu otot-otot pada rahim menjadi lebih rileks dan tidak melakukan kontraksi yang menyebabkan nyeri berlebihan pada masa awal menstruasi.

Cara membuat air asam Jawa sangatlah mudah. Kita hanya perlu merebus beberapa biji asam Jawa dengan air sampai asamnya larut.

Cairan tersebut dikonsumsi pada tiga hari sebelum menstruasi datang dan pada hari-hari pertama menstruasi sebanyak dua sampai tiga kali sehari.

Tidak hanya bahan-bahan alami yang sudah disebutkan di atas saja yang bisa menjadi obat nyeri haid. Ada juga cara termudah meredakan nyeri haid dengan mengompres perut dengan air hangat agar otot-otot pada perut dan sekitarnya tidak berkontraksi.

(Visited 14 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *